Jangan Beri Kucing Susu Manusia

Kucing

User Rating: / 4
PoorBest 
Jangan Beri Kucing Susu Manusia - 5.0 out of 5 based on 4 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Jangan Beri Kucing Susu Manusia

Jangan Beri Kucing Susu Manusia
Kucing juga seperti manusia, dia menyukai dan membutuhkan susu terutama saat masih kecil.  Banyak orang mengira memberikan susu untuk manusia bagi kucing sama baiknya dengan memberikan susu tersebut bagi manusia. Namun susu yang bisa di konsumsi kucing dengan yang di konsumsi manusia berbeda, susu terbaik tentu saja ASI atau air susu indukan kucing. Namun yang jadi masalah banyak anak kucing yang tidak mau menyusu pada induknya, bolehkah kita memberinya susu manusia atau tetap jangan beri kucing susu manusia.


Susu pada umumnya mengandung lactosa. Laktosa merupakan gula susu yang ada dalam susu bersama dengan trigliserida (lemak susu) dan kasein (protein susu). Agar bisa mencerna Laktosa, pencernaan mesti memiliki enzin laktase. Bagi manusia ini tidak masalah karena memiliki enzin laktase, namun pencernaan kucing tidak memproduksi enzim laktase yang menyebabkan laktosa tidak bisa terurai. Butiran laktosa akan tertinggal didepan lubang usus halus serta menyerap air dari sekitarnya hingga menimbulkan diare. Diare yang terus menerus bisa menimbulkan dehidrasi pada kucing serta bisa menyebabkan kematian

Selain diare, masalah lain yang ditimbulkan oleh susu berlaktosa bagi kucing adalah mudahnya bakteri menyerang usus dan menyebabkan fermentasi dalam jumlah besar untuk membentuk gas. Akibatnya kucing akan merasakan rasa sakit yang luar biasa pada perutnya, kucing juga sering sendawan dan tersendak hingga muntah mirip gejala hairballs pada kucing. Niat baik kita memberikan susu pada kucing justru berbuah petaka bagi kucing kesayangan kita.

 

Lalu adakah susu yang cocok untuk kucing.

Susu untuk kucing adalah susu yang yang tidak mengandung laktosa bisa juga susu yang memang dikhususkan untuk kucing atau susu 'KMR' atau kitten replace milk. Susu untuk kucing sebetulnya hanya dibutuhkan oleh kucing bayi hingga remaja. Untuk kucing dewasa sudah tidak memerlukan asupan susu lagi karena nutrisi yang didapat dari makanan kucing baik itu dryfood ataupun wetfood atau makanan kucing buatan sendiri sudah mencukupi.

Sebetulnya untuk bayi kucing 0 - 1,5  bulan mesti di usahakan memperoleh susu ASI langsung dari induknya, sebab ASI induk kucing mengandung kolostrum yg bisa menambah daya tahan tubuh. Jika bayi kucing tidak memperoleh susu dari induknya, berikut adalah anjuran pemakaian susu untuk kucing :

Jumlah pemberian susu dalam sehari :

Kucing berusia 7-10 hari berikan 13 ml susu kucing.
Kucing berusia 14-18 hari berikan 17 ml susu kucing.
Kucing berusia 3 minggu berikan 20 ml susu kucing.
Kucing berusia 1 bulan lebih berikan 22 ml susu kucing.

Campur susu dengan air hangat, takaran pemberian adalah 4-6 kali sehari atau setiap 4 jam. Jika usia kucing sudah mencapai 14 hari, takaran pemberian susu untuk kucing bisa dikurangi 4 kali sehari setiap 6 jam. Jadi jangan beri kucing susu manusia tapi berikan kucing susu khusus untuk kucing kitten replace milk dan susu non laktosa.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel