Kandang Budidaya Burung Parkit

Burung

User Rating: / 3
PoorBest 
Kandang Budidaya Burung Parkit - 5.0 out of 5 based on 3 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Kandang Budidaya Burung Parkit

 Disini kita akan membahas kandang budidaya burung parkit yang nyaman.


Tidak dapat dipungkiri, bagi penggemar burung berkicau parkit merupakan burung dalam urutan kesekian sebagai hewan peliharaan di rumah. Meskipun demikian, penggemar burung parkit masih banyak yang loyal terhadap burung parkit mereka. Disini kita akan membahas kandang budidaya burung parkit yang nyaman.

 

Kandang Budidaya Burung Parkit Berkoloni


Kandang yang dibutuhkan untuk budidaya parkit tidak begitu besar. Jika untuk menangkar sepasang parkit saja, cukup sediakan kandang dengan ukuran  40 x 40 x 60 cm. Tapi bila kita ingin menternakkan burung parkit secara berkoloni, maka kita membutuhkan kandang dengan ukuran yang besar.

Sesuaikan saja besar kandang dengan jumlah pasangan parkit supaya tidak terlalu padat, yang bisa berakibat kurang baik terhadap kesehatan burung.

Keunggulan jika kita budidaya burung parkit secara berkoloni, disamping kita dapat menempatkan beberapa pasang burung sekaligus, kita juga bisa melihat burung-burung parkit yang mempunyai  warna-warni yang beraneka ragam yang sangat indah.

Namun harus kita waspadai jika salah satu dari burung parkit tersebut terkena penyakit, penularannya akan sangat mudah menulari burung yang lain bila tidak segera kita pindahkan. Segera pindahkan bila ada kejanggalan ataupun teridikasi sakit pada burung yang ada pada sangkar besar, segera lakukan pengobatan terhadap burung tersebut di sangkar terpisah.

Kotak sangkar (Glodok)
Di dalam kandang budidaya, kita mesti menyediakan kotak sangkar atau biasa disebut  glodok sebagai tempat burung parkit betina meletakkan dan juga mengerami telurnya. Dalam budidaya burung parkit dengan kandang koloni, kita harus menyediakan glodok sama dengan banyak jumlah pasangan burung yang ada di dalam kandang. Ukuran glodok untuk burung parkit kira-kira 20 cm X 17,5 cm X 24 cm.

Untuk membuat kotak sangkar glodok ini, kita bisa memakai kayu duren dan juga kayu nangka (kombinasi) ataupun kayu randu. Bahan dari kayu-kayu tersebut sangat cocok untuk kotak sangkar glodok bagi burung parkit maupun burung lovebird.

Tempat makan dan minum
Tempat makan dan minum harus kita sesuaikan dengan ukuran dan jumlah burung parkit yang ada didalamnya. Burung parkit akan lebih membutuhkan banyak makanan ketika mereka meloloh anak-anak mereka. Kita juga mesti membersihkan tempat minum supaya selalu bersih dan juga tidak berlumut.

Sebagai tips, kita bisa memakai tempat makan dan minum bagi ayam sebagai tempat makan dan minum burung parkit bila kita terpaksa mesti meninggalkan parkit-parkit kita selama beberapa hari. Dengan demikian burung parkit tetap dapat memperoleh makan dan minum yang tetap banyak selama kita tinggal.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel