Cara Mengenali Gejala Awal Ikan Sakit

ikan hias

User Rating: / 5
PoorBest 
Cara Mengenali Gejala Awal Ikan Sakit - 4.2 out of 5 based on 5 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Mengenali Gejala Awal Ikan Sakit

cara mengenali gejala awal ikan sakit

Bila kita mengetahui cara mengenali gejala awalikan sakit lebih awal, tentu ini akan sangat bermanfaat. Sebab dengan begitu kita dapat mengambil langkah antisipasi yang tepat, hingga ikan hias kesayangan kita dapat di selamatkan. Berikut ini merupakan gejala umum yang biasanya terjadi di awal ikan kita sakit.

 

Cara Mengenali Gejala Awal Ikan Sakit

Ikan Sering Menyendiri

Indikator ikan yang sehat adalah berenang aktif mengelilingi kolam bersama ikan-ikan yang lain secara berkelompok. Jika kita menemukan ikan yang menyendiri di sudut kolam dan tidak mau bergabung dengan kelompoknya, maka ini merupakan salah satu gejala awal ikan tersebut memiliki masalah. Ini merupakan gejala alami ikan sakit, ada juga teori yang mengatakan bahwa ini merupakan mekanisme ikan supaya dia tidak menulari ikan-ikan lainnya yang sehat.

Jika hal ini terjadi, amati secara intensif perilaku ikan tersebut. Jika dia terus diam diri disatu tempat, maka mesti dilakukan pengamatan lebih lanjut dengan melihat apakah ada gejala lain pada ikan tersebut. Tapi jika tidak lama kemudian ikan tersebut segera bergabung kembali dengan kelompoknya, maka mungkin ini bukan gejala awal ikan sakit.

Ikan Mengalami Megap-megap

Jika ikan sering megap-megap di permukaan kolam, hal ini dapat di simpulkan bahwa ikan tersebut kekurangan oksigen. Kurangnya oksigen ini bisa terjadi disebabkan kurangnya kadar oksigen di dalam kolam, yang biasanya di tandai dengan banyaknya ikan yang mengalami megap-megap. Hal ini bisa di sebabkan karena buruknya kwalitas air kolam, terhentinya aliran air dan gangguan pada pompa di kolam. Untuk itu segera tanggulangi dengan memeriksa dan membetulkan alat-alat pendukung kolam ikan kita.

Namun ada kalanya hanya satu ikan saja yang mengalami megap-megap, amati apakah ada gejala awal ikan sakit lainnya yang di tunjukan ikan tersebut. Umumnya gejala ini juga diikuti ikan diam di kucuran air, ini merupakan reaksi alami ikan mencari air dengan kadar oksigen lebih tinggi. Bila ini yang terjadi, mungkin ikan tersebut sedang kurang baik kondisinya dan mengalami masalah kesehatan yang berhubungan dengan sistem pernapasan atau insang. Ikan mengalami megap-megap juga bisa menjadi ciri Penyakit bintik putih yang di sebabkan oleh Protozoa incthyrius multifilis.

Ikan Sering Diam dan Sirip Dada Tertutup Sebelah


Seringnya sirip dada yang tertutup sebelah merupakan gejala yang sangat tipikal pada ikan, terutama ikan koi. Jika ikan melipat siripnya sebelah dan ikan tersebut terlihat tidak aktif, maka ini merupakan indikator kesehatan ikan atau lingkungan tidak berada dalam kondisi yang ideal. Sirip dada yang melipat bisa jadi merupakan reaksi terhadap tingginya kadar ammonia. Guna mengantisipasi hal ini bisa dilakukan puasa satu hari atau bila memungkinkan bisa mengganti air sebagian. Tapi jika ternyata gejala ini terus berlanjut dan di ikuti oleh gejala-gejala lainnya, ini merupakan gejala awal ikan  kurang sehat.

Ikan Tidak Nafsu Makan

Sebagian besar ikan seperti ikan koi terkenal dengan ikan pemakan segala dan ikan mempunyai nafsu makan yang besar. Namun jika ikan tidak merespon terhadap pakan yang diberikan, bisa jadi ada sesuatu yang tidak biasa. Keadaan ini dapat disebabkan karena ikan stresss dan dapat juga menjadi tanda awal ikan sakit.

Merah Merah pada Tubuh dan Sirip Ikan

Cara mengenali gejala awal ikan sakit adalah munculnya kemerahan pada permukaan tubuh ikan seperti memar atau gurat-gurat halus.  Gejala ini merupakan peringatan awal bagi pemilik ikan untuk melihat apa ada kondisi-kondisi lainnya yang tidak normal. Bisa saja terjadi kondisi lingkungan kolam yang berubah secara tiba-tiba, atau kenaikan kadar ammonia yang tinggi di kolam juga dapat menyebabkan munculnya gejala merah merah pada tubuh dan sirip ikan.  

Untuk menanganinya, kita mesti menganalisa faktor lingkungan kolam. Hentikan sementara pemberian pakan, puasakan ikan selama satu hari. Jika kemerahan tersebut hilang, maka ini bisa jadi tanda kadar ammonia yang tinggi dalam kolam. Ammonia yang tinggi bisa terjadi disebabkan sistem filter kolam yang kurang memadai, kelebihan porsi makan atau populasi ikan yang terlalu padat. Namun jika kemerahan pada tubuh ikan disertai gejala awal ikan sakit lainnya di atas, maka ini adalah gejala awal ikan terserang penyakit. Bercak merah juga bisa disebabkan oleh parasit seperti kutu ikan, atau infeksi bakteri yang menyerang tubuh ikan.

Setelah mengenali gejala awal ikan sakit, langkah selanjutnya adalah segera menanganinya. Lakukan langkah-langkah diatas, atau bisa juga lihat Penyakit Umum Pada Ikan. Walau begitu, yang terbaik adalah menjaga kondisi kolam dengan baik hingga ikan tidak mudah terserang penyakit.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel