Masalah Pada Gigi Kucing

Kucing

User Rating: / 8
PoorBest 
Masalah Pada Gigi Kucing - 5.0 out of 5 based on 8 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Jika gingivitis dibiarkan, dapat berkembang menjadi penyakit periodontal.

Masalah Pada Gigi Kucing

Masalah gigi kucing kerap dikeluhkan para pehobies, kebanyakan dari kita berpikir tentang gingivitis pada kucing. Ini memang salah satu masalah, tetapi ada orang lain juga yang dengan perawatan gigi rajin namun masalah pada gigi kucing tetap saja terjadi.

 

Gingivitis pada Kucing:


Ini adalah apa yang kebanyakan orang sebutkan ketika mereka menyebutkan masalah pada gigi kucing. Sama seperti gingivitis pada manusia, hal ini ditandai dengan merah, gusi meradang. Mereka bahkan mungkin bengkak atau berdarah. Beberapa kucing lebih rentan terhadap radang gusi, namun hal ini tidak khusus berkembang pada kucing karena kucing apapun dapat menderita.

Seperti kita mungkin telah tahu, pengobatan terbaik adalah dengan menyikat gigi kucing kita. Ini tidak sesulit kedengarannya! Ada sikat gigi khusus, pasta gigi  banyak rasa, dan dapat menjadi ritual yang cepat (dan bahkan menyenangkan) setiap hari. Hal ini sangatlah penting untuk mengurus gingivitis pada kucing sebelum turun ke penyakit periodontal.

Pembersihan Lapisan Tar :


Saat kita membawa kucing kita untuk check-up tahunan, ia akan memeriksa gigi kucing kita. kucing kesayangan kita mungkin memiliki penumpukan tartar. Ini cukup umum, terutama karena sebagian besar pemilik hewan peliharaan tidak menyikat gigi hewan peliharaan mereka.

Ketika orang mengunjungi dokter gigi untuk pembersihan rutin mereka, setiap lapisan tar akan dibersihkan. Nah, kita dapat melakukan hal ini untuk hewan peliharaan kita. Kucing kita kemungkinan besar akan di anestesi, kemudian dokter hewan kita akan membersihkan gigi dan membuat ekstraksi jika diperlukan.

Lesi, Polip, Luka dan Tumor:

Berbagai masalah gigi kucing ini memang membutuhkan perhatian segera. Kadang-kadang mereka juga disebut sebagai gigi berlubang. Banyak penyakit gigi kucing ditemukan bersifat jinak (bukan kanker) ketika biopsi dilakukan. Dokter hewan kita akan menghilangkan lesi, polip atau tumor agar kucing kita merasa baik.

Ekstraksi juga sering dilakukan saat pengobatan. Penyebab umum adalah penyebaran gingivitis pada kucing (yang merupakan jenis infeksi). Untuk kucing dengan lesi, gigi berlubang, tumor atau polip, dokter hewan mungkin akan memutuskan untuk melakukan tes tertentu untuk menyingkirkan penyebab dan kondisi lain.

Pengobatan untuk bisul mulut bisa dilakukan dengan perawatan laser dan berbagai obat-obatan. Kadang-kadang pendekatan "mencoba dan melihat" diperlukan. Juga, dianjurkan beralih dari plastik ke piring stainless steel.

Masalah Ortodonti Feline:

Biasanya kita berbicara tentang kawat gigi pada manusia ketika kami menyebutkan masalah ortodontik, tapi ini juga salah satu masalah gigi kucing lagi! Meskipun langka di kucing ras Maine Coon, campuran dan kucing keturunan lain mungkin mengalami hal ini. Hal ini lebih sering terjadi pada kucing dengan rahang seperti Persia. Gigi bawah dapat menonjol, mungkin menjadi terlihat di luar mulut.

Tanda dan Gejala Masalah Pada Gigi kucing :

Kucing terkenal pandai menyembunyikan rasa sakit mereka (itu naluri sehingga mereka tidak dianggap sebagai lemah di alam liar). Kita mungkin akan melihat keengganan kucing kita untuk makan, air liur ekstra, atau kadang-kadang mengais-ngais di mulut.

Beberapa kucing akan bertindak lapar, namun mereka tidak akan makan karena itu menyakitkan. Beberapa menolak makanan kering dan hanya akan makan makanan kaleng dan mereka kadang-kadang dianggap hanya menjadi pemakan rewel. Seringkali tidak ada tanda-tanda atau gejala selain masalah yang terlihat dalam mulut.

Masalah Gigi pada kucing Bisa mempunyai Efek bagi seluruh tubuh :

Jika gingivitis dibiarkan, dapat berkembang menjadi penyakit periodontal. Hal ini ditandai dengan kerusakan permanen pada gigi, akar dan rongganya. Infeksi dapat menggerogoti gigi dan memasuki aliran darah. bisa menimbulkan infeksi  organ seperti ginjal, paru-paru, hati, pankreas dan hati serta hampir semua organ dengan suplai darah. Infeksi dan radang daerah ini kadang-kadang ditelusuri kembali ke penyakit gigi. Semua alasan untuk menghindari masalah gigi kucing!

Dengan perhatian teratur, dan perawatan kucing yang tepat, masalah pada gigi kucing dapat di cek. Dan bahkan ketika masalah muncul, kita dapat melakukan perawatan terbaik. Pengobatan biasanya mudah dan sukses, banyak kucing mulai bertingkah seperti anak kucing lagi setelah mengalami masalah gigi.

References:
PetSmile.org. Retrieved February 22, 2013, from
http://www.petsmile.org/documents/feline_dentistry_guide.pdf
Manhattan Cat Specialists. Retrieved February 22, 2013, from
http://www.manhattancats.com/Articles/Severe%20Gingivitis-Stomatitis.html
http://www.maine-coon-cat-nation.com


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel