Pertolongan Pertama Gigitan Ular

ular

User Rating: / 9
PoorBest 
Pertolongan Pertama Gigitan Ular - 4.4 out of 5 based on 9 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Pertolongan Pertama Gigitan Ular

Pertolongan Pertama Gigitan Ular,Pertolongan Pertama ,Gigitan Ular,cara menolong orang digigit ular,bahaya bisa ular

Sebagian besar orang akan panik saat bertemu dengan ular di alam liar, umumnya orang akan menganggap semua ular berbahaya dan jika bertemu akan berusaha membunuhnya. Sebetulnya sebagian besar ular justru tidak berbahaya dan tidak berbisa, justru akibat kepanikan kita lah ular tersebut akhirnya menyerang kita. Biasanya, karena ketidaktahuan kita ketika tergigit ular justru melakukan penanganan yang berlebihan . Akibatnya malah fatal dan merugikan manusia itu sendiri, begitu juga bila penanganan efek gigitan ular yang memiliki bisa dilakukan dengan salah dan lambat. Maka akibatnya bisa berdampak fatal bagi korban.

 

 

Saat manusia di gigit ular, efek gigitan racun ular di tentukan oleh kadar racun atau bisa ular tersebut dan di pengaruhi oleh daya tahan tubuh manusia yang di gigit. Semakin baik daya tahan tubuh dan antibody yang dimiliki seseorang serta semakin sehat metabolisme tubuh seseorang, efek gigitan ular tersebut akan semakin lemah. Kunci utama saat tergigit atau menolong orang yang digigit ular berbisa adalah jangan panik untuk mencegah terjadinya akibat yang lebih fatal.

 

1. Jangan Panik

Jika anda melihat ular, yang terbaik adalah mundur menjauhi dengan tenang. Bila terlanjur digigit ular segera menjauh dengan tenang untuk menghindari gigitan lebih lanjut.

2. Tenangkan korban

Tenangkan korban yang tergigit, jangan melakukan banyak aktifitas atau gerakan yang dapat mengeluarkan tenaga atau mempercepat denyut jantung.

3. Amankan Korban maupun Penolong

Amankan posisi korban dan penolong dari lokasi, terutama dari gigitan lanjutan ular tersebut. Bahaya lain juga bisa muncul seperti lokasi yang curam hingga bila kita panik bisa terjerembab dan lain lain, bila yang tergigit diri kita sendiri segera cari posisi aman dan jauhi ular.

4. Imobilisasi Korban

Lakukan 3 imobilisasi pasien dan lakukan juga pembalutan elastic diatas bekas luka gigitan guna menghentikan dan menghambat laju racun atau bisa menuju jantung, pakai apa saja yang tersedia guna membalut di atas luka gigitan.

5. Kenali Ular Yang Menggigit

Ini adalah langkah vital dan penting, pengenalan akan ular tersebut dapat membantu mengidentifikasi jenis racun atau bisa hingga bisa diambil langkah medis yang tepat dan cepat.

Ingat perbedaan ular berbisa tinggi dan berbisa rendah, bila bekas luka gigitan terdapat 2 titik yang menyala nyata ini menandakan ular tersebut berbisa tinggi. Bila bekas luka gigitan ular membentuk huruf U dengan jumlah luka banyak, ini menandakan ular yang menggigit tidak berbisa atau bisanya rendah. Warna kulit ular yang terang dan mengkilap juga sering menandakan ular tersebut berbisa tinggi.

Jika kita tidak dapat mengenali jenis ular atau ragu , anggap saja ular tersebut berbisa tinggi dan mematikan. Usahakan untuk menghafal ciri ciri ular tersebut, bila takut lupa dan jika diperlukan -red:maaf- bunuh ular tersebut untuk dibawa kebagian medis lebih lanjut.

6. Segera Bawa Korban Kebagian Medis

Bila anda yang digigit dan hanya seorang diri, berteriaklah minta tolong agar ada yang datang menolong. Hal ini agar menjaga suatu hal yang tidak di inginkan seperti tidak sadarkan diri sebelum ada yang tahu. Bila anda menolong seseorang lakukan langkah diatas dan segera bawa korban ke pertolongan pertama atau medis terdekat.

 

Semoga ini bisa membantu dan ingat, jangan panik saat melihat ular atau digigit ular. lakukan langkah diatas sebagai pertolongan pertama digigit ular.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel