Penyakit Pada Iguana

iguana

User Rating: / 6
PoorBest 
Penyakit Pada Iguana - 4.3 out of 5 based on 6 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Penyakit Pada Iguana

Penyakit Pada Iguana

BIla kita mau iguana kesayangan kita tetap sehat serta bisa hidup lebih lama, maka beri Cara Memberi Makan Iguana kita dengan makanan yang tepat, jumlah yang tepat serta jenis makanan yang tepat pula. Namun begitu terkadang masih juga terdapat iguana kita yang terserang penyakit, luka atau jamur, ini bisa terjadi bukan karena makanan namun juga sanitasi kandang dan lingkungan. Berikut ini beberapa penyakit pada iguana yang sering di temukan menyerang iguana yang patut kita waspadai dan kita ketahui. Beberapa penyakit pada iguana mungkin bisa mengancam iguana kesayangan kita hingga di perlukan perawatan lebih lanjut oleh dokter hewan.

 

 

1. Lumpuh Pada Kaki Belakang

Penyakit lumpuh pada kaki belakang iguana disebabkan oleh kekurangan vitamin B1. Agar menyembuhkan kondisi ini, dokter hewan umumnya akan menyuntikkan vitamin serta mineral dan merekomendasikan merubah jenis makanan iguana.

 

2. Penyakit Tulang Metabolik atau Fibrous Osteodystrophy

Penyakit tulang metabolik muncul akibat makanan dan gizi yang buruk. Bila kita baru pertama kali memelihara iguana sebagai binatang peliharaan, ada baiknya meminta nasihat dari penjual atau petshop mengenai jenis makanan yang tepat untuk iguana. Gejala penyakit ini meliputi muka dan rahang bawah yang nampak lembek, bengkak di rahang bagian bawah, lesu, kaki bengkak, dan sulit makan.

Ada beberapa jenis makanan seperti selada tidak mengandung banyak gizi. Sangat penting untuk mengetahui cara memberi makan iguana yang tepat termasuk mengkombinasikan jenis makanan iguana. Kondisi seperti ini bisa diperparah bila iguana tidak memperoleh cukup asupan vitamin D3 hingga tubuh tidak bisa memproduksi kalsium yang cukup.

 

3. Luka Bakar

Luka bakar biasanya di sebabkan oleh kontak yang terjadi antara iguana dengan lampu, lampu yang panas dapat menyebabkan luka bakar pada iguana. Hati hatilah dalam memasang lampu di dalam kandang, pastikan lampu tidak bisa terjangkau iguana.

 

4. Hidung Lecet

Hidung lecet biasanya terjadi karena iguana mencoba mencari jalan melarikan diri dengan cara menggosok gosokan hidungnya pada kandang, biasanya ini terjadi saat iguana merasa tidak nyaman dengan lingkungannya. Luka lecet pada hidung atau bagian lain mesti segera di tangani guna mencegah terjadinya infeksi atau borok yang lebih serius.

 

5. Parasit

Parasit merupakan penyebab terbanyak kematian iguana. Parasit bisa menginfeksi saluran darah dan saluran pencernaan iguana yang bisa menyebabkan kematian. Parasit mesti segera di obati, sebaiknya segera hubungi dokter hewan.

 

6. Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri pada iguana bisa sangat membahayakan, ada beberapa jenis bakteri yang bisa menginfeksi iguana yang mesti kita waspadai. Bila ada indikasi terkena serangan bakteri, sebaiknya segera bawa ke dokter hewan.

  • Kulit melepuh. keadaan ini bisa terjadi bila iguana terus menerus terpapar lingkungan yang lembab serta kotor, hal ini mungkin dapat memicu lepuhan pada kulit.
  • Gangren pada jari kaki dan kuku. Hal ini biasanya terhadi karena rendahnya kebersihan kandang hingga menyebabkan gangren pada jari kaki dan kuku. Daerah yang terkena infeksi dapat menjadi abu-abu gelap atau hitam serta mulai pecah-pecah.
  • Radang mulut. Radang mulut terjadi karena infeksi yang menyerang mulut iguana. Penyakit ini umumnya ditandai dengan peradangan dan nanah di mulut.

 

7. Kegagalan Organ

Kegagalan organ umumnya terjadi disebabkan usia tua atau sebagai akibat dari infeksi bakteri. Gejala yang muncul meliputi hilangnya nafsu makan, kembung, penurunan berat badan, lesu, dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

 

8. Telur Lengket

Penyakit telur lengket terjadi pada iguana betina. Ketika iguana bertelur, iguana mengalami kesulitan mengeluarkan telur hingga memerlukan bantuan dari pemiliknya.

 

9. Infeksi Virus

Infeksi virus bisa disebabkan banyak hal, namun untuk kepastiannya di butuhkan hasil laboraturium. Jadi belum dapat dipastikan virus dan cara mengobati penyakit iguana yang disebabkan oleh virus. Namun infeksi virus berpotensi menyebabkan dampak buruk pada iguana.

 

10. Batu Kandung Kemih

Penyakit batu kandung kemih menyebabkan perut iguana menjadi besar hingga menimbulkan rasa tidak nyaman dan rasa sakit pada iguana. Biasanya diperlukan tindakan pembenahan untuk mengeluarkan batu kandung kemih, sebagian orang mengatakan batu kandung kemih di sebabkan kurangnya iguana minum.

 

Bila iguana kesayangan kita mengalami gejala atau penyakit yang menyerang iguana seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya kita hati hati dan segera hubungi dokter hewan langganan kita. Enjoy dengan iguana kita.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel