Cara Memilih Biawak Saat Membeli

Reptil

User Rating: / 6
PoorBest 
Cara Memilih Biawak Saat Membeli - 5.0 out of 5 based on 6 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Memilih Biawak Saat Membeli

Cara Memilih Saat Membeli Biawak

Biawak merupakan hewan reptil yang masuk di dalam golongan kadal besar, suku biawak (Varanidae). Biawak sering dikenal juga dengan sebutan bayawak (Sunda), menyawak atau nyambik (Jawa), berekai (Madura), serta monitor lizard atau goanna (Inggris). Saat ini sudah banyak yang menjadikan biawak sebagai hewan kesayangan, namun perlu kita ketahui juga cara memilih biawak saat membeli biawak yang baik agar kita tidak kecewa saat menjadikannya hewan peliharaan.

 

 

Biawak biasanya menghuni tepian sungai dan saluran air, tepian danau, pantai, serta rawa rawa ter masuk rawa bakau. Di perkotaan, biawak juga sering ditemukan hidup dalam gorong gorong saluran air yang bermuara ke sungai. Biawak juga sering ditemui di desa desa dan perkotaan di Indonesia barat kebanyakan merupakan biawak air dari jenis Varanus salvator. Panjang tubuh biawak (moncong hingga ujung ekor) biasanya hanya sekitar 1 meter lebih sedikit, walaupun ada juga yang bisa mencapai 2,5 meter namun jarang di temukan.

 

Banyak pehobies biawak yang mendapatkannya langsung dari hasil tangkapan alam liar, walaupun ada juga yang membelinya di petshop. Pem-breedingan atau pengembangbiakan biawak memang masih jarang di lakukan, hal ini karena biaya merawat indukan biawak sangat besar sedangkan harga baby biawak cukup murah sehingga tidak sebanding dengang biaya perawatannya. Makanya, sebagian besar pehobies mendapatkan varanus salvator mereka dari alam liar begitu juga yang di jual di petshop. untuk itu kita mesti mengetahui cara memilih biawak saat kita membelinya baik itu di petshop atau dari masyarakat.

 

Cara Memilih Biawak Saat Membeli

  • Lihat apakah biawak itu aktif terjaga.
  • Lihat apakah biawak mau makan, cobalah beri makan.
  • Cek apakah biawak tidak terlihat dihinggapi parasit, seperti kutu dll..
  • Bila memungkinkan, pilih yang CB dari pada yang WC.
  • Cek kulit biawak, kulit biasanya halus dan tidak kasar atau luka. Badan Biawak tidak kurus kering namun padat berisi.
  • Cek kelengkapan dari kuku dan ekornya.
  • Cek keadaan mulut biawak, mulut biawak mesti selalu tertutup rapat serta hanya tempat keluarnya lidah yg terbuka sedikit. Juga lidah tampak bersih dari penyakit atau tindikkan.
  • Cek mata biawak, mata harus bersih.
  • Perhatikan nafas biawak, nafas biawak tidak berbunyi serta tidak ada gejala sakit meskipun terkadang di tahap awal mau dipegang ada beberapa jenis biawak yang mengeluarkan suara mendesis. Namun saat di pegang dan tenang, suaranya kembali normal.
  • Coba pindahkan biawak ke tempat yang lebih datar permukaannya, jika ada keanehan saat biawak berjalan berarti ada yang salah.
  • Cek apakah kandangnya bersih dan terpelihara, jika bersih bisa anda pilih.

 

Bila semua cek cara memilih biawak saat membeli diatas baik, anda bisa memilih biawak tersebut sebagai hewan peliharaan anda yang eksotik. Namun jika ternyata hasilnya mengecewakan, sebaiknya batalkan saja dahulu karena varanus salvator yang anda pilih akan tinggal bersama anda dalam waktu yang cukup lama. Biawak bisa mencapai umur 10 tahun, selamat memelihara biawak


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel