Jenis ikan hias laut

ikan hias

User Rating: / 3
PoorBest 
Jenis ikan hias laut - 5.0 out of 5 based on 3 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Jenis ikan hias laut

Jenis ikan hias laut

Jenis ikan hias laut banyak ragamnya, ada beberapa jenis ikan hias laut yang paling sering dipelihara dan penampilannya cukup menarik. Jenis ikan hias laut tersebut termasuk biasanya termasuk dalam ikan karang, yaitu dari kelas kelas ikan hias berikut ini:

 

 

1. Kelas Angelfish atau biasa disebut ikan Angel
2. Kelas Butterflyfish atau biasa disebut ikan kepe-kepe
3. Kelas Surgeonfish atau biasa dikenal dengan ikan tang
4. Kelas Clownfish atau biasa dikenal dengan ikan badut
5. Kelas Damselfish atau biasa dikenal dengan ikan betok.

Angelfish (ikan Angel)

Ikan Angel adalah ikan yang sangat kuat dan bisa hidup dalam waktu yang lama jika kita rawat dengan baik. Seluruh ikan angel termasuk protogynous hermaphrodites artinya bisa berubah jenis kelamin, awal masa hidupnya secara seksual berstatus ikan betina, kemudian berubah menjadi jantan sesudah mencapai ukuran tertentu. Ikan Angel kebanyakan hidup menyendiri, lebih senang dalam perairan dangkal antara 6 – 50 kaki (2 – 20 meter). Namun ada juga beberapa spesies yang hidup di perairan dalam sekitar 150 kaki (50 Meter), oleh karena itu ikan ini ada yg memiliki sifat teritorial
Ikan Angel air laut, ikan angel mempunyai tiga ukuran utama. Selain itu, keunikan ikan angel ada pada perubahan pola warna saat masih anakan menjadi dewasa.

Butterflyfish (ikan kepe-kepe)

Ikan kepe-kepe termasuk Order Perciformes dan Sub-order Percoidei yang masuk dalam Famili Chaetodontidae (Butterflyfish), dimana terdapat 13 kelas dan hampir 130 spesies, baik yang sudah ada keterangan maupun belum.
Ikan ini termasuk keluarga besar, kemungkinan terdiri dari ikan yang berwarna-warni yang bisa dijumpai di alam bebas. Tubuh Butterflyfish berbentuk pipih seperti cakram dan ukurannya tidak terlalu besar sekitar 6 inci (15 cm). Di samping ukuran dan pola warna, Ikan kepe-kepe termasuk ikan yang ramah. Sayangnya Ikan kepe-kepe memerlukan kualitas air yang stabil dan tidak mudah membuat Ikan kepe-kepe memakan pakan yang diberikan, dimana makanan utama Ikan kepe-kepe adalah pakan hidup seperti polip koral, krustacea dan alga.

Kondisi yang cocok untuk Ikan kepe-kepe adalah suhu yang agak tinggi dan juga sepertinya tingkat keasinan yang cocok seperti kehidupan terumbu karang yaitu 1.025 ppm. Jika memungkinkan, sebaiknya memilih anakannya ketimbang Butterflyfish dewasa sebab mungkin mereka lebih cepat beradaptasi seperti C. Auriga dan C. Kleinii. Walaupun taksonomi berbagai jenis ikan ini terus-menerus ter-update, tingkatan ikan kepe-kepe yang terakhir tercatat pada Agustus 2004.Untuk genus Chaetodon, wilayah penyebaran mereka sangat luas yaitu di barat dan pusat Samudera Pasifik, Hawai, tenggara Jepang dan pantai barat laut serta timur Australia, berlanjut sampai Samudera Atlantik. Ikan kepe-kepe adalah salah satu ikan yang terbanyak dipelihara oleh para pehobies ikan air laut.

Surgeonfish (ikan tang)

keluarga ikan hias Surgeonfish adalah salah satu ikan Akuarium air asin yang paling dikenali dalam perdagangan. Keluarga Surgeonfish relatif besar dengan ukuran terkecil dari mereka mencpai panjang sekitar 8 inci di penangkaran. Yang terbesar dari ikan tang bisa mencapai panjang lebih dari 3 meter. Surgeonfish  ditemukan di seluruh lautan dunia tropis dan merupakan beberapa ikan yang paling berwarna-warni di alam liar. Surgeonfish termasuk dalam keluarga Acanthuridae, yang berarti ekor berduri. Semua surgeonfish mempunyai pisau kecil seperti tonjolan di dekat ekor.

Dua anggota keluarga surgeonfish sangat populer bagi para pencinta ikan hias air laut atau akuarium air asin. Surgeonfish bisa ditemukan di stiker, majalah, spanduk iklan dan berbagai macam produk lainnya. Ikan tang ini dikenal sebagai Tang Biru dan Kuning Tang

Clownfish (ikan badut)

Ikan Badut yang biasa kita kenal dalam film Nemo sebenarnya adalah Ikan Giru dan berasal dari suku Amphiprioninae dalam suku Pomacentridae. Ada 28 spesies yang sudah dikenali salah satunya adalah genus Dascyllus dan genus Premnas, sementara sisanya masuk dalam genus Amphiprioninae. ikan badut (Clownfish ) tersebar di lautan pasifik termasuk Indonesia, Laut merah, Lautan India dan karang besar Australia.

Damselfish (ikan betok)

Salah satu spesies ikan Damselfish, Stegates nigircans, ternyata sangat selektif 'memangkas' alga tertentu di karang, dan membiarkan jenis alga merah Polysiphonia kegemarannya untuk tumbuh. Alga kegemaran damselfish ini ternyata adalah alga halus tipis yang kerap kita jumpai melapisi karang yang baru mati (Recently Dead Coral) atau yang sudah tidak berbentuk (Rock). Kelompok Polysiphonia sendiri terdiri lebih dari 100 spesies, dan untuk membedakannya diperlukan mikroskop.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel