Kenapa Warna Kucing Beragam

Kucing

User Rating: / 2
PoorBest 
Kenapa Warna Kucing Beragam - 5.0 out of 5 based on 2 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Kenapa Warna Kucing Beragam

Kenapa Warna Kucing Beragam

Kucing memiliki warna yang beragam dan bermacam-macam pola. Ciri-ciri fisik ini tidak berdasarkan dari rasnya. Kucing rumahan dikelompokkan ke dalam jenis berikut berdasarkan penampakan fisiknya :

  1. Berbulu pendek
  2. Berbulu panjang
  3. Oriental (bukan ras khusus, semua kucing yang bertubuh langsing, mata berbentuk almond, daun telinga lebar, dan rambut tubuh halus yang pendek)

 

 

Warna kucing beragam di sebabkan oleh Gen yang mengatur warna dan pola pada bulu kucing serta menentukan penampilan fisik dari kucing. Gen yang membedakan kucing bisa digolongkan ke dalam:

 

Telon atau calico

Calico Cat

memiliki dasar putih dengan bercak warna hitam atau orange atau biru atau krem. Dijepang pola ini disebut dengan "mi-ke". Karena gen pengendali warna bulu terletak pada kromosom kelamin (bertaut kelamin), kucing telon yang beraneka warna ini umumnya betina.

 

Tortoiseshell

Tortoiseshell

Hitam dengan warna oranye serta putih tersebar di semua tubuh. Kucing yang mempunyai warna hitam, orange terang, dan orange gelap disebut sebagai Calimanco atau Clouded Tiger.

 

Tabby

Tabby

Bergaris dengan bermacam-macampola. Pola klasik di kucing ini berbentuk bulatan-bulatan atau lingkaran. Tabby jenis mackerel memiliki tiga garis yang tampak di samping tubuhnya, membuat kucing ini seperti ikan mackerel.

 

Maltese

Maltese merupakan nama lama dari kucing biru (abu-abu).

 

Bicolor (dua warna)

Jellicle cat

Biasa disebut juga Tuxedo cat atau Jellicle cat sebab mempunyai bulu berwarna hitam dengan sedikit warna putih di bagian kaki, perut, dada, serta mungkin pula di bagian wajah.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel