Kucing Persia (Persian Longhair)

Kucing Persia

User Rating: / 3
PoorBest 
Kucing Persia (Persian Longhair) - 5.0 out of 5 based on 3 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Kucing Persia (Persian Longhair)

Kucing Persia

Kucing Persia atau Persian Longhair merupakan salah satu jenis kucing tertua yang berasal dari Persia atau saat ini adalah Iran, dari catatan sejarah tertulis yang berhasil di temukan kucing persia ditemukan sekitar tahun 1600 SM. Disamping merupakan jenis kucing tertua, Kucing Persia juda merupakan yang paling terkenal di Indonesia dan juga di dunia. Saat diminta untuk menyebutkan jenis kucing, kebanyakan orang akan banyak yang menjawab Kucing Persia. Melekat dengan keindahan dan daya tarik ditambah sifat kasih sayang serta lembut menyumbang banyak popularitasnya. Di Indonesia, kucing ras persia cukup banyak dikembangbiakkan dibandingkan dengan ras kucing lain.

 

 

Kucing Persia amat gampang beradaptasi dengan berbagai macam tempat, dengan  pemilik barunya maupun dengan lingkungan rumah tangga yang baru. Kucing Persia mempunyai kepribadian yang ramah dan hangat, Kucing Persia dapat berhubungan dengan baik pada anak-anak dan amat menyenangkan. Kucing Persia sangat menyukai bermain di dalam ruangan atau di dalam rumah. Kucing Persia lebih relatif mudah dikandangkan dan tidak berisik serta lebih cocok untuk tinggal di dalam rumah.

 

Kucing Persia adalah kucing yang amat anggun sekaligus wajahnya nampak lucu sekali. Telinga pada Kucing Persia berujung bulat, bagian dasar melebar, tidak terlalu tinggi serta miring ke  depan. Matanya membuka berbentuk bulat dan lebar, warna matanya berhubungan dengan  warna bulu dan serasi. Kepala Kucing Persia besar dan bulat, hidung pesek serta lebar dengan celah pembatas yang jelas dengan mata. Rahang kuat dan lebar, pipi penuh ditopang tulang pipi yang menonjol. Jika diperhatikan dari samping, bagian dahi hidung dan dagu berbentuk garis tegak lurus.

 

Dada Kucing Persia lebar dan membulat dengan bagian punggung sedikit membulat, ukuran serta pada posisi perut bagian belakang membulat agak lebih rendah (cobby). Kaki yang dimiliki kucing Persia pendek, tebal, kuat ditopang tulang yang berukuran besar. Kaki depan lurus dan kaki belakang juga lurus bila dilihat dari belakang.

 

Kucing Persia memiliki beberapa breeder di Australia yang diberi nama khusus pada kucing Persia yang berwarna mink-pointed, yakni dengan nama kucing Iranese, tapi nama ras ini bukan nama resmi dan belum didaftarkan di Asosiasi/Federasi kucing dunia.

 

Bulu ras kucing persia panjang dan tebal mengkilap, menutupi semua tubuhnya. Memiliki ekor yang berbulu tebal, lurus, panjang sesuai proporsi badannya.

Daftar Pustaka

  1. Wikipedia http://id.wikipedia.org/wiki/Kucing
  2. Kucing Biz http://www.kucing.biz/_kucing.php?_i=1&jenis=Persian#CFA
  3. Kucing Persia

Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel