Pertolongan Pertama Jika Hewan Memakan Benda Asing atau Tersendak

Penyakit Pada Hewan

User Rating: / 2
PoorBest 
Pertolongan Pertama Jika Hewan Memakan Benda Asing atau Tersendak - 5.0 out of 5 based on 2 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Pertolongan Pertama Jika Hewan Memakan Benda Asing atau Tersendak

Pertolongan Pertama Jika Hewan Memakan Benda Asing atau Tersendak
Kucing kesayangan kita adakalanya juga sering mengalaminya, yaitu keselak tulang ikan atau bagian kecil ayam. Akibatnya kucing selalu mengeluarkan air liur karena sulit menelan, dan parahnya kucing bisa kesulitan bernafas bila benda itu menyangkut di tenggorokan.


Benda Menyangkut Di Gigi dan Gusi

Anda butuh bantuan orang kedua dan orang ketiga. Kucing yang mengalami kasus ini bisa menggigit tangan anda. Kasus yang saya alami sendiri adalah kucing memakan ayam dan bagian dari ayam itu entah bagaimana tulangnya menancap diantara giginya dan gusi. Dua orang tetap tidak bisa mencoba membuka mulut kucing. Akhirnya ayah kami ikut turun tangan dan mengambil tulang itu menggunakan tang berujung tipis. Pinset bisa anda gunakan bila benda mudah diambil.

Cara membuka mulut kucing : Gigi geraham bagian bawah kucing di kuakkan dengan jari tangan.

Benda Ada Di Tenggorokan

Artinya benda ada didalam tenggorokan. Hewan yang mengalami masalah ini akan sulit bernafas, leher dijulurkan seperti ingin muntah, mulut tidak bisa diam, dan selaput lendir seperti gusi, mata, dan lubang hidung akan membiru karena darah kekurangan oksigen yang bisa membuat kucing menjadi syok.

Langkah pertolongan pada kucing yang mengalami masalah ini adalah dengan membuka mulut kucing selebar mungkin. Dengan menggunakan senter pena atau senter besar, lihat dan cari kemungkinan adanya benda yang menyangkut ditenggorokan tapi masih bisa diambil menggunakan pinset.

Bila tidak bisa, kami tidak berani memberikan saran untuk melakukan metode Heimlich untuk kucing karena bisa terjadi salah pengertian arti kata dan misguiden dalam melakukannya. Lakukan pertolongan dengan melarikan kucing ke klinik hewan.

Benda Ada di Kerongkongan

Apa bedanya tenggorokan dengan kerongkongan? Benda di kerongkongan berarti benda tersebut ada dalam esophagus. Kucing yang mengalami ini bisa dilihat dari gejalanya yaitu merentangkan kepala dan leher seperti ingin muntah, tidak mau makan dan minum, menggerak-gerakkan lehernya seperti ingin menelan sesuatu, sakit, dan batuk-batuk.

Lakukan pertolongan pertama pada kucing dengan usaha memberikan makanan dan minuman hingga benda tersebut didorong ke lambung. Lho, kan kita nggak tahu benda apa itu yang nyangkut di tenggorokannya? Iya sih, ya udah, lebih baik bawa langsung aja ke dokter hewan.

Semoga artikel Pertolongan Pertama Jika Hewan Memakan Benda Asing atau Tersendak bisa membantu bagi kita yang memelihara kucing sebagai hewan kesayangan. Lihat juga pertolongan pertama pada hewan yang cidera.

 


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel