Cara Merawat Kucing Persia

Kucing Persia

User Rating: / 3
PoorBest 
Cara Merawat Kucing Persia - 3.7 out of 5 based on 3 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Merawat Kucing Persia

Cara Merawat Kucing Persia
Kucing persia merupakan kucing berbulu panjang, untuk itu perawatan kucing persia dan kucing berbulu panjang lainnya harus lebih telaten. Selain masalah kesehatan kucing persia yang harus diperhatikan, masalah grooming juga mesti di lakukan dengan baik untuk mencegah timbulnya penyakit dan parasit pada kucing persia kesayangan kita. Untuk itu kita mesti mengetahui cara merawat kucing persia yang benar.


Grooming memang harus benar-benar dijaga bagi longhair cat, termasuk kucing persia. Bulu kucing persia sangat panjang dan lebat, kita mesti sering menyisir bulu kucing kesayangan kita ini. Kucing persia memang bisa 'menyisir' sendiri bulunya dengan cara menjilatinya, namun ini bukan tanpa resiko. Ada kemungkinan bulu tersebut tertelan oleh sikucing dan menimbulkan penyakit hairballs pada kucing persia kita (Baca: Hairballs Pada Kucing). Untuk mencegahnya kita harus rajin menyisir dan membersihkan bulu si kucing.

Kucing persia juga mesti sering di mandikan, minimal seminggu sekali apalagi bila kucing persia kita sering bermain diluar rumah. Pastikan kuku dan telinga kucing turut dibersihkan, setelah mandi bulu kucing wajib disisir rapi menggunakan sisir logam khusus. Idealnya bulu kucing persia disisir dua kali sehari. Kita juga bisa menyeka bulu kucing persia dengan tisu bayi, tisu bayi cocok digunakan sebab tidak akan menyebabkan alergi, lembut dan berbau harum.

Kucing persia sering memiliki masalah dengan matanya, kucing ini cenderung banyak mengeluarkan air mata dan belekan. Untuk itu belilah tisu mata guna membersihkan mata dan daerah hidung kucing persia kita. Kotoran mata mesti langsung dibersihkan sebab bisa menyangkut dihidung dan menyumbat pernapasan.

Berikan kucing persia kita makanan dengan Nutrisi Yang Diperlukan Kucing,  perhatikan juga pola pemberian makannya. Kita bisa memberinya makanan kucing siap saji (cat food) atau membuat sendiri dengan memperhatikan nutrisinya. Namun jangan beri kucing ikan mentah tanpa dimasak karen bisa berbahaya bagi kucing, jangan juga memberikan ikan asin karena bisa membuat bulu kucing rontok.

Vaksinasi untuk kucing persia kita jangan sampai dilupakan, kuicng berumur 3 bulan harus sudah mendapat vaksinasi. Tanyakan pada dokter hewan vaksinasi apa saja yang harus diberikan pada kucing kita. Sedangkan untuk perawatan biasanya kucing di vaksinasi sebanyak 3 kali dalam setahun.

Siapkan kandang yang baik bagi sikucing, kandang mesti lengkap dan tersedia tempat minum dan alas/selimut untuk tidur. Sediakan juga kotak pasir untuk 'POP' sikucing, kotak pasir ini mesti sering dibersihkan setiap hari. Bila memungkinkan ajari kucing menggunakan 'toilet'. Usahakan kandang diletakan ditempat yang bisa terkena sinar matahari pagi dan sore sehingga kucing persia kita dapat berjemur, kandang yang sering terkena sinar matahari juga lebih sehat dan kelembababnya terjaga.

Usahakan untuk menyisihkan waktu untuk bermain dengan kucing persia kita, atau sekitar jalan-jalan diluar rumah. Berikan jenis permainan kesukaannya, bermain bersama akan memuat sikucing tetap aktif dan tidak mudah jemu.

Kucing persia yang dirawat dengan baik dapat berumur hingga 20 tahun, untuk itu mengetahui cara merawat kucing persia sangat penting baik untuk kucing tersebut maupun untuk kesenangan kita.

 


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel