Cara Mengetahui Burung Lovebird yang Sehat

Burung

User Rating: / 4
PoorBest 
Cara Mengetahui Burung Lovebird yang Sehat - 5.0 out of 5 based on 4 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Mengetahui Burung Lovebird yang Sehat

Burung Lovebird
Jika kita tahu Cara Mengetahui Burung Lovebird yang Sehat, ini sangat bermanfaat bagi kita baik itu yang sudah memiliki Burung Lovebird kesayangan maupun yang baru akan mulai  memelihara Lovebird. Bila kita tahu cara mengetahui Burung Lovebird yang sehat, maka kita bisa menentukan perawatan yang tepat bagi Burung Lovebird tersebut.

Burung Lovebird yang miliki mestilah berada dalam keadaan sehat, begitu juga bila kita ingin membeli Burung Lovebird yang baru. Kita mesti mengetahui kondisi kesehatan Burung Lovebird tersebut sebelum memutuskan membelinya.

 


Burung Lovebird sehat bisa kita lihat gerakannya yang aktif dan lincah. Selain itu, kita juga bisa melihat kesehatan Burung Lovebird dari kedua sayapnya. Jika kedua sayap Burung Lovebird tersebut mengapit rapat pada bagian sisi tubuhnya, maka Burung Lovebird tersebut bisa dibilang sehat. Namun jika sayap Burung Lovebird tersebut terkulai apalagi jika hingga menyentuh tanah, ini tandanya Burung Lovebird tersebut dalam kondisi buruk.

Burung Lovebird yang sehat juga bisa dilihat dari kondisi bulu-bulu yang tumbuh di seluruh tubuh. Jika bulu Burung Lovebird tersebut tersusun dengan rapat dan kuat, ini bisa dibilang baik. Namun jika Burung Lovebird tersebut sering mengembangkan bulu-bulunya, apalagi bila burung tersebut selalu berada di dasar kandang dan jarang sekali naik ke tangkringan. Ini tandanya ada masalah kesehatan pada Burung Lovebird tersebut.

Selain itu, kita juga bisa melihat dari kondisi bulu-bulu halus disekitar daerah kloaka/vent. Jika bulu-bulu tersebut cukup bersih, ini tanda Burung Lovebird tersebut sedang sehat. Namun jika kondisinya terlihat banyak bekas kotoran, besar kemungkinan Burung Lovebird tersebut sedang terkena gangguan kesehatan seperti mencret dll.

Kita juga bisa mengetahui kesehatan Burung Lovebird dari kotorannya (feces), kotoran yang sehat berupa gumpalan padat. Sedangkan, jika kotorannya berair dan lembek itu tanda ada masalah pada pencernaan atau perutnya.

Cara mengetahui Burung Lovebird yang sehat juga bisa dilihat lewat tatapan matanya yang tajam, bersinar, bening dan bulat. Jangan memilih Burung Lovebird yang tatapan matanya tampak sayu, berair maupun selalu terpejam.

Kita bisa mencobanya dengan memberikan buah-buahan dan sayur-sayuran pada Burung Lovebird tersebut, jika burung tadi aktif memakannya, ini juga tanda salah satu ciri dari burung yang sehat.

Namun harus diketahui juga, bahwa Burung Lovebird yang sehat tidak berarti burung yang makan terus. Burung Lovebird yang dalam kondisi tidak sehat biasanya berada tidak jauh dari tempat makannya, sebab mereka malas untuk bergerak.

Disamping masalah kesehatan Burung Lovebird tersebut, kita juga harus memastikan burung tersebut tidak memiliki cacat tubuh, misalnya kakinya pengkor atau pincang, ada keretakan pada paruh atas atau paruh bawah. Burung Lovebird yang memiliki cacat tubuh jelas akan menghambat proses perawatan Burung Lovebird tersebut selanjutnya.

Semoga dengan mengetahui Cara Mengetahui Burung Lovebird yang Sehat, kita bisa menentukan burung lovebird mana yang akan kita bawa pulang. Cara yang sama juga bisa kita untuk mengetahui burung parkit yang sehat.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel