Tips Memegang dan Memberi Pakan Ular

ular

User Rating: / 4
PoorBest 
Tips Memegang dan Memberi Pakan Ular - 5.0 out of 5 based on 4 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Tips Memegang dan Memberi Pakan Ular

Tips Memegang dan Memberi Pakan Ular

Seberapa sering ular itu harus dipegang?

Pertanyaan ini sering kali ditanyakan oleh para pehobi yang baru memulai memelihara ular. Untuk menjawabnya memang agak sulit sebab memang tidak ada patokan khusus untuk hal ini. Namun yang pasti, kita jangan terlalu sering menyentuh ular peliharaan kita supaya ular tidak menjadi stres. Tapi jangan juga hingga jarang disentuh atau di pegang karena ular peliharaan kita akan menjadi galak bila tidak terbiasa dipegang. Tentu saja ini juga tergantung dari setiap ular itu sendiri serta tergantung dari jenis ular apa yang dipelihara.

 

 

Hal lain yang harus diperhatikan adalah jangan memegang ular yang baru selesai makan, berilah waktu beberapa hari sesudah ular itu makan kenyang sebelum dipegang. Ular yang dipegang sesudah selesai makan dapat menjadi stres dan makanannya dapat bisa dimuntahkan lagi, bahkan ada juga ular yang menjadi agresif sesudah kenyang makan. Sebaiknya sesudah 2 atau 3 hari setelah makan barulah ular kita pegang, tapi ini juga tergantung dari kondisi ular tersebut. Jika masih ada benjolan di perut walaupun sudah 3 hari, sebaiknya jangan dulu di pegang.

 

Buat Jadwal Pemberian Pakan Ular

Dalam membuat jadwal pakan ular, ini tergantung dari jenis dan ukuran ular yang kita miliki. Intinya adalah berikan pakan yang sehat dan bebas dari penyakit. Biasakan setiap kali memberi makan ular jadwal pemberian pakannya tetap, misalkan setiap seminggu sekali dan memiliki porsi yang cukup. Untuk banyak pakannya dapat bervariasi, tapi harus diperhatikan jangan sampai makanan kurang atau terlalu kenyang. Contohnya bila ular kita dapat memakan 5 ekor ayam dalam satu kali makan, maka cukup berikan 4 ekor ayam saja setiap kali makan. Prinsipnya kurangi porsi makan dari kemampuan maksimalnya.

 

Berilah ular mangsa yang ukurannya lebih besar dari kepala ularnya, makin besar semakin bagus tapi juga tergantung dari kemampuan ular tersebut. Tapi jangan pula terlalu besar sampai ular kesulitan atau bahkan menolak makan, ular dapat memangsa mangsa yang berukuran 2 kali ukuran kepalanya. Bagi ular kecil yang akan diberikan mangsa tikus putih (RAT), sebaiknya ketika diberikan makan terus di lihat. Jika tidak segera di makan sebaiknya diambil kembali dan diberikan lagi di waktu yang lain saat ular sudah siap makan. Kenapa mesti terus di lihat?, sebab adakalanya justru ular peliharaan kita yang digigit oleh tikus tersebut dan bisa melimbulkan kematian. Terutama jika mangsanya tikus putih yang besar (RAT), beda jika mangsanya tikus putih kecil (MICE) yang jinak dan tidak bisa besar.

 

Refferensi

Meratus


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel