Cara Merawat Burung Colibri

Burung

User Rating: / 2
PoorBest 
Cara Merawat Burung Colibri - 5.0 out of 5 based on 2 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Merawat Burung Colibri

Cara Merawat Burung Colibri


Burung Colibri (hummingbird) adalah burung yang bisa mengepakkan puluhan kepakan sayap tiap detiknya.  Burung Colibri dapat menghisap sari madu bunga sambil melayang terbang dengan pergerakan yang sangat stabil. Cara merawat burung colibri agak berbeda dengan cara merawat burung hias lainnya seperti burung beo. Hal ini dikarenakan makanan burung kolibri ninja tidak sama dengan burung hias lain yang biasanya makan biji-bijian. Keadaan ini membuat burung colibri ninja menjadi lebih sulit untuk dipelihara.

Jenis burung kolibri ninja adalah salah satu jenis burung kolibri yang mempunyai suara kicauan yang sangat bagus, jenis burung ini banyak dicari oleh para penggemar burung. Keunikan dari burung kolibri ninja adalah dapat  terbang dengan melakukan gerakan mundur. Harga burung ini tidak terlalu mahal, namun juga tidak terlalu murah dimana harga burung kolibri ninja yang gacor kicauannya biasanya dijual dengan harga jutaan rupiah.


Makanan alami burung kolibri ninja adalah nektar yang ada dalam bunga, burung kolibri dapat makan 10 sampai  15 kali atau 4 kali dari berat badannya dalam satu hari. Untuk mengakalinya, kita bisa menyediakan air gula atau madu sebagai makanan burung colibri. Kita juga mesti menyediakan makanan tambahan untuk menunjang nutrisi burung kolibri ninja ini, sumber protein bisa kita sediakan dari kroto.

 

Tips Cara  Memelihara Burung Kolibri ninja

Makanan burung colibri

  1. Air gula harus selalu tersedia dalam sangkar, usahakan untuk selalu di perbaharui.
  2. Perbandingan idealnya pembuatan air gula adalah 1 bagian gula banding dan 4 bagian air (1:4).
  3. Sediakan juga kroto sebagai makanan tambahan di dalam sangkar, agar kebutuhan nutrisinya tercukupi dan burung colibri selalu dalam kondisi sehat.


Sangkar burung colibri

Walaupun burung kolibri ninja mempunyai ukuran tubuh yang sangat kecil, tapi sebaiknya jangan ditempatkan di dalam sangkar yang kecil. Ukuran sangkar burung kolibri yang ideal untuk 1 ekor burung kolibri ninja adalah panjang 30 cm x lebar 30 cm x tinggi 60 cm. Sebagai alternatif lain kita dapat memakai sangkar dengan bentuk bulat yang bisa kita peroleh di toko burung atau petshop.

Cara Merawat Burung Colibri Ninja

Perawatan burung colibri

Cara merawat burung kolibri memang sedikit sulit jika dibanding dengan burung lain. Namun pada intinya hampir sama dengan burung berkicau yang lain. Menjaga kebersihan sangkar atau kurungan dengan membersihkan kotoran setiap hari dan menjaga ketersediaan pakan adalah kuncinya. Juga jangan terlalu lama dalam menjemur burung kolibri ninja, sebab burung kolibri tidak begitu kuat bila terlalu lama pada terik matahari.

Hummingbird colibri birds

Membedakan jenis kelamin burung colibri

Burung kolibri bisa dibedakan jenis kelaminnya dengan melihat warna bulunya,  dimana burung kolibri ninja betina mempunyai warna bulu yang kusam, sedangkan burung kolibri ninja jantan mempunyai warna yang terlihat terang pada daerah leher dan kepala.

Tips memilih burung kolibri ninja
Penting di perhatikan sebelum membeli burung colibri, pilihlah burung kolibri dengan ciri sebagai berikut:

  1. Pilih burung yang sehat, tanda-tandanya bisa dilihat dari gerakan burung yang terlihat lincah
  2. Pilih burung yang memiliki tekstur bulu yang teratur dan terawat
  3. Pilih burung yang memiliki paruh dan postur badan yang besar


Keindahan burung imut nan mungil ini memang banyak menarik para penghobies burung, ditambah lagi dengan kicauannya yang memukau. Selain itu kemampuan terbangnya dalam mengepakan sayap perdetik sangat indah, juga kemampuan terbang mundur yang dimiliki burung colibri ini. Semoga cara merawat burung colibri ini bisa membantun dalam memelihara burung colibri (hummingbird).


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel