Cara Merawat Ikan Mas Koki

ikan hias

User Rating: / 1
PoorBest 
Cara Merawat Ikan Mas Koki - 5.0 out of 5 based on 1 vote

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Merawat Ikan Mas Koki

Cara Merawat Ikan Mas Koki


Siapa yang tidak kenal dengan ikan mas koki, si gendut lucu ini bahkan sudah dikenal di Indonesia sebelum ikan Koi. Namun cara merawat ikan mas koki gampang-gampang susah, banyak cara dasar memelihara ikan mas koki yang justru sering kita lewati. Kebanyakan orang justru sangat kurang memperhatikan detail-detail dasarnya yang harus dilakukan.

 

Cara Merawat Ikan Mas Koki


Saat pertama kali membaw ikan koki ke rumah, siapkan dahulu akuarium dan airnya. Sebaiknya siapkan air 2 hari sebelumnya supaya air mengendap terlebih dahulu. Terutama untuk air yang menggunakan air PDAM, tampung terlebih dahulu air dalam ember selama 2 hari untuk mengurangi kaporit yang ada dalam air. Baru ruang ke akuarium, tinggalkan sedikit sisa diember untuk dibuang.

Saat mau memasukkan ikan koki dalam akuarium, bila mas koki tadi masih berada dalam kantung plastik sebaiknya taruh terlebih dahulu kantung plastik berisi ikan kedalam air akuarium dan biarkan jngan dibuka untuk beberapa saat. Tujuannya supaya terjadi penyesuaian suhu air hingga ikan koki tidak stress saat dimasukkan dalam aquarium baru.

Siapkan alat pendukung akuarium seperti aerotop peniup udara dalam akuarium, filter maupun selang penyedot kotoran. Alat-alat ini penting untuk membuat sirkulasi udara dn air akkuarium tetap bersih. Sirkulasi air yang lancar akan membuat kadar oksigen dalam air tetap tinggi dan kandungan racun bisa tersedot lewat filter.

Sebaiknya ikan mas koki jangan dicampur dengan jenis ikan lain dalam satu akuarium. Ini untuk mencegah terjadinya 'perseteruan' yang biasanya berakibat 'surai/sirip' ikan koki rusak.

Sebaiknya berikan tanaman air hidup sebagai hiasan, tanaman air seperti lumut juga bsa menjadi makanan yang baik bagi ikan dan menghasilkan warna yang cemerlang.

Pastikan penempatan akuarium tidak terkena sinar matahari secara langsung, sinar matahari langsung dapat membuat alga dan lumut berkembang biak lebih cepat.

Berikan pakan ikan mas koki secukupnya saja, jangan terus-menerus. Mas koki termasuk ikan yang rakus dan akan memakan semua pakan ikan yang diberikan, jika terlalu kekenyangan maka ikan koki bisa cepat mati. Menurut penelitian ahli, tubuh yang ramping bagi ikan mas koki akan memperpanjang umur koki.

Pakan ikan koki alami dan sangat bagus bagi ikan mas koki adalah cacing sutera, sebab mengandung protein hewani yang tinggi. Cacing sutera juga banyak dijual dalam keadaan kering seperti kotak ditoko ikan. Bisa juga diberikan pelet khusus ikan hias.

Hindari memberi mkan pada malam hari, sebab pencernaan ikan sangat cepat. Setelah makan, hanya butuh beberapa jam untuk dikeluarkan sisa kotorannya (feses) yang mengandung amoniak. Bakteri pengurai akan aktif pada malam hari, bakteri ini akan menguraikan feses ikan dan menyebabkan kadar amoniak dalam air akuarium tinggi. Ini buruk bagi ikan koki.

Ketika kita akan menguras air akuarium, janga semuanya dibuang. Sisakan setengah air akuarium, tambahkan setengahnya lagi dengan air baru yang sudah diendapkan sebelumnya. Supaya ikan mas koki tidak harus beradaftasi kembali dalam air akuarium.

Air akuarium yang baru diisi sesudah dikuras sebaiknya diberi tambahan sedikit garam laut (bisa di beli di toko ikan) yang mempunyai manfaat mencegah pertumbuhan jamur dan dapat menetralisir parasit dan bakteri di aquarium.

Cara merawat ikan mas koki sebenarnya cukup mudah, dan tidak perlu persyaratan khusus. Semoga bagi para hobi ikan hias bisa terbantu.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel