Home Iguana Cara Membuat Kandang Iguana

Cara Membuat Kandang Iguana

User Rating: / 5
PoorBest 
Cara Membuat Kandang Iguana - 5.0 out of 5 based on 5 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

iguana
Written by Pencinta Hewan   

Cara Membuat Kandang Iguana

Iguana

 

Cara Membuat Kandang Iguana. Saat kita membeli iguana biasanya ukurannya masih berukuran kecil. Tapi sejalan dengan waktu, iguana dapat tumbuh menjadi besar hingga ukuran kandang juga mesti di perbesar atau membuat baru lagi. Ukuran kandang yang baik mesti cukup besar agar bisa memberikan ruangan yang cukup bagi iguana supaya bisa bergerak dengan bebas.

 

 

Ada yang percaya bahwa pertumbuhan iguana dapat dibatasi dengan ukuran kandang. Tentu saja anggapan ini tidak benar. Iguana tumbuh dengan cepat pada kuartal pertama kemudian secara bertahap melambat. Jadi walaupun ketika membeli iguana ukurannya masih kecil, kita harus pastikan untuk menyediakan kandang yang berukuran besar sebab sesudah beberapa bulan ukurannya akan bertambah.

 

Kelembaban serta suhu kandang iguana mesti dipertimbangkan. Iguana adalah hewan berdarah dingin hingga mesti dipastikan kandang iguana bersuhu cukup hangat tapi tidak terlalu panas. Iguana umumnya hidup di iklim tropis, jadi suhu semestinya tidak menjadi masalah untuk iklim Indonesia. Jika suhu ruangan terlalu dingin, lampu bisa ditambahkan dalam kandang agar suhu lebih hangat.

 

Disamping suhu, kelembaban udara juga mesti dijaga. Kelembaban udara yang sesuai untuk iguana berkisar antara 65 sampai 70 persen. Bila kelembaban udara terlalu rendah, air bisa disemprotkan sesekali pada kandang. Kelembaban kelembaban ini juga bisa dikontrol dengan meletakkan mangkuk berisi air di dalam kandang.

 

Iguana juga membutuhkan cahaya matahari untuk membantu proses pencernaan. Sinar UV-B dan UV-A dibutuhkan untuk kelangsungan hidup mereka. UV-B membantu dalam proses produksi vitamin D3 yang merupakan komponen penting yang di butuhkan untuk proses pencernaan. Cara yang paling mudah dan murah untuk menyediakan sinar UV adalah dengan membiarkan sinar matahari masuk ke dalam kandang. Untuk menyiasati hal ini, kandang iguana bisa kita letakkan di dekat jendela.

Cara Membuat Kandang Iguana

Dalam membangun kandang yang baik bagi iguana, ada tips untuk membangun cara membuat kandang iguana yang baik dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh reptil iguana.

 

1. Kandang cukup luas dan besar, bisa dibuat menyerupai ruangan besar. Cabang buatan dan tanaman bisa ditambahkan agar kandang memiliki nuansa lingkungan sesuai habitatnya.

2. Sirkulasi udara adalah faktor penting yang mesti dipertimbangkan. Sebuah kandang nyaman bisa memenuhi kebutuhan iguana. Untuk mengatur agar biaya yang digunakan tetap rendah, kita bisa menggunakan kipas kecil. Sirkulasi ini juga bisa membantu penyebaran jamur yang mungkin terjadi, kipas bisa di pakai bila kelembaban melebihi dari yang dibutuhkan. Kelembaban dan suhu kandang bisa dibangkitkan dengan sirkulasi, matikan kipas dan semprotkan air bila kelembabab udara terlalu rendah.

3. Kita bisa melentakan sebuah bantal yang bisa digunakan iguana saat malam dan dingin. Sebuah lampu 75 watt bisa di gunakan untuk membuat suhu hangat

4. Saat iguana pertama kali di masukan dalam kandang baru, berilah waktu supaya iguana bisa adaptasi dengan kandang tersebut. Jangan terlalu sering memegang dan mengeluarkan iguana supaya tidak stres, awasi dari kejauhan saja selama beberapa hari agar iguana terbiasa dengan kandang barunya.

5. Pastikan sambungan dan peralatan listrik aman dan tidak bisa di akses oleh iguana, iguana bisa memanjat dan dapat memegang apa saja termasuk peralatan dan sambungan listrik yang dipakai.

6. Jaga kandang jauh dari hama pengganggu dan pemangsa.

 

Di karena pada dasarnya iguana merupakan hewan liar, penting untuk membuat kandang iguana semirip mungkin habitat aslinya. Di habitanya, iguana suka memanjat pohon. Jadi jangan lupa meletakkan ranting atau kayu agar iguana bisa t bertengger.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel
 
Joomla templates by a4joomla