Cara Merawat dan Memelihara Kelinci Anggora

kelinci

User Rating: / 3
PoorBest 
Cara Merawat dan Memelihara Kelinci Anggora - 4.7 out of 5 based on 3 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Merawat dan Memelihara Kelinci Anggora

 Cara Merawat dan Memelihara Kelinci Anggora, Cara Memelihara Kelinci Anggora, Cara Merawat Kelinci Anggora,merawat kelinci anggora,kelinci angora,kelinci anggora
Kelinci anggora saat ini sudah banyak di gemari oleh masyarakat, tingkahnya yang lucu dan unik ini menyebabkan banyak orang mulai dari anak anak hingga dewasa menyukainya. Apalagi mulai banyak kelinci hias seperti kelinci angora yang berambut panjang atau kelinci mini dengan ukurannya yang kecil dan imut, cara merawat dan memelihara kelinci anggora juga tidak terlalu sulit.


Cara merawat dan memelihara kelinci anggora yang benar akan membuat kelinci angora kesayangan kita sehat, lucu dan menggemaskan. Hal utama dalam memelihara kelinci anggora adalah menganggapnya sebagai anggota keluarga, peduli dan sayang pada kelinci angora kita. Tanpa kepedulian dan rasa sayang dari kita, kelinci angora yang kita jadikan hewan peliharaan tidak akan tumbuh maksimal. Berikut ini beberapa cara merawat dan memelihara kelinci anggora.

 

  1. Buatlah kandang kelinci dengan ukuran kandang minimal 50×50 centi meter dan bila memungkinkan buatkan tempat makanan tersendiri lebih tinggi dari pijakan kelinci supaya tidak terinjak injak.
  2. Jaga selalu kebersihan kandang, usahakan sinar matahari dapat masuk supaya kandang tidak terlalu lembab dan sehat karena sinar matahari dapat menghilangkan bakteri dan jamur.
  3. Buatlah drainase agar air tidak menggenang di dalam kandang dan mempermudah membuang kotoran saat di bersihkan.
  4. Suhu udaha kandang kelinci anggora diusahakan lebih rendah dari kandang kelinci biasa
  5. Berikan kelinci anggora makan 3 x sehari. Waktu makan kelinci angora yang tepat sekitar jam 7 pagi, siang hari makan secukupnya dan sore hari sekitar jam 18.00. Kelinci memiliki kebiasaan makan sepanjang malam.
  6. Makanan yang di berikan jangan terlalu banyak mengandung air. Jangan mencuci sayuran supaya kadar air tetap rendah.
  7. Makanan yang di berikan sebaiknya beragam, jangan dari satu jenis saja. Karena bila hanya satu jenis saja membuat kelinci akan mudah bosan dan susah makan, pemenuhan gizinya bisa tidak seimbang.
  8. Bila memberikan makanan berupa daun hijau seperti rumput, kangkung dan sayuran lainnya. Berikan makanan dalam keadaan layu kecuali kelinci sendiri yang mecarinya, ini berguna untuk menghilangkan gas dalam daun hijau tersebut.
  9. Kelinci anggora jangan terlalu sering di mandikan, ini untuk mencegah rontoknya bulu pada kelinci anggora.
  10. Siapkan kandang yang lebih luas bila kelinci anggora dalam keadaan bunting dan siap beranak.
  11. Beri rerumputan kering di atas kotak kecil supaya kelinci anggora merasa hangat untuk persiapan beranak.
  12. Siapkan tempat tidur sendiri untuk anak anak kelinci anggora agar tidak terinjak injak dan terkena kotorannya sendiri.
  13. Usahakan anak kelinci anggora tidak terlalu banyak terkena tanah  atau becek supaya menghindar penyakit.


Ada kepuasan tersendiri bila kelinci angora kesayangan kita bisa tumbuh dengan baik, sehat dan indah. Cara merawat dan memelihara kelinci anggora yang sederhana ini bisa anda jalani supaya kelinci anggora kita sehat dan cantik.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel