Perkembangbiakan dan Konservasi Burung Dalmatian Pelican

Burung

User Rating: / 3
PoorBest 
Perkembangbiakan dan Konservasi Burung Dalmatian Pelican - 5.0 out of 5 based on 3 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Perkembangbiakan dan Konservasi Burung Dalmatian Pelican

Sarang Pelikan Dalmatian,Perkembangbiakan dan Konservasi Burung Dalmatian Pelican,Konservasi Burung Dalmatian Pelican,Perkembangbiakan burung Dalmatian Pelican,Burung Dalmatian Pelican,Konservasi Afrika-Eurasia Bermigrasi Waterbirds

Burung Dalmatian Pelican (Pelecanus crispus) merupakan anggota dari keluarga besar pelican. Di antara keluarga yang umumnya sangat sosial, Burung Dalmatian Pelican mungkin memiliki kecenderungan sosial paling sedikit. Burung Dalmatian Pelican secara alami bersarang dalam kelompok relatif kecil dibandingkan dengan sebagian besar spesies pelican lainnya dan kadang-kadang bahkan mungkin hanya sarang saja. Tetapi, koloni kecil biasanya terbentuk, yang secara historis telah menyertakan hingga mencapai 250 pasang. Kadang-kadang, pelikan Dalmatian dapat mencampur dengan koloni Great White Pelican. Tempat bersarang yang dipilih biasanya pulau dekat dengan air (biasanya laguna atau sungai delta) atau dataran padat vegetasi air, seperti reedbeds luas Phragmites dan Typha. Karena ukurannya yang besar, pelikan sering menginjak-injak vegetasi di daerah sekitar sarang mereka di dalam substrat berlumpur dan dengan demikian lokasi sarang yang tidak sesuai dapat menjadi berlumpur setelah sekitar tiga tahun penggunaan.

 

 

Sarang Pelikan Dalmatian adalah tumpukan rumput, alang-alang, tongkat dan bulu, biasanya berukuran sekitar 1 m (3,3 ft) dan dalam 63 cm (25 inci). Sarang biasanya terletak di atau dekat tanah, sering ditempatkan pada vegetasi mengambang padat. Sarang cenderung tipis hingga disemen bersama-sama oleh kotoran. Perkembangbiakan Burung Dalmatian Pelican dimulai pada Maret atau April, sekitar satu bulan sebelum keturunan Great White Pelican. Burung Dalmatian Pelican meletakkan 1 hingga 6 butir telur, normalnya dua telur. Telur mempunyai berat badan antara 120gr sampai 195 gr (4.2 dan 6.9 oz). Inkubasi telur berlangsung selama 30 hingga 34 hari. Para anakan dilahirkan telanjang tapi segera tumbuh bulu bawah putih. Ketika berusia muda 6 hingga 7 minggu, pelikan sering berkumpul di "pods" atau kobakan kecil. Burung Dalmatian Pelican akan menjadi dewasa setelah 85 hari dan menjadi mandiri pada 100 sampai 105 hari. Keberhasilan bersarang bergantung pada kondisi lingkungan setempat, dimana dari 58% hingga 100% dari anakan berhasil selamat hingga dewasa. Tempat bersarang dapat menjamin terhindarnya pemusnahan, walaupun mamalia karnivora yang makan telur dan anak burung dapat mengakses sarang saat tingkat air cukup rendah bagi mereka untuk menyeberang, seperti yang telah direkam pada celeng yang menghancurkan sarang di Bulgaria. Serigala, rubah, serigala, anjing dan lynxes juga predator sarang biasa saat kadar air rendah dan elang ekor putih dapat menyerang pelikan di koloni untuk setidaknya ukuran fledgings. Kematangan seksual diperkirakan diperoleh pada usia 3 atau 4 tahun.

 

Konservasi Burung Dalmatian Pelican

 

Melebihi spesies Great White Pelican, Burung Dalmatian Pelican telah menurun sangat drastis sekali, jutaan Burung Dalmatian Pelican dilaporkan bisa ditemukan di negara Rumania sendiri. Pada abad ke-20, Burung Pelican Dalmatian sudah mengalami penurunan dramatis, dengan alasan yang tidak sepenuhnya dipahami. Kemungkinan terbesar penyebab hilangnya habitat, sehubungan dengan drainase lahan basah dan pembangunan. Koloni secara teratur terganggu oleh aktivitas manusia dan, seperti dalam semua pelikan, sementara orang tua dapat meninggalkan sarang mereka jika terancam, yang pada gilirannya membahayakan anak pelican pada predator. Sesekali, Pelican Dalmatian bisa ditembak oleh nelayan. Hari ini, pembunuhan tersebut umumnya terjadi pada skala kecil tapi lokal eksploitasi berlebihan oleh nelayan merupakan masalah lanjutan. Burung Pelican Dalmatian dibunuh oleh orang-orang lokal di Mongolia, karena penggunaan paruh pelican sebagai kantong. Disebabkan dari perburuan liar Mongolia untuk tengkorak pelican, sampai dengan 50 paruh pelican bisa ditemukan di pasar komersial di sana dan yang dikenal karena kelangkaan spesies bahwa pelican tunggal dianggap sebagai perdagangan yang adil untuk 10 kuda dan 30 domba . Burung Pelican Dalmatian juga terbang dan terbunuh oleh tiang listrik dengan beberapa peraturan. Di Yunani, pelikan sering terganggu oleh perahu listrik, biasanya oleh orang-orang yang membawa turis begitu banyak sehingga pada dasarnya mereka mampu untuk memberi makan pada ikan yang mereka butuhkan. Pada tahun 1994, di Eropa terdapat lebih dari seribu pasang pembibitan, kebanyakan dari mereka di Yunani, tetapi juga di Ukraina, Macedonia, Rumania, Bulgaria dan Albania (Karavasta Lagoon).

Burung Pelican Dalmatian telah dianggap punah di sinces Kroasia tahun 1950-an, meskipun Pelican Dalmatian tunggal diamati di sana pada 2011. Koloni terbesar tunggal tersisa di Danau Mikri di Yunani, dengan sekitar 1.400 pasang dan sekitar 450 pasang tersisa di Delta Danube. Negara dengan populasi peternakan terbesar saat ini, termasuk sekitar 70% dari pasangan atau mungkin lebih dari 3.000 pasang adalah Rusia. Di seluruh dunia, diperkirakan ada 3.000-5.000 pasang peternakan. Karena eksploitasi di semua tahap siklus hidup, spesies ini terancam punah dalam jangkauan Mongolia, dengan total populasi kurang dari 130 individu burung. Ada kemungkinan bahwa hingga 10,000-20,000 pelikan ada di tingkat spesies. Satu laporan sekitar 8.000 Burung Pelican Dalmatian di India ternyata salah diartikan menjadi Pelicans Great White.

 

Burung Pelican Dalmatian adalah salah satu spesies dalam Perjanjian tentang Konservasi Afrika-Eurasia Bermigrasi Waterbirds (AEWA). Usaha konservasi sudah dilakukan atas nama spesies, terutama di Eropa. Meskipun mereka biasanya bersarang di tanah, Burung Pelican Dalmatian juga bersarang pada platform luar di Turki, Yunani, Bulgaria dan Rumania dalam rangka mendorong mereka untuk berkembang biak. Rakit di atas air juga telah diatur untuk spesies dan digunakan digunakan di Yunani dan Bulgaria. Tiang listrik juga sudah ditandai atau dibongkar di daerah berdekatan dengan koloni di negara-negara itu. Selain itu, tingkat manajemen air dan program pendidikan bisa membantu mereka di tingkat lokal. Meskipun upaya diatas telah dilakukan di Asia, ada kehancuran yang jauh lebih tinggi dari perburuan, menembak dan upaya konservasi habitat yang diterapkan mungkin lebih sulit. Pada 2012, saat kondisi musim dingin yang luar biasa dingin menyebabkan Laut Kaspia membeku, ini mengakibatkan kematian dan kelaparan setidaknya 20 Burung Pelican Dalmatian yang menahan musim dingin di sana. Meskipun ada upaya pemerintah daerah untuk mencegahnya, banyak penduduk setempat memberi ikan dan makanan burung, tampaknya ini memungkinkan pelikan besar untuk bertahan musim dingin.

 

Tindakan konservasi Burung Pelican Dalmatian telah menghasilkan peningkatan populasi di Eropa, terutama di koloni terbesar spesies ini, di Danau Mikri Prespa di Yunani, dan juga di negara-negara lain, menyusul pelaksanaan tindakan konservasi. Namun, penurunan populasi yang cepat di sisa jangkauan diduga akan berlanjut dan karena spesies ini terdaftar sebagai Rentan.

 

References
  • Wikipedia.org http://en.wikipedia.org/wiki/Dalmatian_Pelican

  • BirdLife International (2012). "Pelecanus crispus". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2012.1. International Union for Conservation of Nature.

  • Burnie D and Wilson DE (Eds.), Animal: The Definitive Visual Guide to the World's Wildlife. DK Adult (2005), ISBN 0789477645

  • CRC Handbook of Avian Body Masses by John B. Dunning Jr. (Editor). CRC Press (1992), ISBN 978-0-8493-4258-5.

  • Firefly Encyclopedia of Birds by Christopher Perrins. Firefly Books (2003), ISBN 1552977773

  • Ali, S. (1993). The Book of Indian Birds. Bombay: Bombay Natural History Society. ISBN 0-149-563731-3.

  • Harrison, Peter, Seabirds: An Identification Guide. Houghton Mifflin Harcourt (1991), ISBN 978-0-395-60291-1

  • del Hoyo, et al., Handbook of the Birds of the World. Volume 1: Ostrich to Ducks. Lynx Edicons (1992), ISBN 978-84-87334-10-8

  • Dalmatian pelican videos, photos and facts – Pelecanus crispus. ARKive.

  • Dalmatian Pelican (Pelecanus crispus) – BirdLife species factsheet. Birdlife.org (1998-10-03).

  • Dalmatian Pelican (Pelecanus crispus). Avis.indianbiodiversity.org.

  • Great White Pelican – Pelecanus onocrotalus. Avis.indianbiodiversity.org.

  • Dalmatian Pelican – Pelecanus crispus : WAZA : World Association of Zoos and Aquariums. WAZA.

  • Crivelli, A. J. (April 1996). ACTION PLAN FOR THE DALMATIAN PELICAN (Pelecanus crispus) IN EUROPE. europa.eu

  • Dalmatian Pelican (Pelecanus crispus). Planet of Birds (2011-06-08).

  • Nyambayar, B., Bräunlich, A., Tseveenmyadag, N., Shar, S. & Gantogs, S. (2007). "Conservation of the critically endangered east Asian population of Dalmatian Pelican Pelecanus crispus in western Mongolia". BirdingASIA 7: 68–74.

  • Coleman, Loren. (2011-03-24) Croatian Dalmatian Pelican Sighted. Cryptomundo.

  • Trapped Dalmatian pelican hand-fed in frozen Caspian Sea. Bbc.co.uk (2012-02-21).


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel