Mengatasi HYPERTERMIA Pada Kucing

Kucing

User Rating: / 1
PoorBest 
Mengatasi HYPERTERMIA Pada Kucing - 5.0 out of 5 based on 1 vote

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Mengatasi HYPERTERMIA  Pada Kucing


HYPERTERMIA atau Kepanasan bisa juga menyerang kucing.

hypertermia pada kucing

Kucing sulit bernafas, ngos-ngosan, denyut nadi sangat cepat, lidah menjulur keluar, suhu badan meninggi hingga 41º C, dan anda melihat gejalanya saat kucing habis main dari luar atau berjemur di pekarangan rumah, atau kucing memperlihatkan gejala seperti itu karena dirumah anda sangat lembab dan pengap akibat musim kemarau, waspada, kucing mungkin saja kena hypertermia (heatstroke).


Gejala dan Tanda Hypertermia Pada Kucing

 

  • Nafas cepat atau ngos-ngosan
  • Lidah dan hidung merah.
  • Gusi memerah atau pucat
  • Air liur yang kental
  • Lemas
  • Tidak kuat berdiri atau pusing
  • Muntah-muntah
  • Gelisah
  • Syok
  • Koma

mengatasi hypertermia  pada kucing


Rasa panas yang berlebihan ini muncul karena mekanisme normal tubuh kucing tidak bisa menahan suhu tubuh pada ukuran seharusnya. Kucing tidak punya alat pendingin tubuh seperti manusia yang bisa berkeringat, makanya kucing mudah kepanasan. Kucing yang terkena serangan panas ini bisa turun kembali suhu tubuhnya ke suhu normal dalam waktu satu atau dua jam tergantung tindakan pertolongan pertama yang anda lakukan. Namun panas tubuh yang mencapai 41 º C harus segera mendapat pertolongan pertama.

Pertolongan pertama ini adalah dengan membawa kucing ketempat yang dingin misalnya ruangan ber-AC atau mencelupkan kucing dalam air biasa (bukan air es) selama kurang dari 5 menit. INGAT YA, hypertermia BUKAN DEMAM tinggi!! Bawa ke dokter hewan bila kucing mengalami demam tinggi!!

JANGAN menggunakan air dingin atau air es untuk perendaman bila kucing kepanasan. Pendinginan yang terlalu cepat bisa menyebabkan kucing mengalami perubahan temperatur yang bisa membahayakan nyawanya. Pendinginan ini harus segera di hentikan dan harus segera diangkat dari rendaman.

Handuki kucing dan keringkan sempurna menggunakan hairdryer. Jika tidak punya rectal thermometer, anda bisa menyentuh ujung telinga kucing, telinga, perut bagian bawah, hidung, dan ketiak. Bila kucing mulai mendingin atau tidak sepanas sebelumnya, barulah anda keringkan sempurna menggunakan hair dryer. Siapkan air minum yang banyak didekat kucing dan JANGAN memaksakannya untuk minum. Biarkan dia minum sendiri.

Jika terjadi kelumpuhan yaitu kucing tidak kuat berdiri, pingsan, dan syok, kucing harus segera mendapatkan pertolongan dokter hewan untuk mendapatkan pengganti cairan yang hilang melalui infus.

Diagnosa dan Pengobatan Terhadap Hypertermia Pada Kucing

  1. Dokter hewan akan memberikan cairan pengganti yang hilang melalui infusan dengan terus memantau suhu tubuhnya.
  2. Bila sangat parah, dokter hewan akan meminta izin anda untuk melakukan tes darah untuk melihat penggumpalan darah, pemeriksaan organ dalam tubuh, kelainan jantung, dan komplikasi lainnya.
  3. Tapi biasanya kucing yang cepat anda berikan pertolongan pertama tidak akan membahayakan nyawanya. Hanya kucing yang benar-benar berada dalam terik matahari, berbulu pendek, dan yang tidak segera berteduh dari panas yang bisa menjadi bahaya hingga merusak organ tubuhnya.


Tindakan Pencegahan Terhadap Hypertermia Pada Kucing

Adakah yang bisa mencegah cuaca di Indonesia supaya dimusim kemarau nanti tidak sepanas seperti terbakar? Hanya Tuhan yang bisa, walau pawang hujan dan teknologi mampu membuat awan menghasilkan hujan, tapi hanya sebatas kemampuan manusia biasa.

So, inilah cara mencegah kucing tidak mengalami serangan panas:

  1. Sediakan air minum bersih selalu ditempat kucing anda bisa menjangkaunya.
  2. Pastikan kucing yang main keluar rumah tidak main jauh dan usahakan ada tempat untuk berteduh diluar rumah.
  3. Kucing yang berada dalam ruangan ber-AC lebih baik untuk kucing berbulu panjang.
  4. Kucing yang mengalami kelebihan berat badan (ndut), sakit jantung, kucing lanjut usia, atau mengalami penyakit pernafasan karena virus, bakteri, jamur, dan sebagainya tidak boleh berada dalam sengatan panas yang menyengat. Kucing-kucing tersebut harus berada dalam tempat teduh dan aman.
  5. Jangan taruh kucing didalam mobil tanpa ada anda didalamnya dan tanpa menyalakan AC.
  6. Kucing yang sering main panas atau dibiarkan diluar rumah pada jam 10 hingga 3 petang, bantalan kakinya pasti pecah-pecah.


Semoga artikel Mengatasi Hypertermia Pada Kucing ini bisa membantu cats lover dalam menjaga kucing kesayangannya. Lihat juga Anemia (Methemoglobinemia) Pada Kucing.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel