Penyakit Pada Tempurung Kura Kura

Kura Kura

User Rating: / 1
PoorBest 
Penyakit Pada Tempurung Kura Kura - 5.0 out of 5 based on 1 vote

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Penyakit Pada Tempurung Kura Kura

Penyakit Pada Tempurung Kura Kura


Tempurung kura kura bisa juga mengalami masalah bisa jadi hal ang serius, terutama sering terjadi pada bayi kura kura. Tempurung kura kura yang bermasalah ini dapat berakibat buruk bagi kura kura dan juga dapat mempengaruhi kura kura sepanjang umurnya, jadi penyakit pada tempurung kura kura ini bukan lah sesuatu bisa disepelekan.


Jika kita tidak yakin terhadap apa yang terjadi pada tempurung kura kura kesayangan kita, hal yang paling penting yang mesti kita lakukan adalah dengan membawanya ke dokter hewan. Dari sini kita akan mengetahui penyakit apa yang menyerang kura kura kita dan juga pengobatan yang tepat akan dapat kita lakukan.

Jika penyakit / lesi pada tempurung kura-kura ini tidak di diagnosa dengan benar dan juga tidak diobati dengan benar, maka tempurung kura kura kita bisa menjadi cacat yang dapat berpengaruh bagi kura kura seumur hidupnya.

 

Beberapa kasus penyakit pada tempurung kura


Masalah yang paling ringan terjadi pada karakas kura kura adalah tempurung lunak, penyebabnya adalah kurangnya kalsium dan vitamin D untuk memperkuat tempurung kura kura. Solusinya adalah dengan memberikan suplemen kura kura berupa kalsium tambahan dan vitamin D. Kura kura juga perlu mendapatkan sinar matahari untuk memperkuat tempurungnya secara alami, bisa kita jemur di pagi hari.

Masalah tempurung kura kura juga dapat berkembang menjadi infeksi tulang yang disebut dengan osteomyelitis, dan pada beberapa infeksi juga dapat berakibat pada infeksi darah yang disebut juga dengan septicemia.

Meskipun “tempurung yang membusuk” ini terdengar tidak berbahaya, namun ini bisa sangat merugikan kura kura. Tempurung yang membusuk bisa disebabkan oleh bakteri, namun dalam beberapa kasus bisa juga disebabkan oleh jamur. Bila kita tidak segera mengobati dan merawatnya dengan benar, pembusukan tempurung bisa menyebabkan infeksi sistemik, kerusakan hati, kelumpuhan dan juga kematian pada kura kura.

Keadaan lesi ini dapat disebabkan karena suhu pada habitatnya (kandang) yang kurang hangat, air yang tidak bersih dan lainnya. Selain bisa menyerang tempurung kura kura, kulit kura-kura juga rentan terhadap serangan jamur dan bakteri. Itu sebabnya bila kura kura yang kita miliki mempunyai masalah pada tempurungnya, segera bawa ke dokter hewan ataupun dokter yang berpengalaman dalam menangani kasus kura kura seperti ini. Lebih cepat akan lebih baik. Dan satu hal lagi, kebersihan kandang, air, peralatan dan makanan kura kura akan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan kura-kura.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel