Makanan Katak dan Kodok Peliharaan

katak

User Rating: / 12
PoorBest 
Makanan Katak dan Kodok Peliharaan - 4.6 out of 5 based on 12 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Makanan Katak dan Kodok Peliharaan

Makanan Katak dan Kodok Peliharaan


Banyak orang yang mungkin merasa jijik pada katak dan kodok, namun saat ini banyak penghobies yang menyukai katak dan kodok. Katak dan kodok sudah banyak di jadikan hewan peliharaan eksotik. Namun harus tetap diingat, bahwa semakin eksotik dan cantik katak dan kodok yang kita pelihara, maka akan semakin berbahaya bagi kita yang memeliharanya (beracun).

Dihabitat aslinya, katak dan kodok biasa memangsa berbagai jenis serangga seperti nyamuk, lalat, laba-laba, jangkrik, belalang dll. Bahkan untuk katak dan kodok yang memiliki ukuran cukup besar, makanan katak dan kodok adalah burung kecil, siput, ikan kecil hingga tikus kecil. Bahkan ada jenis katak  yang memakan ular kecil dan katak lain atau kanibal.

 

Makanan Katak dan Kodok Peliharaan


Makanan Katak dan Kodok Peliharaan diberikan dalam selang waktu 2 sampai 3 hari sekali, sedangkan untuk katak berukuran besar bisa diberi makan seminggu sekali. Namun harus diperhatikan, pemberian makanan katak dan kodok mesti disesuaikan dengan ukuran dari katak dan kodok itu sendiri.

Makanan Katak dan Kodok Peliharaan


Siput
Siput dapat digunakan sebagai makanan kodok dan katak, kita bisa memakai siput sawah atau bekicot. Untuk membantu kodok dan katak, bersihkan dulu siput dari cangkangnya sebelum diberikan ke katak dan kodok.

Ikan Kecil
Ikan kecil dapat dipakai juga sebagai makanan katak dan kodok, kita bisa memakai baby fish dll. Usahakan saat memberikan makan ikan dalam keadaan hidup, bisa memasukkan ikan kedalam wadah kecil dan biarkan katak dan kodok datang serta memakan ikan tersebut

Tikus
Tikus putih juga bisa dipakai, bisa juga memakai anak tikus. Tikus biasanya diberikan untuk jenis katak dan kodok tertentu yang berukuran besar seperti kodok pacman, pastikan tikus yang kita berikan  terbebas dari penyakit.

Serangga
Serangga adalah makanan katak dan kodok populer, kita bisa menggunakan Jangkrik. Jangkrik umumnya mudah didapat karena menjadi pakan umum hewan peliharaan. Selain jangkrik, bisa juga diberikan laba-laba (yang tidak beracun) sebagai pakan katak dan kodok.

Sebelum memberi makan katak dan kodok, ketahui dahulu jenis katak dan kodok yang dimiliki serta sesuaikan ukurannya. Usahakan pakan katak yang diberikan adalah hasil ternak dan bukan hasil tangkapan di alam, sebab bisa membawa racun dari alam. Lihat juga cara memelihara katak.

Refferensi Photo by Zona unik


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel