Hamster Roborovski

Hamster

User Rating: / 3
PoorBest 
Hamster Roborovski - 5.0 out of 5 based on 3 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Hamster Roborovski


Hamster Roborovski (Phodopus roborovskii, sebelumnya, Cricetulus bedfordiae) atau dikenal juga dengan nama Hamster Padang Pasir (desert hamsters atau Robos atau Robs) merupakan Hamster yang paling kecil dari semua hamster kerdil, rata-rata di bawah 2 cm (1 inci) saat lahir, dan antara 4.5-5 cm (2 inci) dan 20-25 g (1 oz) selama masa dewasa. Hamster Roborovskis juga merupakan spesies hamster yang tercepat dari semua hamster dan paling banyak dipelihara sebagai binatang peliharaan.
Hamster Roborovski

Habitat Hamster Roborovski

Roborovski hamster banyak ditemukan di daerah gurun gobi, cekungan danau Zaysan di Kazakhstan dan daerah Tuva , Mongolia dan Xinjiang di Cina . Hamster Roborovski hidup pada ketinggian sekitar 1.2 meter -1.5 meter dan walaupun penelitian sudah dilakukan namun tidak ada catatan fosil ada untuk spesies ini. Kemampuannya melakukan efisiensi penggunaan air membuat mereka sangat cocok untuk padang gurun dan daerah yang mereka huni.

 



Hamster Roborovski biasa menggali dan hidup di liang dengan terowongan curam hingga sedalam enam meter di bawah tanah . Di habitatnya, Hamster Roborovski sering terlihat kusam, dan paling aktif saat fajar dan senja. Hamster Roborovski dapat bertahan hidup sekitar 2 hingga 3 tahun, jika dirawat dengan baik bisa mencapai 4,5 tahun. Hamster ini termasuk jarang menggigit dan cenderung takut pada manusia dibandingkan yang lain. Hamster Roborovski memiliki kumis yang sangat banyak dan sangat romantis serta sayang satu sama lain. Bila hamster roborovski tinggal bersama-sama pada usia dini, mereka akan tidur bersama-sama, makan serta bermain bersama-sama. Memiliki bentuk tubuh seperti peluru dan kaki belakang yang sangat panjang untuk berjalan cepat. Sebaiknya berhati-hatilah saat kita memegangnya, sebab hamster ini bisa berlari dengan cepat dan mudah  ketakutan.

 

Makanan Hamster Roborovski


Hamster Roborovski termasuk binatang omnivora, biasanya mereka makan biji-bijian, sayuran, buah, dan tanaman, walaupun terkadang mereka ditemukan a memakan daging dan serangga dalam jumlah kecil. Roborovski hamster akan berada dibawah tanah selama musim dingin dan bertahan di musim itu dengan menimbun makanan di cuaca yang lebih hangat dan menyimpannya dalam ruang makanan khusus dalam sistem lubang mereka.


Sejarah kontak manusia

Seorang expedisioner Rusia yang bernama Letnan Vsevolod Roborovski menemukan mereka dalam sebuah ekspedisi pada bulan Juli 1894, walaupun mereka tidak dipelajari secara ilmiah hingga Konstantin A. Satunin melakukan observasi pada tahun 1903. Nama Hamster Roborovski diambil dari penemunya.

Hamster Roborovski Sebagai binatang Peliharaan

Hamster Roborovski merupakan salah satu jenis hamster yang paling digemari karena ukurannya yang paling kecil, selain itu mukanya juga paling berbeda jika dibandingkan dengan hamster jenis lain, lincah serta suka sekali bermain dan atraktif. Meskipun begitu, Hamster jenis ini tidak disarankan untuk pemula apalagi anak kecil. Tubuhnya yang kecil menjadikannya sulit di pegang dan sering melompat, sifatnya juga terlalu penakut.

Anatomi Hamster Roborovski

  • Ukuran tubuh antara 4 – 5 cm bila sudah dewasa, sekitar 2 cm saat dilahirkan.
  • Berat tubuh sekitar 20-25 g (1 oz) untuk hamster dewasa.
  • Daya tahan hidup sekitar 2-3 tahun, bila dirawat dengan baik bisa mencapai 4,5 tahun.
  • Masa kehamilan sekitar 22 - 30 hari, dapat melahirkan hingga 4 ekor anak sekaligus.


Variasi Hamster Roborovski

Hamster Roborovski memiliki 2 variasi warna, yaitu Roborovski Normal(Dominan) dan Roborovski White Face.   Roborovski Normal(Dominan) warnanya coklat dengan sedikit warna hitam, bermata hitam dan telinga berwarna coklat krim. Sedangkan Roborovski White Face warna badannya ada yang coklat dan putih. Warna wajah putih, mata hitam serta telinga berwarna coklat krim.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel