Iguana Hijau

iguana

User Rating: / 1
PoorBest 
Iguana Hijau - 5.0 out of 5 based on 1 vote

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

 

Iguana Hijau

Juville Green Iguana

Iguana Hijau / green iguana adalah salah satu dari dua jenis iguana. Satunya lagi adalah Iguana Antiless Kecil. Iguana hijau banyak di temukan di negara - negara seperti Meksiko , Brasil bagian selatan , Paraguay hingga Kepuluan Karibia. Habitat iguana di daerah hutan hujan dan daerah lembab atau basah yang dekat dengan sungai, danau, dan sumber air lain di mana sayur sayuran dan tumbuhan kecil dapat tumbuh dengan baik yang tingginya 100 meteran dari permukaan tanah. Iguana juga terkadang dapat di jumpai di daerah gurun dekat oase walau tidak sebaik di daerah hutan.

 

Iguana biasa membuat lubang untuk sarangnya dan juga untuk menyimpan telur. Iguana yang baru saja bertelur biasanya akan menggali beberapa lubang lain yang berguna untuk mengelabui pemangsa yang ingin memakan telurnya. Bermodalkan jari dan kuku   yang panjang, Iguana biasa hidup di dahan - dahan pohon yang tinggi dan juga di tebing berbatuan yang curam.

Iguana hijau juga dikenal sebagai binatang penyendiri yang menyukai kehidupan tenang. Iguana jarang sekali berinteraksi dengan binatang lain. Iguana hijau hanya berkelompok saat sedang berjemur di panas matahari. Iguana hijau terkadang juga harus menghadapi pemangsa seperti ular dan linnya, ada beberapa cara yang biasa digunakan iguana guna menghadapi pemangsa seperti menggertak balik dengan mengembangkan jumbai-jumbai di lehernya, menggigit balik pemangsa dan mencambukkan ekornya. Selain itu iguana bisa melarikan diri secepatnya dari pemangsa , bila dekat dengan air maka iguana hijau dapat melompat ke air dan berenang menjauh dari pemangsanya.

Iguana jantan dan iguana betina dapat di bedakan dari jumbai jumbai yang ada di lehernya yang disebut sebagai selubung subtimpani. Bila iguana hijau jantan memiliki jumbai jumbai yang besar, maka iguana hijau betina tidak memilikinya

Iguana hijau mulai di kenal dan di pelihara sebagai hewan kesayangan di Indonesia sekitar tahun 1995 dan sempat menjadi booming hingga tahun 2000an. Saat ini banyak bermunculan komunitas iguana dan komunitas reptil lainnya karena  iguana menjadi salah satu alternatif pecinta reptil herbivora.

 


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel