Baikkah Ikan Mentah Sebagai Makanan Kucing

Kucing

User Rating: / 2
PoorBest 
Baikkah Ikan Mentah Sebagai Makanan Kucing - 5.0 out of 5 based on 2 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Baikkah Ikan Mentah Sebagai Makanan Kucing

Baikkah Ikan Mentah Sebagai Makanan Kucing
Terkadang kita suka dibingungkan oleh hal seperti ini, baikkah ikan mentah sebagai makanan kucing kesayangan kita?. Kita tentu tahu bahwa kucing sangat menyukai ikan, apakah itu ikan mentah atau ikan yang sudah dimasak terlebih dahulu. Namun sebetulnya, manakah yang paling baik di antara keduanya untuk kucing kita.

 

Baikkah Ikan Mentah Sebagai Makanan Kucing

Ikan mentah mempunyai enzin yang bernama enzim thiaminase, enzim ini dapat menghancurkan thiamine yang merupakan bagian vitamin B yang penting. Yang mengkhawatirkan adalah, kekurangan thiamine bisa menyebabkan kerusakan otak dan koma. Enzim thiaminase ini dapat dihancurkan oleh panas, inilah alasan mengapa kita lebih baik memasak ikan terlebih dahulu sebelum kita berikan pada kucing peliharaan kita.

Kekurangan thiamine memang bisa di akali dengan memberikan kucing kita suplemen tambahan seperti vitamin B yang mengandung thiamine, namun alangkah baiknya sejak dari awal kita sudah memperhatikan ikan yang kita berikan. Repot sedikit memasakan ikan untuk kucing tidak mengapa dari pada kita membiarkan kucing kita sakit dan menderita kerusakan otak dan koma.

Sebaiknya kita juga mengetahui tentang jenis jenis ikan yang bisa kita berikan pada kucing kita, jenis ikan jika kita pandang dari sudut makanan kucing ada dua macam. Yaitu ikan putih dan ikan berminyak, keduanya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing masing.

Jenis ikan putih

Jenis ikan putih adalah jenis ikan yang memiliki nutrisi mirip dengan daging tanpa lemak, lemak yang terkandung hanya sekitar 2% saja. Karena lemak yang dimiliki jenis ikan ini sedikit maka vitamin yang larut dalam lemak  seperti Vitamin A,B,E,K juga berkurang. Contoh ikan jenis ini seperti ikan bandeng, ikan air tawar dll. Jenis ikan ini cocok bagi kucing yang memang sedang diet menurunkan berat badan, namun harus ditambah dengan makanan lain agar vitamin yang tidak diperoleh dalam ikan ini bisa tercukupi.

Jenis ikan berminyak

Jenis ikan berminyak adalah ikan yang mengandung banyak lemak serta memiliki Vitamin A dan Vitamin D yang cukup tinggi, contohnya adalah ikan tuna. Ikan jenis ini hanya baik diberikan sebagai pakan tambahan bagi kucing, bukan sebagai pakan utama. Kalau kucing kesayangan kita berikan makanan ikan berminyak terlalu sering dapat menyebabkan pembengkakan berupa timbunan endapan lapisan lemak dibawah kulit.


Namun kedua jenis ikan tersebut juga masih kekurangan nutrisi seperti Fosfor, tembaga, magnesium dan kalsium. Tapi yang paling penting dari jenis ikan manapun adalah ikan mempunyai kandungan protein yang tinggi dan baik untuk semua hewan kesayangan termasuk kucing. Jadi sebaiknya kita memasak terlebih dahulu ikan apapun dan jangan menyajikan Ikan Mentah Sebagai Makanan Kucing.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel