Tokek Rumah

Tokek

User Rating: / 4
PoorBest 
Tokek Rumah - 5.0 out of 5 based on 4 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Tokek Rumah atau Tokay gecko (Gekko gecko)

Tokek Rumah,ciri ciri Tokek Rumah,tokek, tokay gecko,Gekko gecko,reptil scansor

Tokek rumah atau tokay gecko (Gekko gecko) adalah nokturnal arboreal atau mahluk malam yang biasa di pepohonan, bisa di temukan mulai dari timur laut India, ke Nepal dan Bangladesh, di seluruh Asia Tenggara, Filipina ke Indonesia dan barat New Guinea. Habitat aslinya adalah hutan hujan, pohon dan tebing, dan juga sering menyesuaikan diri dengan permukiman manusia di pedesaan, memanjat dinding dan langit langit di malam hari untuk mencari mangsa serangga. Meningkatnya urbanisasi juga mengurangi sebaran tokek rumah. Pada akhir 1980-an dan awal 1990-an itu diperkenalkan ke Hawaii, Florida, Texas, Belize, dan beberapa pulau-pulau Karibia, di mana ia dapat dianggap sebagai spesies invasif.

 

 

Ciri ciri Tokek rumah

  1. Tokek rumah mempunyai punggung yang dipenuhi dengan banyak bintil besar besar. Warnanya abu abu kebiruan hingga kecoklatan, juga ditambah dengan bintik bintik merah bata hingga jingga
  2. Tokek rumah mempunyai perut dengan warna abu-abu biru keputihan atau kekuningan. Ekor yang dimiliki tokek rumah bulat, dengan enam baris bintil dan berbelang-belang.
  3. Tokek rumah memiliki jari-jari yang dilengkapi bantalan penghisap yang disebut scansor, scansor terletak di bagian bawah jari. Scansor berguna untuk melekat di permukaan yang licin, sehingga tampak dari atas jari-jari tokek melebar.
  4. Jika tokek rumah menggigit, mereka sering tidak akan melepaskannya selama beberapa menit dan bahkan hingga satu jam atau lebih. Terkadang sangat sulit untuk melepaskan gigitan tokek tanpa menyebabkan kerusakan pada tokek, biasanya digunakan batang kayu untuk mengalihkan gigitan tokek. Untuk alasan ini, gigitan tokek dianggap menjadi hewan hias ornamental bagi pemilik reptil yang berpengalaman.
  5. Tokek rumah umumnya bisa dijumpai di pohon-pohon, sekitar pekarangan dan di rumah, di kawasan pedesaan atau bisa juga di tepi hutan. Tokek rumah bisa memangsa serangga, cecak kecil, tikus kecil bahkan juga burung kecil yang dapat mereka temui. Tokek rumah juga mempunyai perilaku yang sama dengan bangsa cecak lainnya, yaitu aktif berburu pada malam hari (Nokturnal) dan sembunyi pada siang hari diantara celeh celeh batu, pohon atau atap rumah.
  6. Tokek rumah termasuk hewan yang mudah stress, untuk memelihara tokek rumah di perlukan perhatian khusus serta kasih sayang dan pengertian yang tinggi. Tokek rumah akan mengerti  bagaimana perlakuan kita pada tokek rumah itu sendiri. Bila kita kasar, tokek rumah bisa  stress, tidak mau makan dan akhirnya akan sakit serta mati. Tidak di anjurkan juga untuk terus menerus melihat atau bahkan memegang tokek karena akan memicu stress pada tokek.
  7. Tokek rumah menyukai ketenangan, mereka biasanya sembunyi di tempat gelap dan terlindung pada siang hari dan baru aktif saat malam. Biasanya dalam peliharaan, kandang tokek rumah akan di tempatkan di tempat sunyi, jauh dari tempat lalu lalang manusia dan bisa juga di kerudung menggunakan kain hitam untuk mengurangi bising. Kebisingan bisa memicu stress pada tokek
  8. Tokek rumah juga tidak boleh di pegang sacara sembarangan, sebaiknya kita menggunakan sarung tangan saat memegang tokek rumah sebab panas tubuh kita yang tersalur melalui jari pada tokek dapat memicu tokek stress. . Posisi yang baik saat memegang tokek yaitu dari belakang kepalanya (tengkuk) dan jangan pegang ekornya, sebab tokek rumah akan  melepaskan ekornya jika di pegang (seperti cicak). Ekor tokek rumah akan tumbuh lagi dalam  waktu 4 - 5 bulan.
  9. Tokek rumah adalah tokek terbesar kedua dari spesies tokek, dapat mencapai panjang sekitar 28-51 cm (11-20 inci) untuk jantan, dan 28-51 cm (7-19 inci) untuk betina, dengan berat tokek rumah betina hanya 150-400 gr. Tokek rumah betina dan jantan berbeda dalam penampilan, dengan tubuh kebiruan atau keabu-abuan. Bintil bintil yang di miliki  mulai dari lampu kuning ke merah terang, tokek rumah jantan lebih berwarna cerah dibanding tokek rumah betina. Mereka memiliki mata yang besar dengan pupil celah vertikal. Mata coklat sampai coklat kehijauan dan dapat oranye atau kuning.
  10. Tokek rumah jantan sangat teritorial dan akan menyerang tokek rumah jantan lain dan spesies tokek lain dan apa pun di wilayah mereka. Mereka soliter dan hanya bertemu selama musim kawin. Tokek rumahan betina menjaga satu atau dua telur  sampai menetas.

Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel