Menjemur Burung Berkicau

Burung

User Rating: / 3
PoorBest 
Menjemur Burung Berkicau - 5.0 out of 5 based on 3 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Menjemur Burung Berkicau

Menjemur Burung Berkicau

Salah satu hal yang penting bagi mahluk hidup adalah sinar matahari, begitu juga dengan burung. Burung sangat membutuhkan sinar matahari untuk kelangsungan hidupnya, begitu juga bururng berkicau. Oleh karenanya, burung berkicau membutuhkan penjemuran guna memenuhi kebutuhan sinar matahari. Saat ini ada Sekitar 5.400 spesies atau lebih dari setengah jumlah total spesies burung adalah Burung berkicau.

 

 

 

Burung membutuhkan sinar matahari yang berfungsi sebagai berikut :

1. Membunuh jamur dan mikroba di tubuh burung berkicau dan di sangkar burung.

2. Mengubah pro-vitamin D menjadi vitamin D di dalam tubuh burung yang berguna untuk menguatkan tulang, paruh dan bulu burung.

3. Menghangatkan tubuh burung.

 

Waktu yang tepat menjemur burung berkicau

1. Jemurlah burung berkicau mulai sepagi mungkin, bahkan jika dapat jemurlah sebelum fajar. Hal ini juga bertujuan supaya burung berkicau mengalami proses pengembunan yang sangat baik bagi burung berkicau agar mendapatkan kesegaran udara pagi. Tentu saja udara pagi hari lebih bersih dan belum banyak terkena polusi.

2. Jangan menjemur burung berkicau melewati jam 9 pagi, pada jam 9 pagi sinar ultraviolet mulai dipancarkan oleh matahari. Sinar ultra violet dapat membuat bulu burung berkicau rusak, burung pun dapat kepanasan yang berakhir dengan dehidrasi bahkan kematian.

3. Jangan menjemur burung berkicau dalam sangkar di kerondong atau ditutupi kain, terutama untuk didaerah panas. Menjemur burung dengan sangkar di kerondong bisa menyebabkan burung kepanasan. Burung bisa kekurangan oksigen dan mati kepanasan. Menjemur burung dalam sangkar di kerondong juga menghalangi perubahan pro-vitamin D menjadi vitamin D, dan juga tidak dapat membunuh jamur dan mikroba di tubuh burung dan sangkar burung. Dan justru akan menyuburkannya.

4. Untuk anda yang mesti berangkat kerja setiap hari, anda bisa menjemur burung berkicau dengan cara meletakkan sangkar burung berkicau ditempat yang tertutup kanopi atau pepohonan sebelum berangkat kerja. Ini berguna supaya burung berkicau tetap mendapat sinar matahari pagi dan ketika sudah diatas jam 9 pagi kanopi atau pepohonan akan menutupi burung dari sinar matahari. bila ini tidak memungkinkan juga, anda dapat menjemurnya seminggu sekali saat anda sedang libur kerja.

 

Sumber Refferensi
epetani deptan RI
Wikipedia
101 tips memelihara hewan peliharaan. B.H.Wijaya


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel