Jenis Cacing Yang Bagus Untuk Pakan Burung

Burung

User Rating: / 0
PoorBest 

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Jenis Cacing Yang Bagus Untuk Pakan Burung


Burung berkicau kita tentu harus kita rawat dengan baik, dan juga dijaga nilai gizi dari paka yang kita berikan. Salah satu pakan burung yang sangat baik adalah cacing. Ada beberapa jenis cacing yang bagus untuk pakan burung.


Diantara jenis cacing yang bagus untuk pakan burung adalah cacing tanah, cacing bayam, dan cacing merah.

 

Jenis Cacing Yang Baik Untuk Pakan Burung


Cacing Tanah

Cacing tanah memiliki nama latin Lumbricus Terestris, termasuk jenis cacing yang banyak kita jumpai di tanah-tanah lembab juga tidak terlalu kering. Umumnya banyak kita dapati pada bagian bawah pohon pisang maupun pohon pisang yang sudah ditebang/busuk, Banyak juga berada di timbunan kotoran sapi.

Kita bisa mencari cacing tanah dengan cara menggali tanah dan pohon pisang tersebut memakai sekop ataupun cangkul. Untuk mempermudah pencarian kita dapat memakai sabun yang sudah kita campur dengan air, setelah itu siramkan sabun tersebut ke sarangnya. Tunggulah dalam beberapa menit, maka cacing tadi  akan bermunculan ke permukaan dengan sendirinya.



Cacing tanah dengan nama latinya (Lumbricus Terestris)

Cacing Bayam


Cacing bayam memiliki  nama latin Eisenia Sp, banyak kita jumpai di pekarangan yang banyak tumbuh sayuran bayam, cacing bayam ini tempat tinggalnya di daun daun bayam yang sudah membusuk serta bentuk tubuhnya bisa sangat panjang sekali bisa mencapai 25 cm. Karena itu jika kita berikan cacig bayam bagi burung berkicau kita, harus kita potong potong terlebih dahulu.

Cacing Bayam dengan nama latinya (Eisenia Sp)

Cacing Merah

Cacing merah memiliki nama latin Lumbricus Rubellus. Sarang cacing merah ini bisa kita temukan di sungai dan juga got got yang dangka, namun juga dapat kita temukan di bagian tanah becek dan halus. Jenis cacing merah sering juga disebut cacing rambut karena bentuknya yang kecil dan banyak sekaligus. Cacing merah banyak di jadikan sebagai pakan ikan, bisa diberikan dalam keadaan hidup maupun kering.

Kita mesti benar-benar memperhatikan kebersihan cacing sebelum kita berikan pakan tersebut kepada burung berkicau kita. Jika ada cacing yang panjang, sebaiknya kita potong dulu seukuran ulat honggkong. Untuk menjaga kbersihannya, kita bisa menjemur dahulu cacing tersebut selama beberapa menit setelah sebelumnya terlebih dahulu kita cuci.

Cacing sangat bagus sebagai pakan burung kicauan, disamping mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi, cacing juga memiliki kandungan gizi lainya seperti Arginin sebanyak 10,7% ,Trosin 2,25 % yang mana protein tersebut sangat baik jika kita berikan kepada burung berkicau  seperti jagal papua, cendet, kenari, prenjak,  ciblek, cicilin dll.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel