Chacoan Horned Frog

katak

User Rating: / 3
PoorBest 
Chacoan Horned Frog - 5.0 out of 5 based on 3 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Chacoan Horned Frog

Chacoan Horned Frog

 

Chacoan Horned Frog dan biasa di kenal juga dengan sebutan Pac-Man. Nama sebenarnya yaitu Chacoan Horned Frog yang mana menandakan bahwa ini merupakan Kodok Bertanduk dari Gran Chaco, suatu daerah di bagian Amerika Selatan.

 

 

 

Habitat Chacoan Horned Frog

Chacoan Horned Frog ditemukan di daerah Chacoan dengan luas yang meliputi Argentina, Bolivia, Brazil dan Paraguay. Daerah Gran Chaco ini adalah suatu daerah padang rumput yg luas, dengan curah hujan terbesarnya terjadi di saat bulan musim panas serta pada akhir bulan Juli hingga Agustus adalah musim kering.

 

Ukuran Kodok Bertanduk

Kodok Bertanduk Betina memiliki ukuran sekitar 13.3 centi meter dalam posisi duduk, sedangkan kodok bertanduk jantan memiliki ukuran yang lebih kecil dari betina yaitu sekitar 10.8 centi meter.

 

Membedakan Jenis kelamin Kodok Bertanduk

Untuk menentukan jenis kelamin umumnya baru dapat dilihat ketika Kodok Bertanduk telah beranjak dewasa dan tanda tandanya baru dapat dilihat dengan jelas.

Pada Chacoan Horned Frog betina tepat dibawah dagu lehernya mempunyai bintik bintik hitam yang jarang, sedangkan pada Chacoan Horned Frog jantan memiliki bintik bintik hitam yang rapat dan banyak disertai dengan dasar abu abu agak kehitaman.

Tanda lainnya yang membedakan Chacoan Horned Frog yaitu pada Chacoan Horned Frog jantan memiliki nuptial pads atau semacam benjolan pada kedua jempol kaki depan disertai tompel hitam. Sedangkan pada Chacoan Horned Frog betina tidak ada.

 

Perawatan dan Pemeliharaan Chacoan Horned Frog

Chacoan Horned Frog dapat dipelihara menggunakan box plastik atau aquarium. Untuk ukuran baby pac-man dapat menggunakan pethome hingga beranjak remaja.

Dikarenakan Kodok Bertanduk termasuk tidak aktif serta suka mengubur diri maka tempat pemeliharaan yang dibutuhkan relatif cukup kecil dan tidak perlu terlampau besar. Untuk pac man dewasa sebaiknya menggunakan tempat dengan ukuran panjang sekitar 30 centi meter.

 

Media substrate yang bisa digunakan adalah Cocopeat , bila menggunakan cocopeat sebaiknya disediakan wadah air untuk tempat berendam yang diisi dan setiap hari diperiksa dan diperhatikan kebersihannya. Jika terdapat kotoran, cocopeat bisa diangkat dan direndam didalam ember diisi air . Kemudian diperas sampai kering dan dimasukan kembali.

Tempat Pac Man menggunakan media substrate Cocopeat

Media substrate lain yang dapat digunakan adalah Busa Filter, jika menggunakan busa filter cukup hanya diisi air hingga setinggi dibawah dagu pac-man dan diganti airnya minimal 2 hari sekali dengan menggunakan air non kaporit. Jika anda memakai air ledeng sebaiknya diendapkan dulu 2 malam.

Tempat Pac Man Menggunakan Media substrate Busa Filter

Kodok Bertanduk memiliki sifat kanibal, karenanya kodok ini tidak dapat dipelihara bersama dalam satu tempat karena bisa saling kanibal. Suhu yang dibutuhkan oleh Kodok Bertanduk sekitar 21-28°C pada siang hari. Dan jika pada waktu malam sekitar 20-23°C. Suhu yang pas sangat dibutuhkan untuk menjaga proses metabolisme berjalan baik dan menjaga napsu makan yg baik. Jika perawatan dan pemeliharaan yang baik, umur Chacoan horned frog ini dapat bertahan 5-7 tahun.

 

Pakan Chacoan horned frog

Chacoan horned frog bisa diberikan jangkrik, ikan mas, udang, cacing tanah, ikan platis, pinkies dan tikus putih. Perhatikan pula asupan kalsium yang mesti dilakukan rutin pada fase pacman baby hingga juvenile atau remaja 5-7centi meter, selanjutnya sesudah berukuran dewasa 7-12 centi meter pemberian kalsium boleh dikurangi saja. Kalsium sangat membantu agar pertumbuhan tulang bagus, kaki tidak kecil dan mulut tidak bengkok.

Kalsium diberikan dengan cara dibaluri makanannya dengan bubuk calcium +D3 dan disuapi. Untuk ukuran baby pemberian pakan dapat diberikan setiap 3-4 hari sekali. Sedangkan untuk Chacoan horned frog dewasa diberikan setiap 7-10 hari sekali. Harus diperhatikan bahwa pemberian pakan sebaiknya disesuaikan dengan ukurannya dan jangan terlalu berlebihan. Untuk pinkies dan tikus putih jangan diberikan secara rutin, 1 bulan sekali sudah cukup dan walaupun tidak diberikan juga tidak apa apa.

 

Refferensi
Dirangkum dan diterjemahkan dari berbagai pustaka dan reptilx forum.

Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel