Hamster

Written by Pencinta Hewan

Hamster - 5.0 out of 5 based on 1 vote

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

 

Hamster

Hamster Roborovski

Hamster merupakan hewan jenis hewan pengerat, terdapat beberapa jenis hamster di dunia serta di setiap negara hampir selalu ada. Bentuk hamster yang kecil dan imut membuat hamster gampang untuk dibawah kemanapun karena tidak membutuhkan kandang yang besar untuk memeliharanya. Hamster dimasukan dalam subfamili cricetinae. Subfamili ini terbagi kedalam sekitar 18 spesies, yang diklasifikasikan kedalam enam atau tujuh genus.

Read more...

 

Cara Memelihara Kucing Anggora - Angora

Written by Pencinta Hewan

Cara Memelihara Kucing Anggora - Angora - 5.0 out of 5 based on 34 votes

 

Cara Memelihara Kucing Anggora - Angora

Kucing Angora

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan populer. Kucing dengan garis keturunannya yang tercatat secara resmi sebagai kucing trah atau galur murni (pure breed), seperti persia, siam, manx, sphinx. Kucing seperti ini biasanya dibiakkan di tempat pemeliharaan hewan resmi. Jumlah kucing trah hanyalah 1% dari seluruh kucing di dunia, sisanya merupakan kucing dengan keturunan campuran seperti kucing liar dan kucing kampung.

Jenis kucing ras di seluruh dunia sangat banyak. Setiap ras mempunyai ciri khas tersendiri, tapi karena sering terjadinya kawin silang antar ras, banyak kucing yang hanya dikelompokkan dalam jenis bulu panjang dan bulu pendek, tergantung jenis rambut penutup tubuhnya. Salah satu yang paling populer adalah Kucing Anggora - Angora

Kucing Anggora  sangat populer sekali saat ini terutama bagi wanita yang sangat mencintai kucing yang lucu ini. Bagi para pecinta kucing anggora ada beberapa tips mudah bagi anda dalam memilih serta merawat kucing Anggora.

Cara Memilih dan Merawat Kucing Anggora:

 

1. Siapkan terlebih dahulu kandang serta perlengkapan yang layak agar Kucing Anggora dapat hidup sehat, nyaman dan aman.

2. Disarankan membeli Kucing Anggora di pusat penjualan kucing anggora resmi sebab kucing angora resmi bersertifikat.

3. Dengan membeli kucing anggora bersertifikat dari tempat penjual kucing anggora maka anda dipastikan akan memperoleh kucing anggora dengan silsilah yang baik dan bisa dipercaya.

4. Pastikan bahwa kucing angora yang akan anda beli sehat dan bebas dari berbagai macam penyakit.

5. Kucing anggora sehat jika dipegang ekornya, meskipun saat tidur akan langsung bangun dan waspada. Ini disebabkan, walau kucing angora menghabiskan 2/3 waktunya untuk tidur, tapi kucing merupakan  hewan yang selalu waspada.

6. Kucing anggora yang sehat berbulu lebat, bila memiliki bulu jarang, apalagi memiliki borok di beberapa bagian kulitnya, maka itu menunjukkan bahwa kucing tersebut menderita sakit kulit.

7. Kucing sehat tak memiliki kutu. Kucing yang memiliki kutu menunjukkan bahwa kemungkinan besar menderita penyakit cacingan.

8. Kotoran kucing yang sehat padat. Tetapi kucing yang sakit, kotorannya encer atau cair.

 

Nenek moyang kucing rumahan termasuk kucing anggora tidak terlalu dekat dengan pemiliknya, ini beda dengan hewan peliharaan lain. Mungkin inilah yang menyebabkan tidak adanya ikatan yang kuat yang di miliki kucing pada pemiliknya. Akibatnya, kebanyakan pemilik kucing menganggap kucing merupakan hewan yang tidak terlalu peduli. Tapi, kucing bisa sangat dekat pada pemiliknya, terutama jika kucing dibesarkan sejak kecil serta sering mendapatkan perhatian.

Semoga Cara Merawat Kucing Anggora ini dapat membantu anda dalam memelihara kucing anggora di rumah.

   

Tips memelihara tokek yang baik sebagai hewan kesayangan

Written by Pencinta Hewan

Tips memelihara tokek yang baik sebagai hewan kesayangan - 5.0 out of 5 based on 9 votes

Tips memelihara tokek yang baik sebagai hewan kesayangan




1. Kandang Tokek

Media untuk kandang tokek yang baik sebenarnya adalah terbuat dari kayu, namun karena tokek ini di pelihara sebagai hewan kesayangan yang tentunya akan sering anda lihat, maka anda dapat memanfaatkan aquarium dengan ukuran sekitar 20 - 30 gallon. Tokek tidak memiliki "toe pad" guna memanjat kaca dan juga tidak dapat meloncat. Tutup bagian atas aquarium menggunakan kawat jala berukutan kecil dan papan. Buatlah shelter atau tempat tokek istirahat di dalam kandang, hal ini karena tokek merupakan hewan nokturnal dan menyukai tempat tersembunyi baik itu di balik batu, pohon atau lubang. Anda dapat membuatnya dari kardus, triplek atau papan yang dibuat kotak persegi memanjang dengan kedua ujung terbuka.

2. Penempatan Tokek Dalam Kandang


Untuk tokek jantan sebaiknya di pelihara sendiri saja dalam kandang, hal ini karena sipat tokek yang kanibal. Sedangkan untuk tokek betina dapat di isi bersama asalkan ukuran tokek relatif sama besar. Satu ekor jantan juga dapat di kandangkan dengan beberapa betina. Perhatikan selalu ukuran tokek yang di kandangkan bersama dalam satu kandang, bila ada yang pertumbuhannya terlambat maka harus segera di pisahkanagar pertumbuhan badan dapat merata dan tidak terjadi kompetisi makanan yang tidak seimbang. Bagi tokek betina yang masih kecil jangan di biarkan berproduksi dulu karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan tokek tersebut.

3. Media Alas Kandang atau Substrat


Untuk tokek dewasa atau mempunyai ukuran sekitar 5 - 6 inci dapat menggunakan pasir sebagai media alas kandang yang baik, pasir yang di pakai adalah pasir yang bersih, kering dan memiliki ukurang yang halus (0,5mm). Bagi tokek yang masih berukuran kecil sebaiknya di hindari pemakaian pasir sebagai media alas kandang karena takut tertelan dan dapat membahayakan tokek. Gunakanlah handuk atau kertas koran sebagai media alas kandang bagi tokek ukuran kecil, kekurangannya anda harus lebih sering membersihkan kandang dan mengganti media alas kandang.

4. Suhu Kandang

Suhu kandang yang ideal adalah kurang dari 90 derajat farenheit, anda dapat memantau suhu kandang tokek menggunakan termometer. Jangan memasang lampu di dalam kandang, kandang yang baik adalah dalam kondisi gelap karena tokek adalah hewan yang menyukai kegelapan. Mata tokek yang terkena sinar bisa menyebabkan tokek stress dan akhirnya mati, anda dapat menutup kandang dengan kain hitam untuk mengurangi kebisingan dan masuknya cahaya dalam kandang. Hindari meletakan batu dalam kandang sebab batu bisa menyebabkan panas yang berlebihan dalam kandang.

5. Tempat Minuman

Kandang tokek mesti disediakan tempat minum yang di bersihkan dan di ganti airnya setiap 2-3 kali seminggu, meskipun tokek berasal dari lingkungan yang kering tapi tetap membutuhkan minum.

6. Makanan

Makanan yang di sukai oleh  tokek adalah jangkrik, ulat, cacing dan anak tikus yang masih berumur beberapa hari.

7. Pergantian Kulit

Tokek di golongkan hewan reptil, dan seperti hewan reptil lainnya maka tokek juga mempunyai siklus pergantian kulit. Frekuensi pergantian kulit pada tokek tergantung pada umur serta pertumbuhan tokek. Pada tokek ukuran kecil lebih sering berganti kulit di banding dengan tokek dewasa. Pergantian kulit ditandai dengan warna kulit yang semakin pudar serta keputih-putihan. Hal yang mesti diperhatikan saat terjadi pergantian kulit yaitu kelembaban kandang dan kulit harus lepas dari badan tokek hingga sempurna. Kelembapan kandang harus lebih tinggi saat terjadi pergantian kulit. Pada saat pergantian kulit dapat menggunakan media kotak stereoform.

Sumber Refferensi

Di sadur dari tokektokek dan beberapa artikel lainnya

   

Page 61 of 61

<< Start < Prev 61 Next > End >>