Cara Menetaskan Telur Lovebird Bersamaan

Burung

User Rating: / 5
PoorBest 
Cara Menetaskan Telur Lovebird Bersamaan - 5.0 out of 5 based on 5 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Menetaskan Telur Lovebird Bersamaan

Burung Lovebird
Menetaskan telur lovebird sering menjadi masalah bagi yang mencoba membiakan lovebird, hal ini karena induk lovebird biasanya akan bertelur secara bertahap. Sesudah mengeluarkan telur pertama, induk lovebird akan bertelur untuk kedua kalinya dalam jangka waktu sekitar 1-3 hari kemudian. Begitu juga seterusnya, sampai semua telur sudah dikeluarkan. Umumnya didalam satu periode bertelur, induk lovebird akan mengeluarkan sekitar 4 – 6 butir telur. Bergantung juga pada faktor genetik, fisik , kualitas pakan, dan faktor pemacu lainnya.

Adanya jarak waktu ini jelas akan membuat telur lovebird menetas dalam waktu berbeda. hal ini karena seperti burung pada umumnya, burung lovebird mengerami telurnya dengan pola asinkronisasi pengeraman atau tidak secara bersamaan sebagaimana ayam. Akibatnya, telur pertama akan menetas lebih dulu.

Jika masih terdapat beberapa telur yang belum menetas, risikonya adalah telur tersebut mengalami kerusakan atau bahkan pecah akibat terinjak-injak piyikan yang menetas lebih dulu. Walaupun telur yang terakhir akhirnya dapat menetas, masih ada resiko lain yang menghadap yaitu terinjak kakaknya saat berebut makanan yang dilolohkan induknya.

Cara Menetaskan Telur Lovebird Bersamaan


Siapkan Telur Palsu
Peternak lovebird yang telah sering membiakan burung lovebird biasanya akan memanfaatkan telur palsu atau telur plastik. Telur lovebird yang telah dikeluarkan induknya akan diganti dengan telur palsu ini, tujuan adalah supaya telur asli bisa dierami induknya secara bersamaan. Dengan begitu diharapkan telur-telur tersebut dapat menetas secara bersamaan.

Setiap indukan lovebird mengeluarkan telur, kita harus langsung mengambil dan menyimpannya di tempat yang aman. Lalu segera ganti dengan telur palsu. Demikian pula dengan telur kedua, ketiga dan, seterusnya. Jumlah telur palsu yang kita pakai mesti sesuai dengan jumlah telur yang dikeluarkan indukan lovebird.

Tempat Penyimpanan Telur Lovebird
Telur asli dari indukan lovebird mesti disimpan ditempat khusus, dengan suhu kamar (sekitar 29 derajat Celcius). Kehangatan tempat penyimpanan mesti terjaga, supaya telur tetap hidup. Wadah tempat menyimpan telur lovebird bisa dibuat dari kotak kertas yang diberi sekam, serbuk kayu hingga potongan kertas agar tetap hangat.

Cara pengambilan telur asli Lovebird
Sebelum mengambil telur lovebird, ada beberapa hal yang mesti di perhatikan supaya telur tidak rusak dan lovebird tetap mau mengerami saat telur disimpan kembali kedalam sangkar. Berikut Cara pengambilan telur asli Lovebird.

  • Pastikan tangan dan jari kita bersih serta terbebas dari kuman / bakteri. Kita dapat mencuci tangan dengan sabun atau tisu yang mengandung desinfektan.
  • Saat mengambil dan membawa telur, usahakan tidak menggoyang atau membuat telur terguncang.
  • Sebaiknya saat kita menukar telur, usahakan agar induk burung lovebird tidak sedang berada di dalam sarang. Saat induk keluar dari sarang untuk makan atau minum, itulah saatnya untuk menukar telur asli dengan telur palsu.
  • Beberapa induk lovebird mempunyai mental jelek, misalnya belum jinak atau terlalu sensitif. Disarankan hanya untuk burung yang sudah jinak, mempunyai mental bagus, atau telah beradaptasi dengan manusia.
  • Kita juga bisa menggunakan bantuan sendok plastik agar aroma tangan kita tidak tercium oleh induk lovebird pada telurnya.
  • Saat telur terakhir dikeluarkan, itu saatnya kita mengembalikan telur-telur asli yang sudah disimpan dalam wadah. Ingat lakukan penukaran telur ini saat induk lovebird keluar dari sarangnya.


Kita berharap, Cara Menetaskan Telur Lovebird Bersamaan ini bisa membantu dalam mengembangbiakan burung lovebird kesayangan kita.

Refferensi:
Lovebird | http://en.wikipedia.org
Ternak Parkit dan Lovebird | http://ternakparkitdanlovebird.blogspot.com/
Cara Menetaskan Telur Lovebird Bersamaan


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel