Cara Memelihara Ular Retic

ular

User Rating: / 0
PoorBest 

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Memelihara Ular Retic

Cara Memelihara Ular Retic
Sebetulnya cara memelihara ular retic (phyton reticulatus) ini tidak begitu jauh berbeda dengan cara memelihara jenis ular lainnya, seperti cara memelihara phyton bola atau lainnya. Namun dalam cara memelihara ular retic memerlukan beberapa tips dan juga trik tersendiri yang menjadikannya berbeda dengan cara memelihara ular jenis lain.


Berikut merupakan tips cara memelihara ular retic :

 

Cara Memelihara Ular Retic


Buatlah kandang retic yang melebar ke samping, bukannya meninggi ke atas.

Kandang ular retic yang tepat umumnya berupa box container yang dilubangi dengan alat las atau solder. Pakailah box container yang besar, pakailah bidder (alas kandang) bisa berupa kertas koran yang bersih. Tempatkan kandang retic di ruangan yang memiliki ventilasi bagus, sebab air kencing ular reticulatus biasanya lebih berbau menyengat.

Makanan ular retic merupakan berbagai macam daging, baik yang masih hidup ataupun yang sudah dipotong.

Para hobies ular retic umumnya memberikan tikus putih sebagai pakan ular retic, tentunya ukuran pakan harus disesuaikan dengan berat, usia, dan juga besarnya tubuh ular. Disamping tikus putih, pakan ular retic biasanya bisa berupa marmut, hamster, ayam, kelinci, bahkan ada juga pemilik ular retic yang menyajikan potongan daging sapi kepada ular reticnya.

Habitat asli ular retic.
Habitat asli ular retik merupakan lingkungan hangat. Ular phyton ini menyukai tempat-tempat  yang lembab tapi tetap hangat. Ular retic bisa hidup dimana-mana, bahkan mungkin saja masih banyak ular retic liar yang tinggal di sekitar rumah kita. Ular retic liar umumnya hidup di gorong-gorong di sekitar pemukiman manusia dan juga dipinggiran sungai yang banyak terdapat sinar matahari.

Ular retic hasil tangkapan liar.
Ular retic hasil tangkapan liar (Wild Caught/WC) umumnya mempunyai tempramen yang lebih gampang marah, bahkan cenderung galak. Ular retic hasil tangkapan liar ini juga sangat rentan stress dan juga gampang mogok makan dalam jangka waktu yang lama hingga mudah mati.

Ular retic tidak cocok untuk pemula.

Meski ular retic tergolong mudah dalam pemeliharaannya, memelihara ular retic hendaknya tidak dilakukan oleh mereka yang masih pemula dalam memelihara ular. Ular retic merupakan jenis ular yang tumbuh besar dalam jangka waktu singkat, dan hewan berdarah dingin ini membunuh mangsanya dengan cara melilitkan tubuh mereka ke mangsa. Dibutuhkan ketelatenan dan juga tenaga guna memelihara retic.

Demikian adalah cara memelihara ular retic. Semoga saja tips cara memelihara retic diatas dapat menjadi acuan bagi kita yang ingin memelihara retic. Semoga bermanfaat.

Referensi :  Drh. Fira Sovica


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel