Cara Membuat Warna Ikan Mas Koki Cerah

ikan hias

User Rating: / 2
PoorBest 
Cara Membuat Warna Ikan Mas Koki Cerah - 5.0 out of 5 based on 2 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Membuat Warna Ikan Mas Koki Cerah

Cara Membuat Warna Ikan Mas Koki Cerah


Bagi masyarakat awan, tentu banyak yang tidak menyadari perbedaan kecerahan dan kecemerlangan warna ikan koki. Yang mereka ketahui hanyalah perbedaan warna, tema dan motif. Namun tidak demikian bagi para penggemar ikan koki yang sangat menikmati indahnya kecerahan warna ikan tersebut.

 

Cara Membuat Warna Ikan Mas Koki Cerah


Dalam sepintas saja para penggemar ikan mas koki akan mengetahui perbedaan kecerahan warna, mana warna ikan yang cerah cemerlang dan mana warna yang kelas dua. Dalam sebuah kontes ikan mas koki, selain kenormalan gerakan, keindahan bentuk tubuh serta keseimbangan sirip. Kecemerlangan dan kecerahan warna juga memiliki penilaian tersendiri.

Warna Ikan Maskoki Bisa Pudar

Warna ikan maskoki bisa pudar seiring berjalannya waktu. Anak ikan mas koki dari satu induk yang sama dapat memiliki kwalitas kecemerlangan warna yang berbeda jika sudah besar. Pudarnya warna ikan maskoki dikarenakan dipelihara di tempat yang berbeda-beda. Penyebab utamanya adalah kandungan kapur dalam air akuarium serta jenis makanan yang diberikan.

Ikan koki yang dipelihara pada air yang mengandung kadar kapur tinggi (pH air 8 ke atas) akan memiliki warna yang kurang cemerlang. Namun jika dipelihara dalam air yang memiliki kandungan kapur rendah, warna sisiknya akan nampak cerah.

Disamping kapur,  jenis makanan yang diberikan pada maskoki juga bisa menentukan kecemerlangan  warna ikan. Ikan maskoki muda yang kita beri makanan alami seperti cacing sutera memang akan cepat membesar, namun sayang warna sisik tidak secemerlang yang diinginkan.

Atur Pergantian Air

Meskipun unsur makanan serta tingkat keasaman air sudah sesuai, namun jika air dalam akuarium sering diganti bisa berpengaruh juga terhadap tingkat kecerahan warna ikan maskoki. Warna ikan maskoki bisa luntur, pudar serta tidak cerah.

Untuk menyiasatinya, kita bisa memperpanjang waktu pergantian air. Jika biasanya setiap 3 hari sekali air diganti, bisa diperpanjang menjadi seminggu sekali. Pergantian air jangan sampai dilakukan lebih lama dari satu minggu, sebab dikhawatirkan bisa menjadi sarang berkembangnya bibit penyakit dan hama yang mengancam ikan.

Pergantian air juga sebaiknya tidak mengganti 100% air baru, namun bisa hanya 50% nya saja agar ikan dapat mudah beradaftasi. Dengan pergantian air secara rutin seminggu sekali, siklus hidup parasit dan penyebab penyakit dapat hilang. Dengan begini kita dapat mempertahankan kecemerlangan warna ikan koki tanpa khawatir didahului oleh serangan penyakit.

Makanan Pencerah Warna untuk Ikan

Makanan ikan maskoki yang paling baik adalah makanan alami berupa udang sungai. Namun karena ikan maskoki tergolong ikan yang memiliki gerakan lamban, koki sulit memangsa udang hidup yang gerakannya lebih gesit dan cepat. Udang sungai yang akan diberikan sebagai santapan sebaiknya matikan terlebih dahulu, buang bagian kulit cangkang, ekor dan kepala serta berikan hanya daging saja. Makanan daging udang ini dapat membantu timbulnya warna sisik yang cemerlang cerah menyala.

Selain itu, kita juga bisa membuat pakan umpan buatan dengan memperhatikan kandungan gizi didalamnya. Pakan maskoki berbentuk pelet kecil harus mengandung lemak kurang dari 5 % dan protein  diatas 32%. Beberapa merek yang kami sarankan diantaranya Star Gold Baby produksi Yeaster, Floating Pellet Fish Food buatan Kitz, Gold Baby Fish Food dan Red Baby Fish Food produksi Liman. Semoga ini bisa membantu cara membuat warna ikan maskoki cerah.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel