Cara Merawat Kelinci Yang Baik

kelinci

User Rating: / 5
PoorBest 
Cara Merawat Kelinci Yang Baik - 5.0 out of 5 based on 5 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Merawat Kelinci Yang Baik

Berikut ini tips cara merawat kelinci yang baik.
Bila kita memilih kelinci sebagai hewan kesayangan kita, tentu kita harus mengetahui cara merawat kelinci yang baik agar kelinci kesayangan kita bisa hidup dengan sehat dan menyenangkan bagi kita yang melihatnya. Cara merawat kelinci dengan baik tentu tidak mudah, namun bila kita lakukan dengan telaten akan sangat menyenangkan. Berikut ini tips cara merawat kelinci yang baik.

 

  1. Pastikan kandang kelinci tidak lembab, kondisi kandang yang kering cukup baik bagi kelinci dan bisa menghidarkan dari penyebaran penyakit dan jamur.
  2. Pastikan juga kandang terlindung dengan baik dari cuaca yang tidak bersahabat seperti panas matahari langsung yang menyengat, hujan maupun hembusan angin. Cuaca yang tidak baik tersebut akan mempengaruhi kesehatan kelinci dan membuatnya mudah jatuh sakit dan stress.
  3. Pastikan lantai kandang kelinci harus terjaga kekeringannya, lakukan sanitasi secara berkesinambungan. Usahakan lantai kandang terbuat dari bahan yang nyaman seperti bambu dan kotoran dapat jatuh kepenampungannya dengan baik.
  4. Jangan terlalu banyak memasukan kelinci dalam satu kandang, jumlah kelinci yang ada dalam satu kandng mesti disesuaikan dengan luas kandang. Idealnya kandang dengan luas 1 meter persegi bisa di isi oleh sepasang kelinci, luas kandang yang sempit dapat menimbulkan terbatasnya ruang gerak kelinci dan dengan mudah dapat menimbulkan stress dan penyakit yang berakhir dengan kematian.
  5. Sayuran yang di berikan pada kelinci harus di layukan terlebih dahulu, jangan memberinya sayuran segar atau sayuran yang baru saja di keluarkan dari lemari es.
  6. Proses pelayuan ini berfungsi untuk menghilangkan getah-getah atau racun  yang bisa menimbulkan kejang-kejang dan diare serta mempertinggi kadar selat kasar sayuran tersebut. Kecuali jika kelinci kesayangan kita makan  tumbuh-tumbuhan dari alam bebas.
  7. Selain pemberian sayuran, kelinci kesayangan kita juga bisa diberikan pakan tambahan berupa  konsentrat atau pelet untuk kelinci. Bisa juga di berikan makanan tambahan bekatul dan ampas tahu yang dicampur dengan sayuran yang telah dilayukan, berikan sedikit air dan diaduk sebelum diberikan pada kelinci kesayangan kita.
  8. Bila kelinci kesayangan kita sakit, segera kunjungi dokter hewan langganan. Jangan menunggu penyakit pada kelinci kita parah, upayakan terlebih dahulu pencegahan dari pada pengobatan.


Bila cara merawat kelinci tersebut kita lakukan dengan telaten, itu akan menyenangkan bagi kita. Apalagi bila melihat kelinci kesayangan kita sehat dan gemuk, namun waspada juga dengan kelebihan berat badan yang biasa terjadi pada kelinci peliharaan. Jangan berlebihan dalam memberikan makanan bagi kelinci, rasa sayang kita bisa berujung kematian bagi mereka.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel