Makanan Tambahan Murai Batu

Burung

User Rating: / 3
PoorBest 
Makanan Tambahan Murai Batu - 5.0 out of 5 based on 3 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Makanan Tambahan Murai Batu

makanan tambahan untuk murai batu


Makanan tambahan murai batu - Hewan Kesayangan
. Ada saatnya burung murai batu kesayangan kita memerlukan makanan tambahan atau lebih dikenal juga dengan nama Extra Fooding. Makanan tambahan murai batu umumnya di perlukan saat musim kawin, musim kontes dan musim hujan. Berikut ini beberapa makanan tambahan murai batu yang bisa kita berikan.

Buah-buahan

Kebanyakan burung sangat menyukai buah-buahan sebagai makanan utama, atau bisa juga sebagai makanan tambahan burung.  Buah-buahan yang paling disukai burung adalah pepaya, pisang kepok yang sudah matang dan apel. Buah-buahan yang mau dijadikan makanan tambahan murai batu sebaiknya yang matang pohon, jangan yang matang karena sekap. Banyak juga jenis burung yang menyukai buah dari pohon buni, kersen (ceri), beringin, salam, dan palem.


Sayuran

Burung juga sering diberikan sayuran, terutama untuk burung dari suku ayam hias (Phasianidae) seperti ayam, merak, kuau, dan puyuh. Makanan sayuran ini juga disukai oleh bebek, kakatua, dan parkit dan kenari hingga murai batu. Jenis sayuran yang disukai adalah sawi dan selada untuk burung kenari, kecambah (taoge) dan kangkung untuk love bird dan parkit.

Cacing

Cacing tanah adalah salah satu makanan tambahan bagi murai batu yang memiliki gizi protein tinggi. Protein dalam cacing mencapai 72% dari berat badan dan bisa dikategorikan sebagai protein murni. Kebanyakan pemilik murai batu hanya memberikan cacing pada saat saat tertentu saja, namun ada juga yang menjadikannya sebagai makanan harian.

Ulat Bambu (Ulat Bumbung)

Ulat bambu (Erionota thrax) bisa di dapat dari pohon bambu, umumnya dijual dalam kemasan bumbung bambu. Ulat bambu memiliki perbedaan dengan ulat hongkong, dimana ulat bambu memiliki kulit yang lebih tipis dan lunak hingga kandungan kitin di dalamnya juga lebih sedikit. Ulat bambu sangat cocok bagi anak-anak burung  yang sistim pencernaannya masih sangat peka. Banyak pehobies yang menjadikan ulat bambu sebagai pendongkrak stamina supaya burung murai batu mereka lebih siap dalam bertarung di atas gantangan. Umumnya penghobies memberikan ulat bambu sebagai makanan tambahan untuk murai batu hanya saat menjelang lomba berkicau, namun ada juga yang menjadikan ulat bambu sebagai menu harian

 

Ulat Hongkong

Ulat hongkong (Tenebrio mollitor) juga termasuk sebagai makanan tambahan burung murai batu. Seperti ulat bambu, ulat hongkong  juga digunakan sebagai penambah stamina terutama saat burung murai batu akan bertarung dalam lomba berkicau. Sebagian besar penghobies hanya memberikan ulat hongkong sebagai makanan tambahan, walaupun ada  juga yang menjadikan ulat hongkong sebagai menu harian.

Kroto

Kroto merupakan telur dari semut rang-rang (Oecophylla smaragdina) yang sangat digemari oleh burung-burung pemakan serangga. Kroto sangat kaya protein dan vitamin hingga untuk burung murai batu dan burung lainnya. Kroto biasanya diberikan supaya burung murai menjadi lebih sehat hingga menjadi rajin berbunyi, biasanya
kroto diberikan hanya 1 sendok bisa pagi atau sore. Dapat juga diberikan setiap hari atau dua hari sekali, namun juga ada yang pemberian kroto hanya saat menjelang turun lomba saja.

Jangkrik

Jangkrik adalah serangga yang memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dibanding dengan serangga yang lain. Disamping protein, jangkrik juga mengandung beberapa asam amino baik asam amino 3 dan asam amino 6. Dan juga memiliki enzim dan mineral lainnya yang kesemuanya itu dipakai sebagai bahan baku untuk berbagai bidang, Jangkrik juga dianggap dapat meningkatkan performa burung berkicau saat akan lomba, jadi jangkrik mutlak diberikan sebagai makanan tambahan burung murai. Porsi jangkrik dapat kita berikan 2-3 ekor pagi dan sore, tergantung masing-masing burung murai pada intinya bagaimana burung berkicau kita dapat bekerja secara maksimal dengan porsi jangkring yang pas.

Makanan tambahan murai batu bisa di berika secara terus menerus maupun saat lomba saja. Makanan tambahan murai batu berprotein tinggi umumnya bisa digunakan sebagai peningkat stamina saat akan lomba, dan bisa juga menjadi peningkat stamina saat akan dikawinkan. Lihat juga cara merawat murai batu.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel