Damselfish, ikan yang suka berkebun

ikan hias

User Rating: / 3
PoorBest 
Damselfish, ikan yang suka berkebun - 5.0 out of 5 based on 3 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Damselfish, ikan yang suka berkebun

 

Damselfish adalah ikan karang yang hidup di dekat permukaan laut, ikan damselfish juga merupakan ikan terbaik sebagai ikan permulaan didalam aquarium saltwater atau akuarium air asin yang baru. Damselfish memiliki kemampuan yang baik untuk beradaptasi dalam akuarium baru, ikan damselfish biasa dijadikan ikan permulaan untuk akuarium baru sebelum akuarium tersebut dimasukan ikan hias air laut jenis lain.

 

Menurut penelitian yang pernah dilakukan, damselfish merupakan ikan karang yang senang berkebun.di teritori terumbu karang mereka. Damslefish secara selektif ‘memangkas’ alga tertentu dikarang dan membiarkan jenis alga merah Polysiphonia untuk tumbuh. Alga kegemaran ikan damsel ini adalah alga halus tipis yang sering kita temui melapisi karang yang baru saja mati (Recently Dead Coral) maupun yang sudah tidak berbentuk lagi (Rock).

Yang menjadi menarik dari ikan Damsel ini, ternyata ikan hias ini tidak mempunyai organ untuk mencerna serat selulosa dan sangat minim akan enzim pencernaan untuk mencerna berbagai jenis alga yang dimakannya. Alga merah Polysiphonia merupakan kegemaran ikan ini, namunalga ini tidak bias tumbuh bersaing dengan alga lain, itulah sebabnya Damselfish memakan alga lain agar alga kegemarannya bisa tumbuh dengan subur dan di “ panen” setelah besar dan cukup lebat.

Aktifitas “berkebun” Damselfish ini merupakan hubungan mutualistik yang saling mengutungkan. Namun, hubungan alga laut dan ikan Damselfish yang herbivori (pemakan tumbuhan) ini lebih sering terjadi di Indo Pasifik. Kelompok alga Polysiphonia sendiri mempunyai lebih dari 100 spesies, dan untuk membedakannya diperlukan mikroskop.

 

Dalam akuarium, ikan damselfish juga menyukai white bug, yaitu sejenis hewan kecil atau kutu air yang sering menempel dipermukaan kaca akuarium setelah 2 sampai 3 minggu akuarium baru di set-up. White bug dari jenis copepods atau amphipods ini tidak membawa penyakit bagi kita maupun bagi ikan damsel. Keberadaan copepods atau amphipods ini menandakan akuarium sudah sangat baik untuk ikan.

Ikan Damselfish ini juga memiliki sifat teritori. Didalam akuarium air laut, Damselfish akan saling menyerang dan saling menggigit ekor ikan yang lain. Oleh karenanya jangan masukan 2 ekor ikan damselfish dalam akuarium yang sama. Ikan hias air laut ini juga tahan terhadap suhu tinggi hingga 30°C. Ikan Damselfish sangat cocok bagi para pencinta ikan air laut tingkat pemula.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel