Perbedaan Butterfly Fish Ikan Kupu-kupu dengan Angelfish

Butterflyfish

User Rating: / 2
PoorBest 
Perbedaan Butterfly Fish Ikan Kupu-kupu dengan Angelfish - 5.0 out of 5 based on 2 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Butterfly Fish Ikan Kupu-kupu

ikan kepe kepe
Butterfly Fish Ikan Kupu-kupu merupakan ikan warna-warni dengan beragam corak yang indah. Di Indonesia, ikan kupu-kupu sering dikenal dengan nama ikan kepe kepe. Ikan kupu kupu termasuk dalam family Chaetodontidae, Butterflyfish hampir mirip dengan miniatur angelfish. Perbedaannya terdapat pada sebuah tulang yang berbentuk bumerang yang pada bagian ujung-ujungnya membentuk margin posterior serta lebih rendah dari ingsang yang membentuk seperti duri yang tidak dimiliki oleh ikan kupu kupu. Perbedaan lain adalah bentuk tubuh yang membulat seperti kupu-kupu pada ikan Butterfly Fish ini dan lebih kecil dari angelfish.

Butterfly Fish Ikan Kupu-kupu

 

Ikan kupu kupu Butterfly Fish

Ikan kupu kupu Butterfly Fish biasanya pergi secara berpasangan atau sendiri. Penglihatannya cukup tajam, biasanya digunakan untuk mencari invertebrata laut, polip terbuka hingga cacing-cacing kecil. Spesies ikan kepe kepe ini banyak mendiami terumbu karang dan mencari plankton yang melayang atau bersembunyi di sekitar teumbu karang tersebut.

Ikan Kepe kepe

Ikan kupu dengan corak warna-warni ini biasanya dapat ditemukan pada perairan kurang dari 18 meter, Walau begitu beberapa spesiesnya bisa turun hingga kedalaman 180 meter. Spesies Ikan kupu kupu Butterfly Fish cukup banyak, untuk membedakannya cukup membingungkan. Walaupun terdapat perbedaan yang cukup menonjol pada beberapa genus, namun kita mesti ekstra teliti dalam memperhatikan corak corak dan warna pada tubuhnya.

Contoh perbedaan antar spesies family Chaetodontidae yang sangat mengecoh bila kita tidak memperhatikan coraknya dengan teliti, perbedaannya amatlah tipis. Sepintas spesies ini terlihat sama bila kita tidak seksama memperhatikannya. Sedangkan di Indonesia sendiri terdapat sekitar 45 spesies ikan dari family Chaetodontidae, sedangkan di Asia Tenggara terdapat sekitar 60 spesies. Seperti namanya ikan kupu-kupu yang sama sulitnya dengan identifikasi kupu-kupu sungguhan, hanya saja yang satu ini bedanya adalah Phylum Chordata bukan Arthropoda.

Beberapa genus dari famili Chaetodontidae yang mempunyai bentuk tubuh yang berbeda

Butterflyfish f longiristris
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Perciformes
Family: Chaetodontidae
Genus: Forcipiger
Species: F. longirostris

 

ikan kupu kupu caetodon vagabundus
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Perciformes
Family: Chaetodontidae
Genus: Chaetodon
Species: C. vagabundus

 

ikan kepe kepe heniocus acuminatus
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Perciformes
Family: Chaetodontidae
Genus: Heniochus
Species: H. diphreutes


Ukuran tubuh Butterfly Fish hanya berkisar sebesar telapak tangan orang dewasa, bentuk tubuhnya lebar dan pipih. Terdapat berbagaimacam corak yang menghiasi tubuh ikan kupu kupu ini dengan warna yang indah dan mencolok. Ikan kupu kupu sangat di gemari oleh para hobis ikan laut untuk di pelihara dalam akuarium air laut mereka.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel