Cara Merawat Kucing Anggora

Kucing Anggora

User Rating: / 1
PoorBest 
Cara Merawat Kucing Anggora - 5.0 out of 5 based on 1 vote

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Merawat Kucing Anggora

cara merawat kucing anggora

Cara merawat kucing anggora - Kucing merupakan hewan kesayangan yang sangat lucu dan imut, apalagi dengan kucing anggora. Kucing berbulu panjang ini sangat menggemaskan, banyak yang ingin berlama-lama memeluknya. Hal ini tidak salah, sebab harga kucing angora juga cukup mahal. Namun apa jadinya bila kucing anggora kita malah sakit-sakitan, tidak mau makan, bulu rontok dan sebagainya?


Untuk itu kita mesti mengetahui cara merawat kucing anggora yang kita miliki. Bagaimana cara memberi makan dan minum serta makanan dan minuman apa yang baik, kandang kucing yang baik, hingga masalah vaksinasi kucing angora kita mesti diperhatikan.

 

Cara Merawat Kucing Anggora

cara merawat kucing angora
Saat kita membawa kucing anggora pertama kali kerumah, tentu kita sudah memilih kucing yang terbaik dari yang terbaik serta kesehatannya terjaga. Kita juga harus sudah menyiapkan kandang kucing sebagai tempat istirahat kucing kita, kandang harus dibuat senyaman mungkin, aman, serta mudah dibersihkan. setelah itu barulah kita akan merawat kucing anggora sehari-hari.

Makanan
Yang pertama kali harus diperhatikan dalam merawat kucing adalah makanan. Saat kita membeli kucing tersebut, entah dari breeeder langsung atau petshop, kita harus bertanya makanan apa yang biasa diberikan pada kucing tersebut. Hal ini untuk menghindari kucing tersebut kaget saat diberikan makanan yang berbeda, usahakan jangan sekaligus menganti jenis makanan kucing yang biasa mereka konsumsi, ganti secara perlahan.

Makanan kucing yang dianjurkan adalah jenis kitten dry food  atau makanan kucing kering, untuk jenis makanan basah atau kitten wet food tidk terlalu baik untuk kesehatan dalam jangka panjang. Hindari juga pemberian makanan hewani segar seperti ikan, ayam atau daging, sebab bisa mengganggu pertumbuhan dan bahkan merontokkan bulu kucing anggora.

Untuk kucing anggora dewasa, bisa diberikan takaran full makanan sebanyai 3 kali sehari. Lihat juga takaran yang dianjurkan oleh masing-masing makanan kucing tersebut pada bungkusnya. Selain makanan, harus tersedia juga air minum. Jangan terlalu sering memberikan susu kucing, jangan juga memberikan susu untuk manusia! Lihat di Jangan Beri Kucing Susu Manusia.

Jika kita ingin kucing gemuk, bisa kita berikan makanan yang bergizi tinggi. Dapat di coba memakai makanan kucing Proplin, namun harus kita campur dengan makanan kucing lain supaya tidak kegemukan. Kasih juga vitamin minyak ikan.

Kandang Kucing
Kandang kucing harus sesuai dengan ukuran tubuh kucing. Jangan sampai kandang terlalu sempit hingga kucing sulit bergerak, atau kandang justru terlalu luas karena kucing beresiko kedinginan. Untuk kucing dewasa dengan berat sekitar 4 kg bisa dibuatkan kandang dengan ukuran 90 cm X 63 cm X 65 cm. Buatlah kandang dari bahan tidak berkarat dan tidak beracun seperti alumunium. Bersihkan kotak pasir dengan rutin setiap hari, serta mencuci kandang setiap seminggu sekali dilanjutkan dengan penyemprotan desinfektan.

Vaksinasi Kucing

Program vaksinasi harus terus dilanjutkan sejak kita membeli kucing tersebut. Tanyakan vaksinasi apa saja yang sudah pernah diberikan oleh penjual. Setelah itu tanyakan pada dokter hewan langganan kita vaksinasi lanjutannya. Umumnya ada 3 kali vaksinasi yang bersifat "wajib" diberikan pada setiap kucing, tanyakan pula vaksinasi berkala diluar vaksinasi "wajib" tersebut. Rutinlah memeriksakan kesehatan kucing kita ke dokter hewan setiap bulan sekali.

Rajin Memandikan Kucing
Kucing termasuk hewan yang anti air, mereka akan menghindari air sebisa mereka. Untuk itu kita mesti memandikannya secara rutin setiap 2 minggu sekali, jika memungkinkan setiap minggu juga lebih baik.

Biarkan Kucing bermain

Biarkan kucing bermain diluar selama beberapa jam, namun jika cuaca tidak mendukung sebaiknya tetap bermain didalam rumah saja.

Sisir Bulu Kucing
Karena kucing angora termasuk kucing berrambut panjang, menyisir bulu kucing adalah keharusan supaya bulu mereka tetap rapi dan kuat. Jika bulu kucing ingin selalu tampak bagus, bisa memakai makanan kucing Royal Canin Health & Skin Care, namun harganya cukup mahal. Dapat juga diberikan vitamin tambahan yang disesuaikan dengan jenis kucing yang dimiliki, tanyakan pada dokter hewan atau petshop langganan.

Semoga dengan mengikuti cara merawat kucing anggora ini, kucing angora kesayangan kita bisa tumbuh dengan sehat, kuat dan cantik.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel