Apa Makanan Kura kura

Kura Kura

User Rating: / 15
PoorBest 
Apa Makanan Kura kura - 5.0 out of 5 based on 15 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Apa Makanan Kura kura

Apa Makanan Kura kura
Kura kura merupakan binatang peliharaan yang eksotik, banyak pehobies yang menyukai reptil yang satu ini. beragam jenih kura kura sudah menjadi peliharaan para pehobies, sebut saja indian star, kura kura Air hingga kura kura mini yang imut dan lucu. Namun banyak pehobies baru yang bertanya apa makanan kura kura yang baik, merawat kura kura dapat dikatakan mudah-mudah gampang. Keunikan dari tiap kura kura menjadi daya tarik tersendiri untuk kita memeliharanya.



Kura kura atau sering pula disebut penyu ( Kura kura laut ) sangat mudah untuk dikenali sebab mempunyai batok atau cangkang atau tempurung atau karapas yang sangat padat. Kura kura dapat hidup di beragam habitat mulai dari laut, sungai, rawa, hutan, atau bahkan gurun. Walaupun memang sebagian besar dari jenis kura kura hidup di daerah yang berair namun ada juga kura kura yang hidup di hutan dan gurun. Kura kura tidak mempunyai gigi, namun bukan berarti tidak dapat menyantap makanan , moncong kura-kura yang memiliki tulang keras bisa memotong apa saja yang dimakannya.

 

Apa Makanan Kura-kura

Kura kura merupakan hewan yang panjang umur, umur kura kura bisa mencapai hingga ratusan tahun. Ada beberapa macam makanan kura kura yang aman dan bisa kita berikan untuk kura kura peliharaan kita, makanan kura kura ini tidak mempunyai efek samping fatal sebab memang kura kura itu memiliki daya tahan tubuh yang luar biasa. Berikut beberapa jenis makanan kura kura yang bisa kita berikan.

Pelet Khusus Kura-kura.

Jenis makanan kura-kura ini cukup mudah kita peroleh, banyak di jual di petshop dan toko hewan kesayangan. Biasanya makanan buatan ini merupakan komposisi makanan yang mengandung banyak gizi yang diperlukan oleh kura-kura itu sendiri untuk tetap sehat. Namun perlu di perhatikan, sebelum mimilih pelet khusus  kura kura kita mesti tahu dulu jenis kura kura kita. Jangan sampai jenis kura kura kita pemakan sayuran (Herbivora) lalu di berikan pelet untuk kura kura pemakan daging (Karnivora)

Sayuran dan Buah buahan.
Sebagian besar dari spesies kura kura merupakan pemakan sayuran atau termasuk hewan herbivora. Memberikan sayur-sayuran atau buah-buahan untuk kura kura kesayangan kita merupakan hal yang tepat. Tapi alangkah baiknya, sayur-sayuran atau buah-buahan yang akan diberikan itu mesti dicuci bersih dan dipotong kecil kecil untuk membantu  kura kura menyantapnya. Hampir semua jenis sayuran dan buah aman dimakan kira-kura, namun sebaiknya jangan memberikan sayuran yang menyengat seperti bawang.

Daging.
Meskipun sebagian besar kura kura adalah hewan herbivora, namun ada juga kura-kura yang masuk jenis karnivora dan omnivora. Daging yang paling cocok untuk dijadikan sebagai makanan kura kura adalah lain ikan, keong, dan cacing. Daging tersebut sebelumnya dipotong kecil kecil dan dibuang durinya, ini dilakukan untuk membantu kura kura makan dengan mudah dan terhindar dari bahaya tertusuk duri / tulang ikan.

Suplemen Khusus.
Suplemen khusus juga diperlukan bagi kura kura peliharaan, sebut saja kalsium dan vitamin D guna memperkuat karapasnya. Hal ini di karenakan kura kura peliharaan tidak sepenuhnya mendapatkan sinar matahari seperti di alam liar, karenanya banyak di temukan kura kura yang memiliki karapas yang lunak. Suplemen lainnya juga bisa di tambahkan sesuai dengan kebutuhan, suplemen ini bisa dengan mudah didapatkan di petshop atau toko  khusus hewan peliharaan.

Selalu di ingat dalam memelihara binatang peliharaan, kita mesti mengetahui terlebih dahulu jenis dari hewan peliharaan kita termasuk kura kura. Hal ini agar mempermudah perawatan dan mengetahui apa makanan kura kura peliharaan kita. Dengan makanan yang baik dan cukup kura kura kita akan tampil cantik dan hidup puluhan tahun.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel