Cara Menjinakkan Murai Batu Liar

Burung

User Rating: / 2
PoorBest 
Cara Menjinakkan Murai Batu Liar - 5.0 out of 5 based on 2 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Menjinakkan Murai Batu Liar

Cara Menjinakkan Murai Batu Liar

Memiliki burung murai batu jinak dan gancor merupakan impian setiap penghobies. Pada umumnya, cara menjinakkan murai batu liar hampir sama dengan cara menjinakkan burung liar jenis lain. Tapi masih banyak para penghobies pemula yang kesulitan cara menjinakkan murai batu liar ini.

Burung murai batu termasuk burung yang lincah, indah, dan juga termasuk burung berkicau. Cara menjinakkan murai batu ini sebetulnya tidak terlalu sulit. Berikut ini adalah tips cara menjinakkan burung murai batu yang bisa diikuti oleh para penghobies, bahkan yang masih pemula sekalipun.

 

Cara Menjinakkan Murai Batu Liar

1.Tempatkan Lokasi Kandang di Tempat Tinggi atau Sepi
Burung murai batu yang masih liar biasanya belum bisa beradaptasi dengan lingkungan, mereka akan ketakutan bila kandangnya ditempatkan di tempat ramai atau banyak orang berllu-lalang. Burung murai batu kita bisa mengalami stress, untuk itu letakkan terlabih dahulu kandang murai batu liar tersebut di tempat agak tinggi atau  sepi. Perhatikan murai batu tersebut, jika stressnya mulai hilang, cobalah turunkan sedikit demi sedikit posisi kandang murai tersebut. Hingga akhirnya murai batu tersebut tidak takut lagi akan hadirnya orang-orang disekitarnya.

2. Mandikan Murai Batu Liar
Salah satu cara menjinakkan murai batu liar adalah memandikannya sampai basah kuyup hingga bulunya basah. Murai batu liar kesayangan kita biasanya akan kelabakan dan berloncatan kesana kemari, hingga adakalanya paruhnya berdarah karena mematuki kandang. namun ini adalah normal, biasanya murai batu yang tadinya sudah rajin bunyi saat tidak ada orang akan menjadi tidak mau ngoceh.  Namun jangan kuatir, sebab luka pasti sembuh seperti sedia kala dan ngoceh akan berangsur pulih juga.

3. Beri Makan Setelah di Mandikan
Sesudah burung murai batu kita mandikan hingga basah kuyup, tunggu beberapa saat hingga paniknya agak reda. Setelah itu berilah makan seperti jangkrik, sebab burung yang sudah dimandikan akan merasa lapar. Berikan jangkrik menggunakan lidi, bila belum dimakan, cobalah tarik ulur beberapa kali untuk mengetahui minatnya pada jangkrik yang kita berikan hingga dia mau makan. Bila memang belum mau makan juga, letakkan jangkrik tadi ditempat makan. Lihat makanan tambahan murai batu.

Lakukan hal yang sama pada hari berikutnya, hingga jangkrik tidak takut lagi saat diberi makan. Bila sudah mulai tidak takut, berikan jangkrik langsung dengan tangan kita.  Dari sini murai batu akan mulai terbiasa dengan kita dan akan merasakan ketergantungannya kepada kita, bahkan kita bukan lagi dianggap sebagai pemiliknya, tapi akan dianggap sebagai teman bahkan tuannya.

Burung biasanya dapat jinak secara alami dan dapat juga jinak dengan cara proses penjinakan yang kita lakukan, proses menjinakkan burung yang dilakukan secara alami bisa memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan menjinakan dengan cara kita sendiri. Semoga cara menjinakkan murai batu liar ini bisa membantu para penghobies, terutama penghobies burung berkicau pemula.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel