Distemper Pada Kucing

Kucing

User Rating: / 4
PoorBest 
Distemper Pada Kucing - 5.0 out of 5 based on 4 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Distemper pada kucing atau Panleukopenia Cat

Feline panleukopenia

Panleukopenia pada kucing atau juga dikenal sebagai distemper pada kucing adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang sangat menular pada kucing. Kittens atau anakan kucing paling berisiko dan mereka bahkan hampir selalu mati walaupun sudah diberikan pengobatan jika sudah tertular penyakit.


Distemper pada kucing atau feline Panleukopenia bisa menyebar melalui cairan tubuh, kotoran dan kutu. Umumnya penularan terjadi melalui makanan dan air yang terkontaminasi dalam mangkuk, tempat sampah dan pakaian.

 

Gejala Distemper Pada Kucing

Feline distemper (distemper kucing ) mempengaruhi saluran usus kucing dan menyerang sistem kekebalan tubuh mereka. Kucing yang menderita penyakit Distemper pada kucing cenderung mengalami diare, muntah, dehidrasi, malnutrisi serta anemia. Gejala lain yaitu depresi, kehilangan nafsu makan, lesu, dan sering menggigit ekor dan kaki. Dokter hewan biasanya bisa mendiagnosa Distemper pada kucing melalui tes tinja dan darah.

Pengobatan Panleukopenia pada kucing

Pengobatan Distemper pada kucing atau panleukopenia pada kucing harus secepatnya, sebab penyakit Distemper pada kucing dapat membunuh hanya dalam satu hari kontraksi. Kucing umumnya akan diberi transfusi darah, antibiotik dan suntikan vitamin untuk memerangi penyakit ini.

Menurut The Merck Veterinary Manual, dokter hewan hanya mendapati beberapa kasus Distemper pada kucing di antara kucing yang divaksinasi, namun tingkat infeksi tetap tinggi pada populasi yang tidak divaksinasi. Untuk mencegah panleukemia cat, kita harus memvaksinasi kucing kita dan menjauhkan dari hewan yang tidak divaksinasi atau liar.
Beberapa penyakit pada kucing seperti Distemper Feline memang menyebar melalui makanan atau sampah yang terkontaminasi, jaga grooming dan kebersihan lingkungan tempat tinggal kucing.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel