Cara Menjinakkan Burung Nuri

Burung

User Rating: / 9
PoorBest 
Cara Menjinakkan Burung Nuri - 4.9 out of 5 based on 9 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Menjinakkan Burung Nuri

Burung nuri sudah terkenal dengan keindahannya, bahkan banyak juga yang bisa menirukan suara manusia seperti burung Beo. Tidak heran banyak yang memelihara burung nuri karena kecantikannya, walau sebetulnya burung nuri sudah di masukan burung yang dilindungi oleh undang-undang RI no 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistemnya dengan dimasukkannya sebagai daftar lampiran pada Peraturan pemerintah no 7 tahun 1999 tentang pengawetan jenis tumbuhan dan satwa liar.

cara menjinakkan burung nuri

Jika kita memiliki seekor burung nuri dirumah, tentunya kita ingin sekali bisa dekat dengannya. Sungguh sayang jika kita memelihara burung nuri hanya bisa memandanginya saja dari jauh, karena burung nuri kita sangat liar. Hal ini memang menjadi masalah tersendiri bagi para pemilik burung nuri, terutama yang pernah merasakan patukan burung nuri yang lumayan sakitnya. Untuk itu kami bagikan cara menjinakkan burung nuri, di harapkan dengan cara menjinakkan burung nuri ini nuri kesayangan kita akan jinak dalam waktu 3 minggu.

 

Cara Menjinakkan Burung Nuri

Burung nuri yang jinak tidak akan takut terhadap manusia, bebas dari tekanan sekelilingnya terlebih lagi terhadap manusia. Selain itu Burung nuri yang jinak juga nurut di pegang, bisa di beri makan dari tangan kita atau bahkan bisa nemplok di tangan dan pundak kita. Untuk itu tips cara menjinakkan burung nuri ini patut di coba.

Cara Menjinakkan Burung Nuri

Bentuk Kandang Burung nuri

Kandang burung nuri yang tertutup seperti sangkar kurang efisien untuk menjinakan burung nuri, sebaiknya di pakai kandang terbuka dan mengandalkan rantai sebagai

Posisi Kandang Burung Nuri

Jika burung nuri kita sangat liar, sebaiknya di tempatkan di area yang ramai dan sering di lalui anggota keluarga. Ini untuk membiasakan burung nuri kesayangan kita terhadap kehadiran manusia di sekitarnya. Jangan sebaliknya, burung nuri liar kita di tempatkan di tempar tersembunyi yang justru akan membuatnya ketakutan saat di dekati. Jika burung nuri kita terlihat takut atau gugup, sebaiknya tempatkan di tempat yang agak tinggi, dan setiap minggunya posisi kandang agak di turunkan hingga mencapai posisi normal.

Memandikan Burung Nuri

Cara memandikan burung Nuri biasanya dengan disemprot menggunakan semprotan sampai basah kuyup. Tidak masalah burung nuri kita kelabakan kesana-kemari waktu disemprot. Betul-betul basah kuyup sampai menggigil kedinginan serta tidak kelabakan lagi. Biarkan dahulu di tempat terbuka, hingga bulu burung nuri agak kering. di masukkan segera ke sangkar juga tidak apa-apa jika kita terburu-buru, dan gantung di tempatnya.

Ada beberapa manfaat memandikan burung Nuri sampai basah kuyup, yaitu:

  • Mempercepat rasa lapar. Pada waktu basah kuyup burung Nuri bisa menjadi lapar bukan hanya karena kekurangan nutrisi, melainkan bila kita memanglah sengaja tidak berikan pakan burung dengan teratur atau cukup, yang didalam perihal ini burung benar-benar kekurangan seluruh nutrisi. Jika memandikan burung nuri, maka rasa lapar cuma dikarenakan dia terlampau banyak membakar karbohidrat untuk memanaskan tubuh.
  • Didalam sistem menjinakkan, saat burung basah kuyup kita bisa berikan sebuah pelajaran. Bahwa walau burung Nuri cuma dapat diam, manusia yang berlalu lalang di sekelilingnya tidaklah ancaman.


Memberikan Makanan Burung Nuri
Saat lapar, maka burung nuri akan semakin tergantung pada kita. Memanglah kelemahan burung peliharaan ada pada perutnya, pada waktu memberikan makanan adalah moment yang pas untuk menjinakkan Nuri anda. Untuk menghindari patukan burung kesayangan kita, awalannya kita berikan makanan menggunakan lidi. Makin lama lidi semakin pendek, hingga akhirnya cobalah taruh makanan di tangan kita. Jika dia mulai berani dia mendekat dan memakan dari tangan kita, itu tandanya dia mulai jinak.

Sesudah mulai akrab, cobalah melepaskan burung Nuri namun dengan diberikan rantai yang agak berat supay dia dapat bebas namun tidak bisa terbang. Jika sudah sampai pada tahap ini, semakin seringlah memberi makan lewat tangan kita. Lama kelamaan burung nuri akan mulai naik ke tangan kita, dan biasanya bisa di sebut sudah jinak dan tidak akan terbang.

Menjinakkan burung nuri memang bisa tidak mudah. Adakalanya burung nuri yang awalnya mulai bunyi, lantas tiba-tiba agak macet karena stress. Ada juga bulu burung nuri yang pada awalnya mulus menjadi luka atau rusak. Walau begitu, langkah langkah cara menjinakkan burung nuri di atas bisa kita ikuti dengan baik. biasanya, jika dilakukan dengan baik dalam kurun waktu 1 bulan burung nuri liar kita akan menjadi relatif lebih jinak.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel