Cara Menjinakkan Burung Cucak Ijo

Burung

User Rating: / 1
PoorBest 
Cara Menjinakkan Burung Cucak Ijo - 5.0 out of 5 based on 1 vote

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Menjinakkan Burung Cucak Ijo

Burung cucak ijo adalah alah satu burung berkicau yang mempunyai banyak suara bervariasi. Burung yang mempunyai warna dominan hijau ini juga sangat banyak diperlombakan pada berbagai kontes burung berkicau. Bagi pecinta burung yang masih pemula dan ingin mempunyai burung cucak ijo, yang paling penting adalah bagaimana cara memilih bakalan cucak hijau yang bermental juara.

Cara Menjinakkan Burung Cucak Ijo

Tapi banyak kendala saat kita membeli burung cucak ijo, burung cucak ijo biasanya masih sangat giras hingga terbilang sulit dijinakkan. Makanya tidak heran begitu banyak yang bertanya-tanya tentang bagaimana cara menjinakkan burung cucak ijo. Sedangkan burung cucak ijo jadi tentu harganya sudah selangit.


Kali ini hewankesayangan.com akan memberikan beberapa tips cara menjinakkan burung Cucak Ijo hasil rekomendasi dari berbagai sumber terpercaya.

 

Cara Menjinakkan Burung Cucak Ijo

 

  1. Ketika burung Cucak Ijo masih baru, kita tempatkan dahulu sangkar burung tepat di atas kepala manusia dan juga pilih tempat yang cukup ramai yang ering dilalui oleh orang seperti anggota keluarga kita. Jangan kita gantung sangkar burung cucak ijo di tempat yang tersembunyi, sebab justru ini akan membuat burung cucak hijau kita jadi klabakan dan ketakutan ketika bertemu orang. Lakukan hal ini sekurangnya selama 2 minggu, kemudian pada minggu berikutnya kita gantung sangkarnya setinggi kepala manusia hingga orang tidak perlu lagi mendongak untuk melihatnya.
  2. Ketika kita memandikan burung, usahakan untuk membiarkan burung  cucak ijo tersebut mandi dalam waktu yang lama. Bila cucak ijo kita tidak mau mandi, semprot hingga basah kuyup dan lakukan dengan lembut supaya tidak tersakiti. Biasanya ketika dalam kondisi basah, cucak ijo relatif pendiam, bila sudah seperti itu biarkan dulu bulunya mengering dengan sendirinya. Lakukan hal ini dua kali sehari di pagi dan sore hari.
  3. Cara menjinakkan burung Cucak Ijo ketiga adalah dengan memainkan teknik pemberian pakan. Kosongkan pakan yang berada di dalam sangkar ketika menjelang malam dan jangan diisi kembali sampai pagi hari. Tujuannya supaya burung Cucak Ijo kita merasa lapar saat pagi harinya. Jangan terlalu khawatir, tidak makan dalam beberapa jam tidak akan membunuh burung kita. Keesokan paginya, beri cucak ijo makan memakai lidi. Jika burung menolak, tunda selama 5-10 menit kemudian coba kembali. Namun jika sampai jam 10.00 belum juga mau makan, maka taruhlah jangkrik pada tempat makanandi dalam sangkar dan tinggalkan. Usahakan untuk melakukan ini selama 2 minggu atau hingga burung tidak takut lagi kepada kita.


Itulah cara menjinakkan burung Cucak Ijo yang cukup mudah dan bisa kita ikuti, semoga bermanfaat bagi kita dan saya doakan berhasil.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel