Ikan Badut Merah Marun

ikan badut

User Rating: / 2
PoorBest 
Ikan Badut Merah Marun - 5.0 out of 5 based on 2 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Maroon clownfish - Premnas biaculeatus

 Ikan Badut  Premnas biaculeatus

Ikan badut merah marun, Premnas biaculeatus adalah spesies ikan badut yang ditemukan di Indo-Pasifik Barat dari Indonesia ke Taiwan dan The Great Barrier Reef bisa tumbuh sampai sekitar 17 cm (6 - 7 inci.), Dan ketika Ikan badut merah marun tumbuh, Ikan badut merah marun menjadi lebih agresif terhadap ikan badut lainnya. Hal ini juga dikenal sebagai ikan badut tulang-pipi karena memiliki duri di sekitar matanya dan juga anemonefish maroon. Ikan badut merah marun adalah satu-satunya anggota ikan badut dari genus Premnas, walaupun sudah disarankan bahwa epigrammata takson dari Sumatera mestinya diakui sebagai spesies yang berbeda, Premnas epigrammata (Fowler, 1904).

 

 

Garis-garis di tubuh Ikan badut merah marun umumnya berwarna putih, namun garis-garis ini kuning di epigrammata takson. Ikan badut merah marun betina biasanya lebih besar daripada Ikan badut merah marun jantan dan merah gelap atau merah marun, dan Ikan badut merah marun jantan lebih kecil dan berwarna merah terang.

 

Memelihara Ikan badut merah marun dalam Aquarium

Satu ekor Ikan badut merah marun sebaiknya menggunakan aquarium dengan kapasitas tangki 30 galon sedangkan bila di campurkan perpasang disarankan menggunakan tangki kapasitas 60 galon untuk sepasang. Di alam habitat aslinya, Ikan badut merah marun benar-benar terkait dengan anemon laut Entacmaea quadricolor dan alangkah baiknya anemon laut Entacmaea quadricolor juga disediakan di dalam akuarium walaupun bukan keharusan. Clownfish maroon menyukai udang beku dan  herbivora.

 

Karena Ikan badut merah marun memiliki duri, Maroon clownfish - Premnas biaculeatus ini sebaiknya jangan ditangkap menggunakan jaring. Ini untuk menghindari duri terjerat jaring dan dapat melukai Ikan badut ini, sebaiknya untuk menangkap Ikan badut merah marun di anjurkan untuk menggunakan cangkir. Clownfish maroon adalah salah satu anggota ikan badut yang lebih besar dan lebih agresif dari keluarga ikan badut.

Cara terbaik memelihara mereka adalah dalam akuarium sendirian saja kecuali bila mereka akan di kawinkan bisa di campurkan satu pasang. Jangan mencampur clownfish maroon dengan jenis ikan badut lain sebab bisa membuat ikan badut jenis lain di serang oleh Ikan badut merah marun ini. Cara yang baik untuk mengekang agresi Ikan badut merah marun adalah untuk mengatur ulang susunan batu dalam akuarium secara berkala. Juga sebaiknya hanyamemelihara satu atau sepasang Ikan badut merah marun dalam satu akuarium. Jika parameter yang tepat terpenuhi ikan badut merah marun akan menjadi anggota yang lucu dalam akuarium. Mereka responsif terhadap manusia dan selalu mencoba untuk "mengintimidasi" manusia yang tidak akrab dengan mereka

 

Penyebaran ikan badut merah marun

Peta Penyebaran Ikan Badut  Premnas biaculeatus

 

Penyebaran ikan badut merah marun ini mencapai Indo-barat Pacific: Indo-Australian Archipelago termasuk India, Burma, Thailand, Malaysia, Indonesia, Philippines, New Guinea, New Britain, Solomon Islands, Vanuatu, dan Australia (northern Queensland)


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel