Ikan Hias Air Tawar Guppy

ikan hias

User Rating: / 2
PoorBest 
Ikan Hias Air Tawar Guppy - 5.0 out of 5 based on 2 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Ikan Hias Air Tawar Guppy

ikan hias air tawar guppy l sky blue albino pinterest
Ikan hias yang satu ini berukuran imut, lucu dan mungil ini sangat populer dan menjadi hiasan di akuarium akuarim air tawar kita. Ikan hias air tawar Guppy ini berasal dari wilayah Amerika Selatan, dan saat ini sudah menyebar dan di budidayakan di negeri kita.


Ikan hias air tawar Guppy sangat gampang untuk beradaptasi dengan lingkungan, baik di alam liar maupun akuarium. Karena itu, ikan Guppy sangat cepat beredar di dunia, ikan hias guppy masuk pertama kali ke Indonesia sekitar tahun 1920-an sebagai ikan hias akuarium air tawar.

jenis ikan hias air tawar guppy

Saat ini kita sudah sangat mudah sekali untuk memperoleh ikan hias Guppy, sebab banyak peternak ikan yang berusaha membudidayakannya dan juga menjualnya.

Umumnya ikan Guppy sangat digemari oleh anak-anak kecil, seperti ikan cupang. Harganya cukup murah meriah, jadi sangat pas untuk dijadikan ikan peliharaan bagi anak-anak kecil.

Warnanya yang ceria dan warna-warni menjadikan ikan ini unik dari kepala hingga ekornya, ikan hias air tawar Guppy ini terlihat sangat cantik sebab memiliki ukuran tubuh mungil dari kepala sampai ekornya kurang lebih 2,5 cm.

ikan hias air tawar guppy l sky blue albino @pinterest

Ikan hias air tawar Guppy memiliki jenis yang sama dengan ikan hias molly. Keindahan warna dan juga sirip ikan ini sangat menarik, apalagi jika ikan Guppy jantan. Ikan Guppy jantan mempunyai sirip yang lebih indah, sedangkan untuk Guppy betina memiliki warna yang cenderung kusam. Sirip ikan air tawar ini juga mirip dengan sirip ikan cupang.

Ikan hias Guppy ini termasuk jenis ikan hias air tawar yang sangat mudah untuk dibudidayakan. Bereproduksi secara internal dengan  cara melahirkan anak. Ikan Guppy kawin dengan cara memasukan organ gondopodium yang berada pada sirip anal jantan ke dalam organ telur betina.

Ikan hias air tawar Guppy betina memiliki kemampuan untuk menyimpan sperma Guppy jantan di dalam tubuhnya. Sehinga dapat hamil sampai 3 kali hanya dengan satu kali perkawinan. Jarak antar kehamilan Guppy betina berlangsung sekitar 1-5 minggu. Seekor indukan betina mampun melahirkan sekitar 30-100 burayak atau anakan ikan dalam satu kali kelahiran.

 


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel