Monitor Water Lizard

Reptil

User Rating: / 5
PoorBest 
Monitor Water Lizard - 5.0 out of 5 based on 5 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Monitor Water Lizard

water monitor lizard


Ular berlidah ini tumbuh menjadi kadal honker besar yang akhirnya membutuhkan ruang mereka sendiri . Kita bisa menjaga bayi di akuarium untuk sementara waktu, namun mereka akan membutuhkan kolam renang atau bak berukuran besar saat sudah dewasa. Ini jelas bukan jenis kadal untuk anak-anak, dan anak-anak mesti tinggal jauh dari semua monitor sama sekali .

 


Lingkungan :
Seperti namanya, monitor air tinggal di dekat air. Saat muda, mereka suka memanjat dan berenang. Namun saat mereka besar, biawak monitor air menghabiskan lebih banyak waktu di dalam air. Monitor membutuhkan banyak ruang renang dan yang kecil suka sekali kabut, gerimis sangat menyenangkan mereka.

Suhu :
Monitor menuntut 85o atau lebih di siang hari. Suhu yang terlalu dingin membuat monitor water lizard rentan terhadap penyakit. Temperatur yang tinggi mempercepat metabolisme mereka. Ini membantu mereka mencerna makanan dan mereka lebih mudah dalam melawan penyakit. Monitor sering sakit saat suhu sekitar 100o.

 

Makanan Monitor Water Lizard  :

Pakan monitor water lizard kecil adalah jangkrik, belalang, tikus, ikan kecil, telur dan makanan kaleng atau beku. Kita juga dapat memberikan nightcrawlers dan serangga kalengan. Monitor yang lebih besar dapat makan ikan mas yang lebih besar, tikus, udang karan, telur, serta burung. Bila kita memberikan monitor tikus hidup, mungkin akan menimbulkan bekas luka pada kadal.

biawak monitor air

Tikus dibunuh secara manusiawi membuat pilihan makanan yang lebih aman. Makanan kaleng bisa membuat makan mereka lebih mudah. Ya, monitor akan makan makanan anjing kalengan. Namun kami tidak merekomendasikan hal ini untuk Anda atau biawak Anda. Untuk menghemat biaya, ikan mas membuat makanan ekonomis untuk sedikit monitor air. Bila Anda punya nyali, beri mereka makan dengan tangan. Bila tidak, gunakan penjepit .

Pencahayaan :

Seperti kebanyakan reptil, monitor membutuhkan lampu neon spektrum penuh atau seharian di bawah sinar matahari. Semakin dekat lizard dapat memanjat kepada lampu Anda, semakin baik kerja lampu Anda. Namun pastikan lizard tidak dapat menjangkaunya.

Suplemen :
Karena tulang monitor air kecil tumbuh begitu cepat ( ada laporan mengatakan tiga inci dalam satu bulan ), maka bayi monitor juga membutuhkan kalsium dan vitamin suplemen pada makanan mereka. Bila kita memberi mereka bayi tikus, kita akan tahu mereka juga membutuhkan banyak mineral dan vitamin. Jangan tergantung pada jangkrik saja, berikan juga ikan mas.

Panas :
Sebuah pemanas dibawah kandang dapat menjadi sumber berjemur, menyediakan berbagai suhu jika memungkinkan. Batu panas juga menyediakan situs berjemur baik, namun terkadang dapat membakar bagian bawah tubuhnya.

Air :
Monitor suka bermain di air. Mereka juga suka membalik makanan air mereka dan membuat kekacauan didalam kandang. Mereka kepala ular mereka suka mencoba untuk bersembunyi, mencari makanan, atau hanya bersenang-senang didalam air. Gunakan wadah air yang sangat berat agar tidak dapat mereka balikan.

Penanganan Monitor Water Lizard :
Monitor Air cukup mudah dijinakan bila kita tangani mereka cukup sering. Yang terkecil adalah yang paling mudah. Namun setelah mereka tumbuh lebih dari empat kaki, kita perlu berhati-hati saat menangani mereka.

Rasa Ingin tahu Monitor Water Lizard :
Monitor sangat senang menjelajahi lingkungan mereka. Beri mereka cabang dan batu untuk naik dan gua-gua untuk mengeksplorasi. Jika kita memberi mereka sebuah kotak pasir, mereka mungkin akan bersembunyi didalamnya untuk bersenang-senang.

Ekor Monitor Water Lizard  :

Panjang ekor monitor adalah setengah panjang tubuhnya. Tidak seperti iguana ( dan banyak kadal lainnya ), monitor tidak dapat memutus ekor mereka. Namun mengambil mereka lewat memegang ekor masih bukan kebiasaan yang baik. Banyak monitor menggigit dengan cepat melebihi ular dan memberikan gigitan yang meninggalkan bekas luka yang berlangsung lebih lama dari tato, menimbulkan rasa sakit yang cukup. Monitor water lizard juga tidak lari dari sangat banyak predator. Di alam liar, mereka memangsa telur buaya. Mereka lari dari crocs momma bermusuhan . Kebanyakan monitor lebih memilih untuk memulai perkelahian daripada lari dari mereka .

 

lizard water monitor


Asal
Berasal dari S.E. Asia dan tumbuh enam sampai sembilan kaki
Suhu Day
85o hingga 95o gradien, 90o untuk 100o untuk berjemur
Substrat
Mat, debu, pasir, kerikil, atau kulit
Climbing Lokasi
Menyediakan anggota badan kekar dan batu-batu untuk naik
Keamanan
Menyukai keamanan kotak atau tempat persembunyian
Kelembaban
Sediakan panci air dan kabut bayi besar sering
Makanan
Serangga, ikan, udang karang, hewan pengerat, burung, telur
Suplemen
Kalsium dan Vitamin
Penerangan
Full-Spectrum atau Sunlight

Bayi sumatra water monitor Lizard

Mesti diingat bahwa Monitor Water Lizard berjalan-jalan pada makanan mereka sendiri. Ini berarti mereka mungkin membawa salmonella atau hama lainnya. Cuci tangan selalu sesudah menangani semua reptil. Jangan pula merasa terlalu buruk bila monitor kita tidak pernah tumbuh ke ukuran penuh, monitor yang tumbuh full justru akan membutuhkan banyak cara kamar. Monitor Air tidak hanya menggigit, mereka juga memiliki kuku yang tajam yang bisa mencabik mangsanya atau kita.

Refferensi
http://aqualandpetsplus.com Monitor Water Lizard


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel