Mengganti Air Akuarium Ikan Cupang

ikan hias

User Rating: / 7
PoorBest 
Mengganti Air Akuarium Ikan Cupang - 4.4 out of 5 based on 7 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Mengganti Air Akuarium Ikan Cupang

Mengganti Air Akuarium Ikan Cupang ,cara Mengganti Air Akuarium Ikan Cupang ,ikan cupang

Memelihara ikan cupang sebenarnya termasuk mudah dan tidak memerlukan perhatian yang khusus secara mendetail, asalkan akuariumnya cukup luas maka anda dapat menempatkan beberapa ekor ikan cupang dalam satu akuarium tanpa takut saling berkelahi.

Ikan cupang merupakan salah satu ikan yang dapat bertahan hidup dalam waktu lama sehingga jika ikan cupang ditempatkan didalam  wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara (aerator) sekali pun, ikan ini masih dapat bertahan hidup. Namun guna mempercepat pertumbuhan ikan cupang, anda harus mengganti air dalam akuarium tempat ikan cupang anda pelihara.

 

Anda tidak perlu mengganti air seluruhnya setiap hari, cukup setengahnya saja. Caranya adalah memasukan selang plastik dan menyedot air keluar hingga setengah isi akuarium ikan cupang, setelah itu tambahkan kembali air bersih dalam akuarium ikan cupang tersebut. Semakin sering anda mengganti air akuarium ikan cupang maka semakin cepat juga pertumbuhan ikan hias tersebut. Batas maximal pergantian air adalah 3 hari, bila dalam 3 hari anda belum mengganti air akuarium maka sebaiknya anda segera menggantinya.

 

Pergantian air akuarium secara menyeluruh cukup anda lakukan selama 1 minggu sekali, pindahkan terlebih dahulu ikan cupang dari akuarium. Cuci bersih seluruh bagian akuarium agar cendawan, lumut dan bakteri mati dan hilang. Jemurlah terlebih dahulu akuarium sekitar 1 jam dibawah panas matahari. bila dibutuhkan, anda juga dapat merendam akuarium dalam larutan PK dosis tinggi selama 1 jam. Setelah itu akuarium dijemur hingga kering, barulah akuarium dapat diisi kembali dengan air bersih. Tunggu hingga air akuarium tenang sebelum ikan cupang di masukan

 


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel