Indahnya Ikan Cupang

ikan hias

User Rating: / 2
PoorBest 
Indahnya Ikan Cupang - 3.5 out of 5 based on 2 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Indahnya Ikan Cupang

betta splendens


Siapa yang tidak mengenal ikan cupang? Dari anak-anak sampai orang dewasa pasti sudah mengetahui ikan hias ini. Bentuk tubuhnya yang mungil dan juga sirip yang lebar menjadi pemikat tersendiri bagi pecinta ikan air tawar ini. Berdasarkan bentuk tubuh dan juga sirip, ikan cupang dibedakan dalam berbagai jenis, antara lain crowntail, halfmoon, plakat, double tail, giant, serit, dan lain-lain.


Pada ikan cupang giant adalah hasil persilangan antara ikan cupang yang telah dibudidayakan dengan ikan cupang alam, sehingga dapat mencapai panjang 12 cm. Ikan cupang / betta sp. ini banyak ditemui di perairan wilayah Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Ikan cupang jenis serit adalah salah satu ikan cupang asli Indonesia.



Bila kita mendatangi toko-toko penjual ikan hias, hampir di pastikan kita dapat memperoleh ikan cupang dengan mudah. Pemasaran ikan cupang atau banyak juga disebut dengan nama ikan betta memang tak ada matinya, apalagi bila kita masuk ke dalam komunitas hobbies ikan betta, kita bisa  menjumpai adanya kontes-kontes ikan cupang yang diadakan hampir setiap minggu.

ikan cupang atau ikan betta

Kini komunitas hobbies ikan cupang sudah bisa kita temukan di seluruh Indonesia, hingga selain ada kontes tingkat regional, kontes ikan cupang dengan skala nasional juga kerap diadakan. Dalam kontes inilah kita dapat menemui ikan-ikan cupang yang berkualitas, dan juga mempunyai harga jual yang tinggi, bahkan sampai jutaan rupiah per ekornya.

Tentu terdapat beberapa kriteria ikan cupang yang berkualitas atau biasa disebut Great A, antara lain dapat dilihat dari performa ikan cupang tersebut saat berenang, kerapian siripnya, mental ikan tersebut, kesehatan, dan corak warnanya. Ikan cupang yang telah memenuhi kriteria untuk kontes inilah yang bisa mendapatkan harga jual yang tinggi.

indahnya ikan cupang

Ikan cupang yang mempunyai sirip dengan berbagai bentuk dan juga corak warnanya biasanya ikan cupang dengan jenis kelamin jantan, maka tidak heran bila ikan cupang jantan inilah yang selalu  diburu penghobies. Namun bukan berarti ikan betina tidak diburu orang. Banyak ikan betina yang mempunyai anakan dengan kualitas kontes yang banyak diburu untuk dibudidayakan.

Hal ini tentu menjadi ladang usaha bagi banyak orang, bahkan untuk usaha budidaya ikan cupang ini juga dapat dijadikan usaha sampingan bagi kita yang sibuk dengan rutinitas di kantor ataupun tempat kerja kita. Baca juga Cara Memberi Makan Ikan Cupang dengan Kacang Polong.

ikan betta

 


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel