Butterflyfish atau ikan kupu kupu

Butterflyfish

User Rating: / 5
PoorBest 
Butterflyfish atau ikan kupu kupu - 5.0 out of 5 based on 5 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Butterflyfish atau ikan kupu kupu

Butterflyfish

Butterflyfish atau ikan kupu kupu adalah kelompok ikan laut tropis mencolok dari keluarga Chaetodontidae, sedangkan bannerfish dan coralfish juga termasuk dalam kelompok ini. Kebanyakan ditemukan di terumbu dari Atlantik, Hindia dan Samudra Pasifik, ada sekitar 120 spesies dalam 10 genera. Sejumlah pasangan spesies terjadi di Hindia dan Samudra Pasifik, anggota genus Chaetodon.


Butterflyfish atau ikan kupu kupu terlihat seperti versi kecil dari angelfish (Pomacanthidae), tapi tidak seperti angelfish, tidak ada duri preoperkulum di insang. Beberapa anggota genus Heniochus menyerupai idola Moor (Zanclus cornutus) dari Zanclidae monotypic. Di antara Perciformes paraphyletic, mantan mungkin tidak terlalu jauh dengan butterflyfish, sedangkan Zanclidae tampak jauh lebih dekat.

Butterflyfish atau ikan kupu kupu sebagian besar berkisar antara 12 cm sampai 22 cm (4,7-8,7 in). Spesies terbesar, butterflyfish berlapis dan butterflyfish pelana, C. ephippium, tumbuh sampai 30 cm (12 in). Referensi nama umum mayat berwarna cerah dan mencolok berpola dari banyak spesies, bantalan warna hitam, putih, biru, merah, oranye dan kuning. Spesies lain yang membosankan dalam warna. Banyak eyespots pada panggul dan pita gelap di mata mereka, tidak berbeda dengan pola yang terlihat pada sayap kupu-kupu. Yang mendalam mereka, tubuh lateral sempit mudah melihat melalui profesi kehidupan terumbu karang. Pewarnaan mencolok kupu mungkin dimaksudkan untuk antarspesies komunikasi. Butterflyfish memiliki sirip punggung terganggu dengan sirip ekor yang dapat bulat atau dipotong, tetapi tidak pernah bercabang.

Umumnya diurnal dan sering mengunjungi perairan kurang dari 18 m (59 ft) (meskipun beberapa spesies turun hingga ke 180 meter (590 ft)), Butterflyfish atau ikan kupu kupu menempel rentang rumah tertentu. Para corallivores terutama teritorial, pasang dikawinkan membentuk dan klaim mengintai ke kepala karang tertentu. Contrastingly, pengumpan zooplankton membentuk kelompok sejenis besar. Pada malam hari, Butterflyfish atau ikan kupu kupu bersembunyi di celah-celah karang dan menunjukkan warna yang sangat berbeda.

Warna Butterflyfish atau ikan kupu kupu juga membuat mereka menjadi ikan akuarium yang populer. Namun, sebagian besar spesies memakan polip karang dan anemon laut. Menyeimbangkan populasi relatif mangsa dan predator yang kompleks, menyebabkan aquarists hobi untuk fokus pada beberapa generalis dan spesialis pengumpan zooplankton.

Butterflyfish atau ikan kupu kupu adalah petelur pelagis, yaitu mereka melepaskan telur apung banyak ke dalam air, yang menjadi bagian dari plankton, mengambang dengan arus sampai menetas. Untuk masuk goreng melalui tahap tholichthys, dimana tubuh ikan postlarval ditutupi dalam jumlah besar, lempeng tulang membentang dari kepala. Mereka kehilangan lempeng tulang pada saat jatuh tempo. Hanya satu keluarga ikan lainnya, para scats (Scatophagidae) mengungkapkan seperti tahap lapis baja.
ikan kupu kupu

 

Taksonomi, sistematika dan evolusi Butterflyfish atau ikan kupu kupu

The Chaetodontidae dapat, tetapi biasanya tidak, dibagi menjadi dua garis keturunan yang bisa dibilang adalah subfamilies. The Chaetodontinae Nama subfamili adalah sisa sedikit digunakan dari periode ketika Pomacanthidae dan Chaetodontidae bersatu di bawah nama terakhir sebagai satu keluarga. Oleh karena itu, Chaetodontinae saat ini dianggap sebagai sinonim junior dari Chaetodontidae. Dalam hal apapun, salah satu keturunan dari Chaetodontidae (dalam pengertian modern) berisi "khas" kupu sekitar Chaetodon, sementara yang lain menyatukan bannerfish dan genera coralfish. Sebagai Perciformes sangat paraphyletic, hubungan yang tepat dari Chaetodontidae secara keseluruhan yang buruk diselesaikan.

Sebelum sekuensing DNA, taksonomi itu membingungkan apakah untuk mengobati sebagai spesies atau subspesies. Juga, subgenera banyak telah diusulkan untuk keluar pemecahan Chaetodon, dan hal ini menjadi jelas bagaimana membagi genus jika yang diinginkan.

Butterflyfish atau ikan kupu kupu

Catatan fosil kelompok marjinal ini. Pembatasan Butterflyfish atau ikan kupu kupu untuk terumbu karang berarti bangkai mereka bertanggung jawab untuk dibubarkan oleh pemulung, ditumbuhi oleh karang, dan setiap yang melakukan fosil tidak akan bertahan lama erosi. Namun, Pygaeus, sebuah fosil yang sangat basal dari pertengahan akhir Eosen dari Eropa, tanggal kira-kira dari tahun 40-37000000 Bartonian lalu (mya). Dengan demikian, Chaetodontidae muncul mungkin di awal hingga pertengahan-Eosen. Sebuah jam molekuler mentah di kombinasi dengan bukti yang diberikan oleh Pygaeus memungkinkan penempatan pemisahan awal antara dua garis keturunan utama ke tengah untuk Eosen akhir, dan bersama-sama dengan fosil lainnya, memungkinkan pengurangan yang paling genera hidup yang mungkin berbeda dengan akhir Paleogen 23 mya.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel