Kenapa Kelinci Mendadak Galak

kelinci

User Rating: / 1
PoorBest 
Kenapa Kelinci Mendadak Galak - 5.0 out of 5 based on 1 vote

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Kenapa Kelinci Mendadak Galak

Kenapa Kelinci Mendadak Galak
Mungkin para hobies kelinci pernah mengalami masalah ini, bagaimana kelinci kita tiba-tiba menjadi galak. Terutama jika kelinci kita memiliki teman baru yang belum dia kenal.

 


Harus kita ketahui bahwa kelinci yang tiba-tiba menjadi galak dan agresif ataupun menyerang orang dan juga kelinci lain 99% adalah kelinci betina. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal yang orang banyak tidak tahu. Kelinci mendadak galak karena :

1. Marking
Kelinci betina merupkaan hewan teritorial, mereka akan membuat 'marking' atau menandai wilayahnya dalam kasus ini kandang kelinci ataupun rumah. Jadi bila ada pendatang baru maka akan langsung di bantai. Sebab sang pendatang dianggap akan mengambil daerah wilayah kekuasaan si betina. Kelinci saat hidup di alam liar biasanya dipimpin oleh satu betina paling besar dan juga paling berkuasa.

2. Hamil

Kelinci betina yang hamil juga bisa mengalami masalah hormonal atau semacam PMS, mereka akan cenderung menjadi galak terutama jika ada yang masuk ke kandang maupun tempat yang sudah mereka pilih jadi sarang.

Solusi Kenapa Kelinci Mendadak Galak

cara  mengatasi kelinci yang tiba-tiba menjadi galak

1. Steril
Cara  mengatasi kelinci yang tiba-tiba menjadi galak sebetulnya cuma satu, yakni harus disterilkan (kebiri) ke dokter hewan. Sesudah diseterilkan hormonnya akan menjadi stabil, kelinci tidak akan marking wilayah dan juga dapat menerima kelinci lain dengan aman.

2. Bonding
Bonding merupakan memperkenalkan kelinci yang satu dengan yang lain sehingga mereka dapat berteman. Umumnya caranya adalah dengan di bawa ke tempat baru di mana si kelinci lama belum menandai. Umumnya di luar rumah ataupun di ruangan yang baru. Tapi ada juga cara yang biasa dipakai yaitu dengan kapas yang telah di campur kencing kelinci lama lalu diusap ke kelinci baru, sekalipun tidak ada jaminan 100% sukses tapi bisa juga manjur.

3. Pelihara dari kecil
Waktu pelihara kelinci sebaiknya kita pikirkan masak-masak mau diberi teman apa tidak. Sebab kelinci yang yang tumbuh bersama akan berteman seumur hidup.


4. Pilih jantan
Ini dia cara terakhir jika tidak mau berhadapan dengan kelinci yang tiba-tiba jadi agresif saat kita membawa kelinci baru. Ada baiknya kita pelihara hanya jenis jantan saja sebab jantan cenderung lebih menerima dan juga jauh lebih tidak agresif dari pada betina.

Kelinci itu lucu, namun jika kita tidak tahu bagaimana cara merawat kelinci juga bisa jadi galak. Semoga  cara mengatasi kenapa kelinci mendadak galak ini bisa membantu bagi yang ingin memelihara kelinc ataupun menambah peliharaan baru. (Reff )


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel